Macam - Macam Web Server

Macam - Macam Web Server

Macam - Macam Web Server
Macam - Macam Web Server

Hallo sobat ruangcoder! artikel kali ini tentang Macam - Macam Aplikasi Web Server Setelah kemarin admin sudah bahas tentang pengertian dan fungsi dari localhost, sekarang admin mau mengenalkan macam macam web server pada localhost yang banyak tersedia di internet, dan bisa kita gunakan secara gratis.

Secara garis besar, aplikasi web server terdiri dari dua jenis, jenis web server gratis dan jenis web server berbayar. Baik web server gratis maupun web server berbayar terdiri dari macam-macam web server yang masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Ada beberapa jenis web server yang kita kenal dengan beberapa keunggulan masing-masing yang dimilikinya. Apa sajakah jenis jenis web server? Berikut ini akan dijelaskan beberapa jenis jenis macam web server yang banyak digunakan saat ini.


  1. XAMPP
  2. Wamp Server
  3. AMPPS
  4. UWamp
  5. IIS
  6. EasyPHP


Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa kelebihan dari masing-masing web server tersebut yang perlu Anda ketahui:

Macam - Macam Web Server ?

  1. XAMPP
  2. Xampp adalah program aplikasi pengembang yang berfungsi untuk pengembangan website berbasis PHP dan MySQL. Software Xampp dibuat dan dikembangkan oleh Apache Friends. Xampp merupakan salah satu aplikasi web server cross platform yang bisa sobat pakai di komputer Windows, Linux, maupun Mac. Sudah tersedia modul Apache, MySQL, dan FileZilla. XAMPP adalah salah satu tools favorit para web developer, baik yang pemula maupun expert.  XAMPP dikembangkan oleh Apache Friends. Sobat bisa baca lebih lanjut mengenai XAMPP disini.


  3. Wamp Server
  4. Wamp Server merupakan sebuah aplikasi yang dapat menjadikan komputer atau laptop sobat jadi sebuah server atau bisa dikatakan server offline. Kegunaan wamp server ini untuk membuat jaringan local sendiri, artinya sobat dapat membuat website secara offline yang biasanya untuk joomla, wordpress, dll. Wamp server cuma bisa digunakan untuk sistem operasi windows aja, jadi untuk pemakai linux tidak bisa memakai aplikasi ini. Sebenarnya fungsi wamp server ini sama dengan Xampp. Pengoperasian Wamp hampir mirip dengan XAMPP, namun lebih kompleks, karena WampServer bisa dipergunakan untuk langsung online. 


    Banyak developer  yang menggunakan WampServer untuk menguji script yang telah dibuat udah layak untuk mengudara atau belum,  bahkan ada beberpa server yang juga menggunakan WampServer. WampServer ini juga sering dipakai untuk melihat website langsung secara online sebelum dipublikasikan. Sebab, belum tentu server Localhost yang menggunakan XAMPP udah benar-benar sempurna tampil secara online. Sobat bisa mendapatkan WampServer dapat diakses melalui https://www.wampserver.com

  5. AMPPS
  6. AMPPS adalah web server yang ciptaan oleh Softaculous dan bisa sobat gunakan baik sebagai Webserver localhost ataupun di Onlinekan, karena AMPPS udah mendukung banyak pengaplikasian, control panel yang udah bisa diakses melalui browser dan udah terintegrasi dengan berbagai pengaturan seperti hosting panel dan juga dapat langsung mengatur domain setting dan sebagainya.


    Softaculous Auto installer juga udah termasuk disini, walau untuk memanfaatkan Auto installer ini diharuskan mempunyai koneksi internet. Untuk mengunduh aplikasi AMPPS sobat bisa mengunjungi situs https://ampps.com

  7. UWamp
  8. UWamp ini merupakan sebuah paket kumpulan software yang terdiri dari apache, mysql, phpmyadmin, php, Perl, Freetype2, dll. Fungsi nya adalah untuk memudahkan instalasi lingkungan php, di mana biasanya lingkungan pengembangan web memerlukan web. Dengan menggunakan UWamp, sobat tidak perlu menginstall aplikasi-aplikasi tersebut satu persatu. UWamp bisa sobat dapatkan di https://www.uwamp.com


  9. IIS
  10. IIS merupakan platform web server bawaan Windows. Jadi apabila sobat pengguna Windows 7, sobat bisa langsung menggunakannya hanya dengan menginstal aplikasi NetFramework yang bisa di download di repository Microsoft.


    dan jika sobat adalah pengguna ASP, aplikasi IIS ini cocok untuk digunakan.  IIS juga mempuyai  fitur keamanan yang lebih ketat. IIS bisa sobat dapatkan di https://www.iis.net

  11. EasyPHP 
  12. Yang terakhir ada EasyPHP, Dimana EasyPHP ini merupakan software antarmuka WAMP (Windows Apache MySql PhpMyAdmin) yang bisa menjalankan cms website berbasis sql di localhost windows (offline) sobat. Software ini membantu sobat untuk mengetes cms sebelum diupload ke webhosting. Sobat bisa mengunjungi situs https://www.easyphp.org untuk mendapatkan EasyPHP.

Penutup

 Jadi sobat, Itulah beberapa macam web server localhost yang bisa sobat gunakan dan cukup populer dikalangan para pembuat web dengan mendapatkannya secara free alias gratis. Selamat mencoba! semoga artikel ini bermanfaat.

Anda mungkin menyukai postingan ini