Membuat Kalkulator Sederhana di Java Netbeans

Membuat Kalkulator Sederhana di Java Netbeans

Membuat Kalkulator Sederhana di Java Netbeans
Membuat Kalkulator Sederhana di Java Netbeans


Hallo sobat ruangcoder, artikel kali ini tentang Membuat Kalkulator Sederhana di Java GUI Netbeans pemrograman desktop , nah pada kesempatan kali ini admin akan memberikan tutorial membuat program kalkulator sederhana , dimana kita tentunya sesuai judul dan gambar diatas , menggunakan java netbeans , nah dalam belajar pemrograman sobat harus sabar , jangan terlalu buru - buru , sabar asal mengerti itu lebih baik dibanding sobat tergesa - gesa , oke tanpa basa - basi lagi langsung saja kita buat sobat :

Tutorial Membuat Program Kalkulator Sederhana di Java Netbeans :


Nah langkah pertama , silahkan sobat buka Netbeans sobat , kemudian ketika Netbeans sobat terbuka silahkan klik Menu File -> New Project - Java - Java Appliaction , sobat bisa lihat gambar dibawah ini :



Setelah itu sobat klik Next -> Sobat Silahkan Buat Project Name "Kalkulator" bebas sih sebenernya , kemudian sobat Hilangkan Tanda Centang pada Create Main Class , lalu sobat Finish , sobat bisa lihat gambar dibawah ini :




Setelah itu sobat silahkan klik kana pada Source Packages , dan kemudian New lalu pilih Java Package , setelah itu sobat klik , sobat bisa lihat gambar dibawah ini :



Kemudian sobat beri nama package tersebut dengan nama "program_kalkulator" , bebas lagi ya namanya apa , kalau mau ngikutin admin juga silahkan , sobat bisa lihat gambar dibawah ini :



Nah pada saat setelah selesai membuat package baru , silahkan sobat klik kanan di package yang baru saja kita buat tadi , kemudian sobat klik new , dan sobat klik JFrame From dan beri nama From tersebut dengan nama "FrKalkulator" bebas lagi ya namanya , disini kita sudah mau mendesign progam kalkulator kita , sebelum mengetikkan kode nya sobat bisa lihat gambar dibawah ini :





Nah kemudian sobat silahkan design seperti gambar dibawah ini , nah sobat , disini kita hanya memerlukan TextField dan Button saja , dalam membuat Design ini , untuk mengubah variable nanti admin kasih penjelasan dibawah , sobat design saja dulu , bisa lihat gambar dibawah ini :


Nah setelah sobat Design seperti admin silahkan sobat klik kanan pada button / text field ,kemudian sobat change variable name , nah sobat sesuaikan seperti admin , ini urutannya ada dibawah list variable nya yang text tebal :
  • TextField : layar
  • Button 0 : btnangka0
  • Button  1 : btnangka1 dan seterunya sampe Button angka 9 ya bro variable nya
  • Button / : btnbagi
  • Button X : btnkali
  • Button - : btnkurang
  • Button + : btntambah
  • Button = : btnsamadengan
  • Button , : btnkoma
Nah silahkan sobat ganti variablenya dengan yang admin sudah sesuaikan , dan untuk Button C itu untuk Clear apabila sobat sudah selesai , ataupun tidak jadi hitung , oke , selanjutnya kita akan deklarasi , sobat kemenu Source , dan sobat silahkan ketikkan kode dibawah ini :



Selanjutnya silahkan sobat membuat kode untuk masing - masing button yang sobat telah buat tadi, untuk menulisnya sobat hanya perlu double click pada button yang ingin diberi kode, untuk tombol 0 sampai 9 masukan kode  dibawah ini :

     angka += "x";
     layar.setText(angka);

Nah sobat Nilai silahkan sobat ganti sesuai dengan angka pada Button yang akan ditampilkan di TextField nantinya. Maksud dari kode diatas adalah jika sobat klik button contoh angka  0 maka akan menampilkan angka 0 di TextField sobat. Contoh penempatan kode seperti gambar berikut.


Kemudian sobat setelah ketikkan kode diatas pada setiap button angka 0 sampai 9 , sekarang sobat balik lagi ke design dan sobat , double click pada button (,) koma , dan sobat ketikkan kode dibawah ini :

       angka += ",";
       layar.setText(angka);

Selanjutnya kita akan membuat fungsi hapus atau clear , sobat balik lagi ke design , pada Button C (Clear) , sobat double click , dan sobat ketikkan kode dibawah ini :

        layar.setText("");
        bilangan1=0.0;
        bilangan2=0.0;
        jumlah=0.0;
        angka="";

Fungsi kode diatas yaitu Memastikan semua komponen dan variable bernilai nol/null.

Lanjut sobat masukkan kode dibawah ini untuk tombol Button (+) atau tambah , silahkan sobat double click pada button tersebut , ketikkan kode dibawah ini :

     bilangan1=Double.parseDouble(angka);
     layar.setText("+");
     angka="";
     pilih=1;

Nah jadi sobat maksud dari kode diatas itu adalah yang terdiri dari Variable "bilangan1" yang merupakan penampung angka yang nantinya akan sobat operasikan dengan variable "bilangan2", karena pada variable "bilangan1" sobat mendeklarasikan bertipe data Double, maka pada variable "angka" yang bertipe data String harus sobat konversikan dulu ke Double.

Dan sobat untuk mengubah tesk pada layar menjadi suatu simbol "+". Variable "angka" akan dikosongkan kembali untuk menampung String "angka" yang nantinya sobat akan berikan ke variable "bilangan2".

Dan untuk penjelasan penulisan kode  "pilih=1" adalah suatu integer yang berfungsi untuk pengalihan aksi pada kode switch case.

Lanjut silahkan sobat double click pada Button (-) Kurang , silahkan sobat ketikkan kode dibawah ini  :

        bilangan1=Double.parseDouble(angka);
        layar.setText("-");
        angka="";
        pilih=2;

Lanjut silahkan sobat double click pada Button (X) Kali , silahkan sobat ketikkan kode dibawah ini  :

        bilangan1=Double.parseDouble(angka);
        layar.setText("*");
        angka="";
        pilih=3;

Lanjut silahkan sobat double click pada Button (/) Bagi , silahkan sobat ketikkan kode dibawah ini  :

        bilangan1=Double.parseDouble(angka);
        layar.setText("/");
        angka="";
        pilih=4;

Lanjut silahkan sobat double click pada Button (=) Sama dengan , silahkan sobat ketikkan kode dibawah ini  :

        switch (pilih) {
            case 1:
                bilangan2 = Double.parseDouble(angka);
                jumlah = bilangan1 + bilangan2;
                angka = Double.toString(jumlah);
                layar.setText(angka);
                break;
            case 2:
                bilangan2 = Double.parseDouble(angka);
                jumlah = bilangan1 - bilangan2;
                angka = Double.toString(jumlah);
                layar.setText(angka);
                break;
             case 3:
                bilangan2 = Double.parseDouble(angka);
                jumlah = bilangan1 * bilangan2;
                angka = Double.toString(jumlah);
                layar.setText(angka);
                break;
             case 4:
                bilangan2 = Double.parseDouble(angka);
                jumlah = bilangan1 / bilangan2;
                angka = Double.toString(jumlah);
                layar.setText(angka);
                break;
                default:
                break;
        }

Jadi sobat untuk penjelasan kode diatas Sebelum program operasi bilangan dilakukan, pada variable "bilangan2" harus sobat konversikan terlebih dahulu ke tipe data Double. Pada variable angka mengkonversi variable "jumlah" yang bertipe data Double menjadi String agar sobat bisa tampilkan di TextField.

Nah sekarang sudah jadi aplikasinya , silahkan sobaat jalankan dengan cara Shift + F6 kemudian sobat coba sendiri , semoga tutorial Membuat Kalkulator Sederhana di Java GUI Netbeans ini bermanfaat , dan apabila tutorial bermanfaat jangan lupa sobat share tutorial ini, terimakasih sobat sudah berkunjung

Anda mungkin menyukai postingan ini