Membuat Program Penjumlahan di Java Netbeans

Membuat Program Penjumlahan di Java Netbeans

Membuat Program Penjumlahan di Java Netbeans
Membuat Program Penjumlahan di Java Netbeans

Hallo sobat ruangcoder, artikel kali ini tentang Membuat Program Penjumlahan di Java Netbeans,  nah kalian juga bisa lihat untuk artikel sebelumnya admin sudah menulis artikel tentang java netbeans crud mysql bisa kalian lihat disini, program penjumlahan menggunakan java netbeans kali ini cukup sederhana karena kita hanya ingin membuat penjumlahan nya saja , tidak dengan perkalian , pembagian dan lain - lain , sobat bisa ubah sendiri , hampir sama logika nya , tinggal di ubah saja,oke tanpa banyak basa - basi langsung kita masuk ke tutorialnya

Membuat Program Penjumlahan di Java Netbeans


Langkah awal dalam membuat program penjumlahan java netbeans ,kalian tentunya buka Netbeans nya , kemudian buat project baru dengan cara File -> New Project ->Java -> Java Application, selanjutnya silahkan berinama program java netbeans tersebut dengan nama Program Penjumlahan, lalu pada bagian Create Main Class silahkan di hilangkan centang nya.





Kemudian pada langkah selanjutnya , langsung saja pada menu Source Packages klik kanan -> New -> JFrame From nah berbuhung ini program yang cukup sederhana kita tidak membuat package baru , langsung membuat From nya saja dan beri nama form tersebut dengan nama FrPenjumlahan.



Kemudian pada From yang baru saja kita buat , kita akan mendesign tampilannya , kalian bisa mengikuti seperti gambar dibawah ini, untuk mengubah kata , font , change variable name, itu kalian tinggal klik kanan pada Label, TextField maupun Button , nah untuk design nya itu sendiri cukup simple , bisa lihat langsung gambar dibawah ini.


Langkah selanjutnya pada ketiga TextField silahkan kalian ubah change varible name , dengan masing - masing varibalenya itu,v1, v2, dan v3 ini untuk mempermudah saja , sobat bisa kreasikan sendiri tentunya , codingannya juga jelas berubah ya. dan pada Button silahkan sobat ganti dari yang pertama Button Proses ganti varible nya jadi BtnProses dan Button Hapus menjadi btnHapus. Setelah sobat mengubah varible name nya, kita akan membuat fungi pada Button Proses. di Button Proses silahkan sobat klik kanan -> Events ->  Action -> actionPerformed dan sobat klik saja, contohnya seperti gambar dibawah ini.




Nah maka sobat akan diarahkan ke bagian source , sekarang sobat tambahkan codingan dibawah ini, silahkan sobat ketikkan ingat diketik ini sedikit loh codingannya , biar nanti sobat paham juga logikanya , apabila mau diubah jadi perkalian , pembagian dll.



        int getv1 = Integer.parseInt(v1.getText());
        int getv2 = Integer.parseInt(v2.getText());
        int hasil = getv1 + getv2;
        v3.setText(Integer.toString(hasil));

Nah sobat mengenai codingan diatas admin akan menjelaskan nya dari masing - masing codingan tersebut :

  • int getv1 = Integer.parseInt(v1.getText()); Nah pada codingan ini artinya angka yang Sobat masukkan pada textfield v1 nanti akan disimpan di variabel getv1. Begitu pula yang dari v2 akan disimpan di getv2.
  • int hasil = getv1 + getv2; pada codingan ini operasi penjumlahan dimana hasil dari penjumlahan dari getv1 + getv2 disimpan di hasil.
  • Sintak v3.setText(Integer.toString(hasil)); dan yang terakhir untuk codingan ini fungsinya menampilkan hasil di textfield v3. Sementara pada pengetikan Integer.toString digunakan untuk merubah sebuah hasil integer ke string agar mau ditampilkan.
Nah setelah sobat mengerti codingan diatas , kita akan lanjut ke Button Hapus, caranya sama seperti Button Proses , saat sudah masuk ke bagian source seperti button proses , silahkan sobat ketikkan codingan dibawah ini.



        v1.setText(null);
        v2.setText(null);
        v3.setText(null);

Mengenai penjelasan codingan diatas , ini tentu simple dan sobat sebenernya dah bisa tau juga sih dari fungsi maupun dari kata "null" tapi akan tetap admin jelaskan codingan diatas :


  • v1.setText(null); artinya field v1 dibuat kosong saat tombol Hapus diklik. dan begitu seterusnya sampai v3.setText(null). 
Nah program nya sudah jadi karena cukup simple jadi tidak banyak pengetikan artikel nya , untuk menjalankannya sobat tinggal Shift + F6 , nah mungkin tutorial Membuat Program Penjumlahan di Java Netbeans sampai sini saja dulu , semoga bermanfaat tutorialnya , dan jangan lupa di share jika bermanfaat sobat, terimakasih sudah berkunjung

Anda mungkin menyukai postingan ini