Apa itu Localhost? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu Localhost? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu Localhost? Pengertian dan Fungsinya
Apa itu Localhost? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu Localhost? Pengertian dan Fungsinya, adakah sobat ruangcoder yang belum mengetahui apa itu localhost dan apa fungsi dari localhost?  Bagi sobat yang baru saja mempelajari gimana website bisa diakses oleh semua orang, pasti akan bertemu dengan banyak istilah-istilah asing yang mungkin jarang sobat dengar salah satunya localhost. Kali ini admin bakal jelasin apa itu localhost dan apa fungsinya.

Apa itu Localhost?

Localhost  disebut juga ‘alamat loopback/loopback address’  yang digunakan untuk membuat koneksi IP atau panggilan, ke komputer kalian sendiri. Alamat ini biasanya digunakan dalam konteks jaringan dan menyediakan komputer kemampuan untuk memvalidasi tumpukan IP yang ada.

Kalau mendengar tentang localhost pasti tidak lepas dari pemrograman website dimana komputer kalian  disebut dengan localhost. kalian harus ingat bahwa server web hosting merupakan perangkat di komputer. Dengan begitu, komputer bisa digunakan dalam menyimpan serta menjalankan website menggunakan sebuah aplikasi server lokal.

Namun, situs itu tidak bisa diakses oleh siapapun dengan jaringan internet. Salah satu cara yang bisa dilakukan dengan membuka dengan mengetikkan http://localhost di web browser komputer, tempat penyimpanan data situs itu. Localhost sendiri bukan sebuah istilah, tapi localhost adalah nama dari domain. Localhost memiliki IP address yaitu 127.0.0.1 atau dikenal dengan loopback address.

Fungsi localhost

  • Menguji coba situs dan aplikasi web Online
Fungsi utama dari localhost yaitu sobat bisa melakukan akses situs yang telah dijalankan di computer sobat. Hal ini cukup bermanfaat untuk seorang developer website. Dengan localhost, sobat bisa memastikan bahwa situs maupun aplikasi di web yang dibuat dapat bekerja dengan maksimal sebelum sobat mengunggahnya menuju server online.
Tentu saja sobat bisa melakukan dengan menggunakan layanan web hosting, Dalam pembuatan website offline tidak membutuhkan biaya apapun. Sobat juga tidak perlu bingung dengan batasan bandwidth server.
  • Mengecek kondisi dari koneksi internet
Sebagai programmer website pasti sudah tidak lepas dari fungsinya ini, yaitu bisa digunakan dalam memeriksa bagaimana koneksi internet sobat. Localhost bisa melakukan hal itu, maka sobat cukup membuka command Prompt atau Windows maupun Terminal (Mac OS), mengetikkan “ping localhost” maupun “ping 127.0.0.1” lalu enter untuk lihat hasilnya.
  • Memblokir akses menuju situs tertentu
Jika sobat sudah Mengenal Apa itu server Localhost tetapi sobat belum mengetahui secara penuh akses ke sebuah website. Maka yang akan terjadi adalah domain Name Server atau DNS akan memberikan IP address pada alamat situs yang telah dimasukkan ke dalam address bar browser sobat. Komputer sobat melakukan penyimpanan di setiap alamat situs yang sudah di akses beserta IP address sebelumnya, menjadi sebuah file di pengaturan dengan nama “ hosts file” untuk mempermudah proses tersebut. Jika sobat ingin menggunakan komputer dalam akses website tertentu, sobat bisa mengganti IP addressnya dengan 127.0.0.1 yang sejatinya merupakan alamat dari localhost.

Penutup

nah sobat, jadi seperti yang sudah admin jelaskan diatas tentang Pengertian dan Fungsi LocalHost, localhost merupakan server offline atau server lokal yang bisa sobat akses di komputer sobat. Mungkin segini dulu penjelasan dari admin, sampai bertemu lagi di lain kesempatan dan semoga artikel ini bermanfaat.

Anda mungkin menyukai postingan ini