Apa itu JavaScript? Pengertian, Sejarah, Kelebihan dan Kekurangannya

Apa itu JavaScript? Pengertian, Sejarah, Kelebihan dan Kekurangannya

Apa itu JavaScript? Pengertian, Sejarah, Kelebihan dan Kekurangannya
Apa itu JavaScript? Pengertian, Sejarah, Kelebihan dan Kekurangannya

Apa itu JavaScript? Pengertian, Sejarah, Kelebihan dan Kekurangannya, Bagi pemula mungkin mereka hanya tahu namanya namun tidak tahu kegunaannya untuk apa. Silakan kalian baca pengertian Javascript dan kegunaannya di bawah ini dan mungkin kalian bisa mempraktekan dalam pemrograman web Kalian.

Apa itu JavaScript


Javascipt adalah bahasa pemrograman komputer yang dinamis. Pada umumnya Javascipt digunakan pada web browser untuk menciptakan halaman web yang menarik, interaktif serta merapkan berbagai fungsi pada halaman web. Javascript adalah salah satu pemrograman web yang harus kita pelajari selain HTML dan CSS.

Sejarah JavaScript


Nah tentunya sobat juga harus tau dong tentang sejarah JavaScript itu sendiri. JavaScript yang dibuat dan didesain selama sepuluh hari oleh Brandan Eich, dimana dia adalah seorang karyawan Netscape, pada bulan September 1995. Awalnya bahasa pemrograman JavaScript ini disebut dengan nama Mocha, kemudian diganti ke Mona, lalu LiveScript sebelum akhirnya resmi menyandang nama menjadi JavaScript. Da untuk versi pertama dari bahasa ini hanya terbatas di kalangan Netscape saja. Dimana fungsionalitas yang ditawarkan pun juga sangat terbatas. Namun, JavaScript terus dikembangkan oleh sebuah komunitas developer yang tak henti-hentinya mengerjakan bahasa pemrograman yang satu ini.

Dan perlu sobat ketahui pada tahun 1996, Bahasa Pemrograman JavaScript secara resmi disebut sebagai ECMAScript, di mana ECMAScript 2 diluncurkan pada tahun 1998 dan ECMAScript 3 yang diperkenalkan pada tahun 1999. ECMAScript tersebut pun dikembangkan hingga akhirnya menjadi Bahasa Pemrograman JavaScript sebagaimana yang kita kenal saat ini. Tak hanya dari lintas browser saja, JavaScript juga bisa digunakan di berbagai perangkat, termasuk dari perangkat mobile dan komputer.

Sejak saat itu, Bahasa Pemrograman JavaScript terus bertumbuh dan berkembang. Pada akhirnya di tahun 2016, sebanyak 92% website diketahui menggunakan Bahasa Pemrograman JavaScript. Hanya dalam kurun waktu dua puluh tahun, JavaScript telah beralih dari bahasa pemrograman yang serba terbatas dan ‘primitif’ menjadi salah satu tools terpenting bagi para web developer. Jika sebagian besar waktu dihabiskan untuk berselancar di internet, maka Sobat pastinya sudah sangat familiar dengan JavaScript.

Kelebihan JavaScript?

Tentunya dalam Bahasa Pemrograman memiliki kekurangan dan kelebihan, Nah kita akan bahas kelebihan nya dari JavaScript terlebih dahulu. Terdapat sejumlah kelebihan pada Bahasa Pemrograman JavaScript yang menjadikan bahasa pemrograman ini jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan kompetitornya, terutama di beberapa kasus tertentu. Berikut beberapa kelebihan dari Bahasa Pemrogrman JavaScript:
  1. Sobat sendiri tidak membutuhkan compiler karena web browser mampu menginterpretasikannya dengan HTML;
  2. Lebih mudah sobat pelajari jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya (optional sih tergantung otak masing - masing);
  3. Terdapat Error atau kesalahan yang lebih mudah dicari dan ditangani;
  4. Dapat dialih tugaskankan ke element halaman web atau event tertentu, misalnya klik atau mouseover;
  5. JS ini sendiri dapat digunakan di berbagai browser, platform, dan lain-lain.
  6. Sobat dapat menggunakan JavaScript untuk memvalidasi input dan mengurangi keinginan untuk mengecek data secara manual;
  7. Dengan JavaScript, website Sobat menjadi lebih interaktif dan juga mampu menarik perhatian lebih banyak pengunjung;
  8. Lebih cepat dan ringan jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya.

Kekurangan JavaScript?

Dan sekarang akan kita bahasa tentang kekurangan nya dimana sebelumnya kita telah membahas kelebihan dari bahasa pemrograman JavaScript ini sendiri. setiap bahasa pemrograman pasti memiliki beberapa kekurangan. Salah satu penyebabnya adalah semakin populernya bahasa pemrograman yang Sobat pilih, termasuk dalam hal ini adalah JavaScript. Dimana popularitas tersebut, sialnya, mengundang para hack*r, scam**r(sensor slur nanti kena Tegur ama Adsense saya ahahah) dan juga pihak ketiga berbahaya lainnya yang dimana mereka mencari celah keamanan. Beberapa kekurangan dari JavaScript, yaitu:
  1. Berisiko tinggi terhadap sebuah eksploitasi;
  2. Dapat dimanfaatkan untuk mengaktifkan suatu kode berbahaya di komputer pengguna;
  3. Tidak selalu didukung oleh berbagai web browser dan perangkat;
  4. JS code snippet agak banyak;
  5. Dapat di-render secara berbeda pada masing-masing perangkat yang bahkan malah mengarah ke inkonsistensi.

Bagaimana Cara Kerja dan Fungsi dari JavaScript di Website Sobat?

Biasanya bahasa pemrograman JavaScript akan  di-embbed secara langsung ke halaman website atau diarahkan melalui file .js yang pastinya terpisah. JavaScript juga merupakan bahasa dari sisi klien yang berarti script diunduh di perangkat yang dimiliki oleh pengunjung situs Sobat, lalu akan diproses di sana. Berbeda dengan halnya bahasa di sisi server yang dijalankan pada server sebelum bahasa pemrograman tersebut mengirimkan sebuah file ke pengunjung situs.

Dan perlu sobat ketahui, sebagian web browser juga menawarkan kesempatan bagi para user untuk menonaktifkan JavaScript. Karena itulah, sangat disarankan bagi Sobat untuk mencari tahu apa yang terjadi pada event yang diunduh ke mesin yang bahkan tidak men-support-nya.

Penutup

Jadi sobat itulah JavaScript, mengenai artikel kali ini tentang pembahasan fungsi dan pengertian JavaScript yang dimana sobat dapat pahami, atau mencari sumber - sumber lagi agar dapat membaca lebih jauh, ya sekiranya artikel ini bermanfaat silahkan sobat share, dan apabila ada kekurangan kata mohon dimaafkan, teriamakasih untuk sobat yang sudah berkunjung.

Anda mungkin menyukai postingan ini