Apa Itu C++ ? Pengertian, Sejarah, Struktur, Kelebihan, DLL

Apa Itu C++ ? Pengertian, Sejarah, Struktur, Kelebihan, DLL

Apa Itu C++ ? Pengertian, Sejarah, Struktur, Kelebihan, DLL
Apa Itu C++ ? Pengertian, Sejarah, Struktur, Kelebihan, DLL


Apa Itu C++ ? Pengertian, Sejarah, Struktur, Kelebihan, DLL. hal ini penting untuk memupuk pengetahuan sobat mengenai Pemrograman terutama Pemrograman C++, yuk kita simak baik-baik.

Pengertian C++

C++  Merupakan perkembangan dari bahasa C dikembangkan di Bell Labs (Dennis Ritchie) pada awal tahun 1970-an, Bahasa C++ dibuat oleh Bjarne Stroustrup.  Diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu B. Mulanya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix. Menurut perkembangannya, versi ANSI  pada bahasa C menjadi versi dominan, Walau versi tersebut sekarang jarang dipakai dalam pengembangan sistem dan jaringan maupun untuk sistem embedded. Untuk memberi dukungan pada fitur-fitur pada C++, dibangun efisiensi dan sistem support untuk pemrograman tingkat rendah (low level coding). Di C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading. Terdapat perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C yaitu dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek (object-oriented programming)

Simbol “++” pada huruf C berarti increment dari C. C ++ juga salah satu bahasa pemrograman paling populer di dunia sobat. C ++ adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang memberikan struktur yang jelas untuk program dan memungkinkan kode untuk digunakan kembali, sehingga menurunkan biaya pengembangan. C ++ portabel dan dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi yang dapat diadaptasi ke berbagai platform. Selain itu, C ++ menyenangkan dan mudah dipelajari untuk sobat yang pemula, Karena C ++ dekat dengan C # dan Java , programmer mudah beralih ke C ++ atau sebaliknya.

Sejarah C++

Pada awalnya, C++  disebut sebagai "C dengan Kelas" (C With Classes) dan diciptakan untuk mempunyai fitur pemrograman berorientasi objek. Oleh karena C++ berdasarkan dari C, maka kebanyakan kode C bisa dirakit di compiler C++ dengan mudah. Perbedaan dari C dan C++ contohnya kata "new" dan "delete" yang terdapat di kode C tidak bisa dirakit di C++ karena kata-kata ini adalah kata yang hanya ada di C++. Pustaka C biasanya bisa diimpor ke pustaka C++, tapi karena kompilator C dan C++ memiliki "name mangling" yang berbeda, maka dari itu perlu dilakukan perubahan kecil di kode C.

Sebenarnya bahasa C++ mengalami dua tahap evolusi. C++  pertama, dirilis oleh AT&T Laboratories, dinamakan cfront. C++ versi kuno cuma berupa kompiler yang menterjemahkan C++ menjadi bahasa C.

Borland International merilis compiler Borland C++ & Turbo C++. Keduanya  sama-sama dapat digunakan untuk mengkompilasi kode C++.  Selain dapat digunakan dibawah lingkungan DOS, Borland C++ juga dapat digunakan untuk pemrograman Windows.

Di evolusi selanjutnya, Borland International Inc. Perkembangan kompiler C++ jadi sebuah kompiler yang mampu mengubah C++ langsung menjadi bahasa mesin (assembly). Di tahun 1990 C++ jadi bahasa berorientasi obyek yang digunakan oleh sebagian besar pemrogram professional.

Selain itu, terdapat beberapa perusahaan lain yang juga merilis compiler C++, seperti Topspeed C++ dan Zortech C++.

Kelebihan dan Kekurangan Bahasa Pemrograman C++

Jika kalian tahu, banyak sekali bahasa pemrograman yang ada dan digunakan dalam berbagai aplikasi. Tentunya dengan banyaknya bahasa membuat bahasa C++ memiliki kekurangan dalam beberapa hal.

Namun bahasa pemrograman C++ juga memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki bahasa lain. Berikut kelebihan dan kekurangan dari bahasa C++:

Kelebihan Bahasa Pemrograman C++:

  • Tersedia hampir di semua jenis komputer,
  • proses eksekusi C++ lebih begitu cepat,
  • sedikit kata kunci, hanya sekitar 48 kata kunci,
  • Fleksibel dan juga portable untuk semua jenis komputer,
  • tingkat bahasa pemrograman yang menengah (middle level language),
  • bahasanya yang terstruktur, dan termasuk bahasa pemrograman OOP (object-oriented programming),
  • kode yang bersifat reuseable (bisa digunakan kembali) pada project lain, tentunya dengan library dan file header,
  • bisa membuat aplikasi graphic processor dengan kualitas tinggi,
  • dukungan function and class library ( pustaka fungsi dan kelas) sehingga bisa digunakan untuk pembuatan aplikasi makro,
  • bahasa yang sudah memiliki standar ANSI yang bisa digunakan diberbagai platform.

Kekurangan Bahasa Pemrograman C++:

  • bagi pemula biasanya susah dalam menggunakan suatu pointer,
  • bersifat case sensitive, yaitu berbeda dalam penggunaan huruf besar maupun huruf kecil,
  • membuat program dengan bahasa C++ terasa amat sulit,
  • implementasi C++ pada IT sangat begitu sedikit,
  • Banyaknya operator dan juga fleksibilitas dalam penulisan program yang membingungkan bagi pemula.

Versi Bahasa C++

Versi bahasa C++ akan mengikuti standarisasi yang digunakan. Misalkan ni sobat, untuk C++98 artinya versi bahasa C++ yang menggunakan standarisasi tahun 98. Standarisari oleh ISO (International Organization for Standardization).

  • 1998 ISO/IEC 14882:1998[23] dengan nama sebutan C++98
  • 2003 ISO/IEC 14882:2003[24] dengan nama sebutan C++03
  • 2011 ISO/IEC 14882:2011[25] dengan nama sebutan C++11, C++0x
  • 2014 ISO/IEC 14882:2014[26] dengan nama sebutan C++14, C++1y
  • 2017 ISO/IEC 14882:2017[9]         dengan nama sebutan C++17, C++1z
  • 2020 Sedang dibuat                         dengan nama sebutan C++20,[17] C++2a
Setiap fitur baru, pastinya pada versi tersebut akan dibuat standarisasinya.

Jadi, pakai versi yang mana?

kalau baru belajar, sebenarnya sobat nggak perlu pusing memikirkan ini. Karena di setiap versi, basic-nya akan sama saja. Yang berbeda adalah fitur-fiturnya. Ada fungsi yang ditambahkan dan ada juga yang dihapus. Dasar dasar di setiap versinya akan sama, seperti variabel, if, loop, fungsi dan lain-lain.

Untuk pengetahuan tambahan, Berikut ini Aplikasi yang sobat bisa dipakai untuk Bahasa C++

Text Editor

Untuk membuat sebuah bahasa pemrograman, sobat bisa memakai banyak aplikasi. Salah satu yang paling sederhana adalah dengan menggunakan aplikasi Text editor seperti misalnya notepad atau notepad++. Sobat bisa menggunakan aplikasi compiler yang bisa sobat dapatkan di internet.
  1. DEV C++

  2. Terutama yang belajar bahasa pemrograman di kuliah atau sekolah, biasanya menggunakan aplikasi DEV C++ 5.11 atau seri di atasnya. Tapi ada juga perusahaan gaming atau software yang menggunakan aplikasi IDE Visual Studio 2015 dan update-an ke atasnya.

  3. Atom

  4. Atom adalah aplikasi text editor yang sifatnya open source. Aplikasi ini bisa sobat pakai untuk Linux, Windows, dan OS X. Aplikasi yang dibuat oleh Github ini cukup nyaman untuk digunakan, apalagi untuk seorang pemula.

    Kekurangan aplikasi ini adalah ukuran yang besar dan memberatkan komputer. Jika komputer sobat spesifikasinya rendah, disarankan tidak menggunakan aplikasi ini.

  5. Sublime Text

  6. Aplikasi  ini memiliki banyak fitur yang membantu Anda ketika menulis listing. Bahkan sublime text bisa memprediksi kode yang sobat tulis. Jadi akan mempercepat waktu pengerjaan. Tapi, kelemahannya adalah tidak adanya fitur run jadi sobat tidak bisa melihat hasil tulisan Anda kecuali menggunakan program lain.

  7. Borland C++

  8. Borland C++ adalah yang paling sering dipakai untuk tipe data C++. Tampilannya terlihat sangat sederhana. Borland C++ juga punya fitur run, jadi sobat bisa melihat hasil pekerjaan Anda secara langsung.

Struktur C++

Ketika sobat ingin membuat bahasa pemrograman C++, sobat harus memperhatikan struktur dari bahasa pemrograman ini. Biasanya ketika sobat memulai membuat bahasa pemrograman C++ harus mengetikan kode berikut ini.

<pre>
<code>
 #include <iostream>
using namespace std;

int main() {
  cout << "Hello World!";
  return 0;
}
</pre>
</code>

Contoh kode yang dituliskan di atas itu adalah kode dasar. Dalam bahasa pemrograman C++ ini ada kode dasar dan juga struktur dasar yang harus sobat ikuti. Jika tidak, maka akan ada kemungkinan apa yang sobat tulis tidak bekerja dengan baik.

Penutup

Jadi sobat, Intinya bahasa C++ adalah bahasa peningkatan dari bahasa C dan bisa dipakai untuk membuat berbagai macam program atau aplikasi. Sekian dulu aetikel tentang Bahasa Pemrograman C++ , semoga bermanfaat.

Anda mungkin menyukai postingan ini