Pengertian HTML (Hypertext Markup Language) - Sejarah, Fungsi Dan Versi

Pengertian HTML (Hypertext Markup Language) - Sejarah, Fungsi Dan Versi

Pengertian HTML (Hypertext Markup Language) - Sejarah, Fungsi, Versi
Pengertian HTML (Hypertext Markup Language) - Sejarah, Fungsi, Versi


Hallo sobat ruangcoder, artikel kali ini tentang Pengertian HTML (Hypertext Markup Language) - Sejarah, Fungsi Dan Versi Nah, Jika sobat ingin mempelajari bagaimana cara membuat website, langkah pertama adalah sobat harus mempelajari  dasar - dasasr HTML. HTML merupakan suatu dasar dari semua halaman web yang sobat sering lihat di Internet. Tetapi, apa sih sebenarnya tentang HTML itu? dalam artikel yang ditulis kali ini  kita akan membahas Pengertian HTML.

Pengertian HTML

Hypertext Markup Language adalah bahasa markah standar untuk dokumen yang dirancang untuk ditampilkan di peramban internet. Ini dapat dibantu oleh teknologi seperti Cascading Style Sheets dan bahasa scripting seperti JavaScript dan VBScript.
Kenapa disebut Markup Language, karena bahasa HTML ini  menggunakan tanda (mark), untuk menandai bagian-bagian dari suatu text. Misalnya, dari text yang berada di antara tanda tertentu akan menjadi tebal, dan jika berada di antara tanda lainnya akan tampak menjadi besar. Tanda ini di kenal juga sebagai HTML tag.

Jika Sobat ingin melihat bagaimana sebenarnya HTML, silahkan sobat klik kanan halaman ini, lalu pilih View Page Source (di Browser Mozilla Firefox atau Google Chrome). Nanti kan tampil sebuah halaman baru yang merupakan kode HTML dari halaman ini (ruangcoder.com).


HTML merupakan bahasa dasar pembuatan suatu web. Disebut dasar karena dalam membuat suatu web,  jika hanya menggunakan HTML tampilan web akan terasa hambar atau hampa, kosong. Terdapat banyak bahasa pemrograman web yang ditujukan untuk memanipulasi suatu kode dari HTML, seperti bahasa JavaScript dan bahasa  PHP. Akan tetapi sebelum sobat belajar bahasa  JavaScript maupun bahasa  PHP, memahami HTML merupakan hal yang paling awal.

Dan perlu sobat ketahui nih, HTML bukanlah bahasa pemrograman (programming language), tetapi dia adalah bahasa markup (markup language), hal ini terdengar sedikit aneh bukan, tapi jika sobat telah mengenal bahasa pemrograman lain, dalam HTML tidak akan ditemukan sebuah struktur yang biasa di temukan dalam bahasa pemrograman seperti IF, LOOP, maupun variabel. HTML hanya sebuah bahasa struktur yang fungsinya untuk menandai bagian-bagian dari sebuah halaman.

Selain HTML, dikenal juga yaitu xHTML yang merupakan singkatan dari eXtensible Hypertext Markup Language. xHTML merupakan versi lama dari si HTML (sebelum era HTML5 seperti saat ini). xHTML menggunakan aturan penulisan yang lebih ketat. Jika sobat menemukan artikel yang membahas dari xHTML, bisa disamakan dengan HTML, karena perbedaannya tidak terlalu jauh berbeda.

Sejarah HTML

Markup language atau yang kini dikenal sebagai html awalnya diciptakan oleh suatu perusahaan penjual perangkat keras dan lunak yakni IBM atau International Bussiness Machines. Sekitar tahun 1980, IBM menciptakan sebuah bahasa yang menggabungkan tag atau simbol dengan teks dalam sebuah dokumen.

Bahasa yang diciptakan oleh IBM tersebut dikenal dengan sebutan markup language atau Generalized markup language (GML). Selanjutnya ditahun 1986, ISO atau International Standart Organization mengeluarkan pernyataan bahwa GML yang kemudian diubah istilahnya menjadi SGML (Standart Generalized Markup Language) ditetapkan sebagai standar dalam membuat berbagai dokumen yang bisa membantu dalam bisnis maupun pekerjaan lainnya.

Di tahun 1989, Tim Berners Lee dari organisasi European Organization for Nuclear Research (CERN) mencetuskan ide untuk mencptakan suatu skrip bahasa pemrograman pada suatu dokumen yang kemudian dikenal sebagai html.

Html sendiri adalah bagian dari sgml dan Tim Berners Lee diketaui sebagai orang yang menciptakan html. Saat ini penggunaan dan pengembangan html diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C) dan versi terakhir dari html yang sekarang digunakan adalah html5 dimana jenis html ini memiliki fitur yang lebih baik dari versi html sebelumnya.

Fungsi HTML (HyperText Markup Language)


HTML (HyperText Markup Language) adalah suatu bahasa yang menggunakan tanda-tanda tertentu (tag) untuk menyatakan kode-kode yang harus ditafsirkan oleh browser agar halaman tersebut dapat ditampilkan secara benar.

Secara umum, fungsi HTML adalah untuk mengelola serangkaian data dan informasi sehingga suatu dokumen dapat diakses dan ditampilkan di Internet melalui layanan web.

Fungsi HTML yang lebih spesifik yaitu :


  • Membuat halaman web.
  • Menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.
  • Membuat link menuju halaman web lain dengan kode tertentu (hypertext)

Perkembangan HTML

  1. HTML5
  2. Saat ini versi terbaru dari HTML adalah HTML5. HTML5 dimana berisi beberapa fitur baru, tapi tetap membawa mayoritas fitur dari versi HTML pada sebelumnya, yakni HTML 4 maupun xHTML. untuk sejarah versinya, sebagai berikut.

  3. HTML Versi 1.0
  4. HTML versi ini merupakan versi pertama dari lahirnya si Bahasa HTML ini yang memiliki kemampuan untuk heading, paragraph, hypertext, manipulasi text (bold & italic) serta memiliki hubungan terhadap penggunaan suatu gambar.

  5. HTML Versi 2.0
  6. Dan untuk HTML versi ini mulai dikembangkan pada tanggal 14 Januari 1995-1996 dengan beberapa kemampuan yang telah ditambahkan seperti penambahan sebuah form & hal dimana ini menjadi cikal bakal adanya suatu proses interaktif dengan pengguna. Mulai dari versi ini, HTML menjadi awal mula adanya suatu website interaktif.

  7. HTML Versi 3.0 dan 3.2
  8. HTML versi ini lahir pada tanggal 18 Desember 1997 yang dikenal dengan sebagai HTML+ karena mempunyai beberapa fasilitas penambahan fitur  seperti fitur table dalam paragraph, kemudian proses reasearch dilanjutkan lagi sampai disempurnakan pada bulan Mei 1998.

  9. HTML Versi 4.0
  10. Dan untuk HTML versi ini lahir pada tanggal 24 Desember 1999 dengan penambahan beberapa fitur lagi seperti adanya penambahan sebuah link, image & lain-lain tentunya sebagai penyempurna dari HTML versi 3.2 (versi sebelumnya).

  11. HTML Versi 5.0
  12. Dan HTML versi ini atau lebih dikenal sebagai HTML5 lahir pada tahun 2008 yang menjadi standar terbaru untuk HTML XHTML, & DOM HTML. Dan HTML5 ini juga merupakan proyek kerjasama antara W3C dengan WHATWG (Web Hypertext Application Technology Working Group). Dimana HTML5 menambahkan beberapa perintah baru yang membantu para programmer web untuk mendesain suatu website lebih menarik & interaktif.

Penutup

Nah mungkin itu saja pembahasan tentang artikel Pengertian dan Versi HTML (Hypertext Markup Language), semoga bermanfaat untuk kalian semua, dan jangan lupa di share artikel ini apabila bermanfaat buat kalian.

Anda mungkin menyukai postingan ini