Cara Menghilangkan Kode ?m=1 dan ?m=0 Pada URL Blog

Cara Menghilangkan Kode m=1 atau m=0 Pada Url Blogger
Cara Menghilangkan Kode ?m=1 dan ?m=0 Pada URL Blog

Cara Menghilangkan Kode m=1 atau m=0 Pada Url Blogger - Pernah kah sejenak Kalian menyadari bahwa url blog pada platform Blogger yang kalan miliki,  terdapat kode unik yang berakhiran dengan (?m=1 atau ?m=0) dan kode tersebut muncul secara otomatis bersamaan saat Kalian sedang mengakses url home pada sebuah blog. Misalnya blog ini memiliki url home https://www.ruangcoder.com/?m=1 atau https://www.ruangcoder.com/?m=0.

Lantas apa sih maksud dari kode-kode unik tersebut?

Kode-kode akhiran yang unik tersebut hanya bertujuan sebagai penanda identitas pada perangkat yang kalian gunakan untuk mengakses sebuah blog. Jika kode akhiran menunjukkan ?m=1 berarti Kalian sedang mengakses blog melalui sebuah perangkat mobile sebaliknya jika kode menunjukkan ?m=0 berarti Kalian sedang mengakses blog tersebut melalui perangkat PC.

Kenapa Kode Unik Akhiran ?m=1 Pada Url Blogger Perlu Dihilangkan?

Salah satu alasan utama kenapa kode unik dengan akhiran ?m=1 perlu kalian hilangkan adalah karena  kode-kode tersebut dapat menyebabkan duplikat konten pada sebuah blog. Selain itu menghilangkan kode-kode pada url blogger dapat meningkatkan SEO pada sebuah blog yang kalian sedang kelola. Hal tersebut sampai saat ini masih dipercayai oleh sebagian para blogger.

Namun, apakah memang benar seperti itu? Dan apakah benar hal tersebut berhubungan langsung dengan salah satu teknik SEO?

Menurut pendapat atau opini pribadi mimin. Pernyataan seperti diatas yang mengemukakan bahwa kode ?m=1 atau ?m=0 dapat menyebabkan sebuah duplikat konten pada blog kalian, itu tidaklah benar tetapi dan tidak juga sepenuhnya salah.

Pendapat dari para Blogger hanyalah bagian dari spekulasi dan asumsi semata yang mungkin hanya secara kebetulan mereka mengalami permasalahan ketika url blog yang di kelola mereka masih memiliki embel-embel ?m=1 atau ?m=0. Sehingga mereka meyakini bahwa penyebabnya adalah hal seperti itu.

Justru faktanya dari kebanyakan para senior Blogger tidak memperhatikan akan terhadap poin yang satu ini dan sebagian besar dari senior atau sepuh Blogger lainnya juga tidak pernah mengalami masalah seperti duplikat konten yang diakibatkan oleh kode unik dengan akhiran ?m=1 atau ?m=0.

Logika mimin mengatakan hal ini hanya sebagai trik peringkas url blog khususnya platform Blogger, dimana semua url home yang diakses memiliki kode akhiran ?m=1 atau ?m=0. Sehingga dengan menghilangkan kode akhiran tersebut membuat url blog yang kalian kelola nantinya akan terlihat singkat dan rapi.

Selanjutnya apakah kode-kode tersebut dapat berhubungan langsung dengan teknik SEO? Bahkan ada yang bilang dengan menghilangkan kode unik akhiran dapat meningkatkan SEO pada sebuah blog yang di kelola. Pendapat yang cukup ngawur memang dan faktanya ternyata dengan menghilangkan kode unik dengan akhiran ?m=1 atau ?m=0 tidak dapat membuat blog tersebut naik rangking maupun turun rangking, datar saja yang ada tidak terjadi apa - apa.

Jawaban yang lebih masuk akal dari statemen mimin di atas adalah jika Kalian ingin menaikkan teknik SEO blog maka kalian buatlah konten yang berkualitas, itu saja sudah cukup untuk menaikkan rangking blog Kalian pada serp mesin pencari dan selalu terupdate terhadap algoritma google.

Lalu Mengapa Mimin sendiri Tetap Membagikan Cara Menghilangkan Kode ?m=1 atau ?m=0 ?

Alasan yang sangat sederhana ialah, ingin membagikan trik ini untuk kalian yang ingin mempersingkat terhadap url atau link blog agar terlihat lebih singkat saat diakses pada perangkat mobile maupun saat diakses di dekstop. Sekali lagi mimin tegaskan menghilangkan kode ?m=1 atau ?m=0 tidak akan mempengaruhi SEO blog Kalian, malah menurut mimin malah memberati load dari blog yang kalian kelola, karena menambah javascript di dalam blog kalian.

Maka dari itu sebelum kalian mencoba langsung cara ini ada baiknya Kalian membaca artikel diatas terlebih dahulu agar nantinya kalian tidak gagal paham.

Cara Menghilangkan Kode ?m=1 atau ?m=0

  1. Silahkan sobat sekarang masuk ke dalam Dashboard sobat masing - masing
  2. Sobat masuk ke menu Tata Letak Lalu sobat Tambah Widget
  3. Kemudian sobat Pilih Widget HTML/JavaScript, lalu copy kode dibawah ini didalamnya.
  4. Kemudian sobat simpan , dan lihat hasilnya
<script type='text/javascript'>
var uri = window.location.toString();if (uri.indexOf(&quot;?m=1&quot;,&quot;?m=1&quot;) &gt; 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf(&quot;?m=1&quot;));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}
</script>

Penutup

Nah mungkin artikel kali ini sampai disini saja telrebih dahulu, Demikian artikel mengenai "Cara Menghilangkan Kode ?m=1 atau ?m=0 Pada Url Blogger". Semoga bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih