Cara Custom Domain ke Blogger

Cara Custom Domain ke Blogger

Cara Custom Domain ke Blogger
Cara Custom Domain ke Blogger

 Cara Custom Domain ke Blogger atau Blogspot, tapi akah sobat tahu Apa itu custom Domain? Jadi perlu kalian ketahui, custom domain adalah salah satu cara untuk membuat blog / website kalian dapat diakses dengan domain yang sobat miliki. Misalnya, sobat memiliki domain dengan nama contoh "ruangcoder.com" seperti milik admin. Disisi lain, juga memiliki blog bernama "ruangcoder31.blogspot.com". Nah, sobat bertanya apakah bisa kalau blog tersebut diubah menjadi seperti nama domain yang sobat punya? Tentu jawabannya sangat bisa! dalam melakukan costum domain ke Blogspot secara otomatis dengan mengikuti panduan / cara custom domain ke Blogspot. domain yang admin gunakan ini, admin beli dari domainesia.com. Maka tutorial custom domain yang akan admin sajikan adalah custom domain dari domainesia. DomaiNesia sendiri telah menyediakan segala kemudahan bagi yang ingin melakukan custom domain ke blogger sobat. Jadi sobat tidak perlu setting IP dan Nameserver secara manual. Cukup ikuti step-by-step nya, dari domainesia, custom domain sudah secara otomatis akan berhasil. Nah, buat sobat yang ingin setting secara manual tentu juga bisa, Silahkan ikuti tata caranya dibawah ini.

Btw ini admin pake domain beli di domainesia ya, kalian bisa melakukan kustomisasi domain melalui client area di https://my.domainesia.com dimana nanti secara otomatis maupun manual. Pada prinsip pemasangannya sama saja kok. Mungkin untuk  yang menyukai tantangan dan untuk "BELAJAR" yang lebih baik sih custom domain ke blogspot secara manual. Nah yang harus kalian persipakan tentunya ya login ke client area yang ada di https://my.domainesia.com, serta ke akun blogspot ( singkatnya ke dashoard blogger )

Cara Custom Domain ke Blogger


Untuk langkah - langkah dalam custom domain ke blogger kalian akan melalui client area, yang sudah admin jelaskan diatas.
  1. Login ke Client Area domainesia (https://my.domainesia.com) Dan tentunya login dengan akun domainesia yang terdaftar dimana setelah melakukan pembelian domain di domainesia. 

  2. Silahkan sobat masuk ke dashboard blogger sobat kemudian ke menu Setelan -> Dasar -> Alamat Blog kemudian masukkan domain yang sudah sobat beli, seperti gambar dibawah ini. 


  3. Setelah memasukkan domain sobat, maka sobat akan mendapatkan IP name server unik dari blogspot sobat, silahkan sobat catat dengan baik - baik, kemudian beri tanda ceklis pada alihkan ruangcoder.com ke www.ruangcoder.com



  4. Setelah sobat menyimpan data - datanya , belum itu saja sobat harus menyimpan beberapa IP dibawah ini, IP ini dari IP Google, silahkan sobat simpan.

  5. Perhatian!
    216.239.32.21
    216.239.34.21
    216.239.36.21
    216.239.38.21

  6. Setelah sobat menyimpan keseluruhan data, silahkan sobat kembali lagi ke Client Area domainesia sobat, kemudian , silahkan sobat kebagian menu Domain, pilih domain mana yang ingin sobat masukkan ke blogspot sobat, jika sudah dipilih silahkan sobat kebagian menu Addons -> DNS Zone Manager -> Manage, seperti gambar dibawah ini.




  7. Saat sobat sudah masuk ke halaman DNS Zone Editor, silahkan sobat masukkan IP yang sebelumnya sobat simpan , Langkah pertama adalah sobat silahkan masukkan IP dari Google , 4 IP yang tadi admin berikan , silahkan sobat masukkan, satu persatu, untuk Host Name biarkan kosong, TTL dijadikan 1200, dan TYPE nya jadi A, value nya isi di urutkan dari IP 216.239.32.21 sampai IP 216.239.38.21.



  8. Setelah sobat memasukkan IP tersebut, barulah kita memasukan IP Unik dan Hostname dari Blogspot, kalau tadi IP dari yang google sediakan, nah untuk memasukkan nya dengan cara , sobat masukkan host name yang pertama yaitu WWW. TTL bikin 1200, TYPE nya CNAME dan value isi ghs.google.com

  9. yang kedua sama silahkan isi hostname sobat dengan IP unik yang dibawah nya www bisa lihat langkah sebelumnya ya sobat.



  10. Setelah memasukkan nya secara keseluruhan maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini, untuk settingan yang benar dalam custom domain ke blogger.



  11. Langkah terakhir sobat adalah Menunggu Proses Resolving DNS dan Update Konfigurasi Reminder, untuk proses custom domain ke Blogspot di cPanel ini memerlukan waktu kurang lebih 24 jam untuk resolving DNS dan update konfigurasi. Apabila telah berhasil terhubung, anda akan dihadapkan dengan opsi pengalihan domain dari non-www ke www pada dashboard blogger. Jangan lupa untuk memberikan tanda centang pada pilihan www.

Penutup

Nah untuk melihat proses nya berjalan dengan benar atau tidak silahkan sobat lihat di link ini,
https://dnschecker.org/

Oke mungkin tutorial nya cukup sekian sampai situ saja terlebih dahulu sobat, semoga bermanfaat buat sobat semua, dan apabila artikel ini bermanfaat jangan lupa sobat share artikel ini sebanyak banyak nya, dan terimakasih sobat sudah berkunjung.

Anda mungkin menyukai postingan ini