Cara Setting Subdomain ke Blogger

Cara Setting Subdomain ke Blogger

Cara Setting Subdomain ke Blogger
Cara Setting Subdomain ke Blogger


Hallo sobat ruangcoder, artikel kali ini Cara Setting Subdomain ke Blogger lebih tepatnya cara memasang atau setting subdomain ke blogger / blogspot , pada artikel yang admin ketikkan ini admin menggunakan domain dari domainesia, untuk artikel sebelumnya sobat bisa pahami dulu tentang cara custom domain dari domainesia ke blogger / blogspot yang bisa dilihat disini, nah bagaimana memasang subdomain di Client Area DomaiNesia, Lalu apa perbedaan pada artikel kali ini? Perbedaannya ada pada DNS Manager yang digunakan dari Record apa saja yang perlu dimasukkan. Pada  artikel sebelumnya sobat sudah tau, kita melakukan setting DNS, begitu pula dengan artikel ini sama , hanya perbedaanya, tidak sebanyak setting waktu custom domain utama , maka saat ini kita akan coba setting pada DNS Manager default bawaan dari domain yang sobat miliki di dashboard (Client Are) DomaiNesia. untuk mempermudah memahami settingan subdomain, yang gak jauh berbeda bisa lihat artikel sebelum nya tentang langkah - langkah custom domain ke blogger. 

Apa itu Subdomain
Subdomain adalah bagian dari suatu nama domain induk atau domain utama. Subdomain pada umumnya mengacu ke suatu alamat fisik di sebuah situs contohnya: ruangcoder.com ini adalah bentuk domain induk atau domain utama. Sedangkan news.ruangcoder.com merupakan sebuah subdomain atau istilahnya anak domain.

Apakah subdomain itu penting? yak , sangat penting agar terintegrasi dengan baik, seperti blog admin, yang memiliki banyak subdomain , admin memiliki banyak subdomain , dari domain utama, agar domain terlihat rapih, dan sesuai dengan konteks atau niche daripadai domain maupun subdomain yang admin buat, tentu sesuai yang admin katakan agar terlihat lebih terstruktur, seperti domain induk admin yaitu ruangcoder.com yang khusus artikel tentang pembahasan materi pemrograman dll, untuk subdomain news.ruangcoder.com khusus tentang pembahasan berita saja, maupun subdomain yang lainnya, jadi amat sangatlah penting agar terintegrasi dengan baik , dan rapih struktur daripada domain, dan subdomain sobat sendiri.

Setting Subdomain ke Blogger

Adapun cara custom subdomain ke blogger yaitu dengan cara sebagai berikut.

1. Setting Subdomain pada Dashboard Blogger
Pertama silakan sobat login pada ke Halaman / Dashboard blogger sobat. Untuk melakukan custom domain ke blogger, klik pada tab Setelan dan pilih Dasar. Berikutnya kamu akan dihadapkan pada settingan seperti berikut.



Silakan klik Siapkan URL Pihak ketiga untuk blog Anda kemudian sobat masukkan nama subdomain yang diinginkan untuk subdomain, misalkan news.ruangcoder.com. Lalu klik Save/Simpan. Jika sobat mendapati error seperti “Kami tidak dapat memverifikasi otoritas Anda untuk domain ini“, Sobat tidak usah panik ya! Hal tersebut dikarenakan domain sobat belum dapat diverifikasi oleh pihak blogger. Untuk verifikasinya dengan menambahkan record unik yang dilampirkan oleh blogger Sobat.



Nah berhubung disini admin memasang dengan email yang sama , maksudnya di dalam blogger yang sama membuat subdomain nya , tentu kita tidak akan memasukkan ip unik dan host dari ip unik, karena pada artikel sebelumnya waktu kita memasukkan domain utama, itu sudah memasukkan IP unik, karena IP unik yang sama jelas kita tidak usah memasukkan nya dua kali, jadi apa yang harus kita masukkan? ya yang kita masukkan hanya 
Host : news
Tujuan / Target : ghs.google.com
Jadi hanya ini yang kita masukkan, dan jangan di ceklis bagian alihkan ruangcoder.com tidak perlu ya, nanti domain utama sobat malah ngawur, setelah sobat simpan host dan targetnya, silahkan sobat pergi ke Client Area di DomaiNesia, karena disini admin menggunakan DomaiNesia, kalau sobat menggunakan dari Host lain, ya sama aja cara nya ko, gak jauh berbeda.

2. Login ke Client Area (my.domainesia.com)
Silakan sobat buka my.domainesia.com, masukkan username dan password sobat. Tentu yang sudah terdaftar waktu sobat beli domain ya hahaha. Setelah masuk ke Client Area, Klik Menu Domain, dan Pilih domain utama sobat masing - masing. Kemudian pilih menu Addons, dan klik menu Manage pada DNS Zone Manager, bisa lihat gambar dibawah ini.




Kemudian sobat tinggal kasih aja Host dan Taget sesuai yang tadi admin katakan, cukup ini saja , tidak memakai IP Unik , karena pada tahap sebelumnya IP unik sobat sudah dimasukkan jadi sama, terkecuali , sobat bikin subdomain di beda email ( beda blog nya), kalau masih nyatu sama blog utama, IP unik nya bakalan sama.



Dan langkah terakhir silahkan sobat balik lagi ke Blogger sobat, dan klik Simpan subdomain , nah seperti biasa tinggal sobat check DNS nya apakah sudah mengarah dengan baik, untuk pengecekannya cukup mudah silahkan kunjungi website dnschecker dibawah ini :

Penutup

Bagaiaman sobat? cukup mudah kan untuk setting subdomain ke blogger, nah mungkin tutorial kali ini cukup sampai sini saja sobat, apabila artikel ini bermanfaat jangan lupa sobat share artikel ini sebanyak - banyaknya. dan sampai jumpa pada pertemuan selanjutnya.

Anda mungkin menyukai postingan ini