Pengertian Cell dan Range & Perbedaan Baris dan Kolom Pada Microsoft Excel

Pengertian Cell dan Range & Perbedaan Baris dan Kolom Pada Microsoft Excel

Pengertian Cell dan Range & Perbedaan Baris dan Kolom Pada Microsoft Excel
Pengertian Cell dan Range & Perbedaan Baris dan Kolom Pada Microsoft Excel 
Pengertian Cell dan Range & Perbedaan Baris dan Kolom Pada Microsoft Excel - Hallo, sesuai dengan pembahasan yang sudah admin bahas kemarin tentang Perbedaan Wokbook dan Worksheet Pada Excel, kali ini admin mau bahas tentang Pengertian Cell dan Range & Perbedaan Baris dan Kolom Pada Microsoft Excel. Cell, Range, serta Baris dan Kolom ini masih nyambung dengan pembahasan Workbook dan Worksheet, karena istilah - istilah tersebut merupakan istilah penting yang ada dalam Worksheet dan pastinya sering di dengar atau digunakan untuk melakukan pekerjaan pada Microsoft Excel. Yuk langsung saja pada pembahasannya.

Bagi sobat yang belum tau apa Perbedaan Workbook dan Worksheet, Sobat bisa klik disini, sudah admin siapkan artikel yang membahas tentang pengertian tersebut berikut dengan pengertiannya. Nah sobat jika sobat sudah paham apa itu Worksheet, lalu Cell dan Range itu apa sih? nah ini dia penjelasannya. Ohya, Disini admin memakai Microsoft Excel 2010 ya sobat.

Pengertian ROW (Baris) Pada Excel

Row dalam bahasa Indonesia adalah "Baris". Pengertian Row adalah Bagian dari Worksheet yang melintang horizontal ke samping. Row ini ditandai dengan angka 1,2,3,4,5 sampai 1.048.576.


Jadi, apabila sobat memberikan sebuah masukan seperti data atau angka pada Worksheet di urutan ke 3, di sebutnya, Row Ke - 3 atau Baris Ke - 3.

Pengertian COLUMN (Kolom) Pada Excel

Nah selanjutnya ada Column sobat. Column dalam bahasa Indonesia artinya "Kolom". Pengertian Coloumn adalah bagian dari Worksheet yang melintang vertikal. Coloumn ditandai dengan huruf A,B,C, sampai XFD.

Pengertian Coloumn Pada Excel
Pengertian Coloumn Pada Excel
Dari gambar diatas bisa sobat lihat, apabila sobat memberikan sebuah masukan seperti data atau angka pada Worksheet di urutan ke 3 secara vertikal, di sebutnya Coloumn C atau Kolom C.

Pengertian Coloumn Pada Excel
Pengertian Coloumn Pada Excel

Perbedaan Baris dan Kolom Pada Microsoft Excel

  • Baris adalah Bagian dari Worksheet yang melintang Horizontal atau keatas. 
  • Kolom adalah Bagian dari Worksheet yang melintang Vertikal atau kesamping.
  • Baris dilambangkan dengan Angka.
  • Kolom dilambangkan dengan Huruf.
Jumlah Baris dan Kolom pada Microsoft Excel
  • Excel 5 16.384 Baris dan 256 Kolom
  • Excel 95 16.384 Baris dan 256 Kolom
  • Excel 97 65.536 Baris dan 256 Kolom
  • Excel 2000 65.536 Baris dan 256 Kolom
  • Excel 2002/XP 65.536 Baris dan 256 Kolom
  • Excel 2003 65.536 Baris dan 256 Kolom
  • Excel 2007 1.048.576 Baris dan 16.384 Kolom
  • Excel 2010 1.048.576 Baris dan 16.384 Kolom
  • Excel 2013 1.048.576 Baris dan 16.384 Kolom
  • Excel 2016 1.048.576 Baris dan 16.384 Kolom
  • Excel 2019 1.048.576 Baris dan 16.384 Kolom
  • Excel 365 1.048.576 Baris dan 16.384 Kolom
Setelah admin jelaskan pengertian dan juga Perbedaan Row dan Column, Selanjutnya admin akan bahas Pengertian Cell dan Range pada Microsoft Excel.

Pengertian Cell(Sel) 

Pengertian Cell adalah sebuah kotak kecil pada Worksheet yang merupakan titik pertemuan antara Row(Baris) dan Column(Kolom). Bisa dibilang titik tengah ketemu nya Baris dan Kolom ya sobat. Sebuah Sel diberi nama atau alamat sesuai dengan nama Coloumn (Kolom)  dan nomor Row (Baris) nya. Contohnya gini sobat, titik pertemuan antara Kolom F dan Baris 9 disebut dengan Sel E7,  Sel  E7 artinya adalah Sel Excel yang berada di kolom E dan baris ke-7. Nama atau Alamat Cell (Sel) yang sedang aktif bisa sobat lihat di bagian formula bar sebelah kiri yang disebut dengan NameBox seperti yang admin tandain dengan warna biru di bawah ini.

Pengertian Cell
Pengertian Cell

Pengertian Range (Rentang) Pada Excel

Kalo Cell adalah pertemuan antara Row dan Column atau pertemuan Baris dan Kolom, Range yang artinya dalam bahasa indonesia adalah Rentang. Nah, Jadi bisa di simpulkan sobat Pengertian Range ini adalah kumpulan dari beberapa Cell / gabungan Cell pada Microsoft Excel baik dalam satu atau beberapa baris dan kolom. Bisa sobat lihat contohnya di bawah ini.

Sekelompok Sel yang tergabung disebut dengan bdalam Excel bisa dalam satu baris, satu kolom, maupun beberapa baris dan kolom sobat.

Contoh Range Satu Baris = C6 : G6 (C6 sampai G6).

Contoh Range Satu Baris
Contoh Range Satu Baris
Contoh Range Satu Kolom =  F5 : F10 (F5 sampai F10).

Contoh range satu kolom
Contoh Range Satu Kolom
Contoh Range Beberapa Kolom dan Baris = F5 : G10 (F5 sampai G10).

Contoh range beberapa kolom dan baris
Contoh range beberapa kolom dan baris
Jadi itulah sobat Pengertian Cell dan Range & Perbedaan Baris dan Kolom Pada Microsoft Excel. Jadi sobat sudah tau kan apa arti dari istilah yang sering disebut dan digunakan pada Microsoft Excel ini. Sampai bertemu di artikel berikutnya mengenai pembahasan Microsoft Excel. Semoga Bermanfaat.

Anda mungkin menyukai postingan ini