Bahasa Pemrograman C Pengertian, Sejarah, Kekurangan, Kelebihan

Bahasa Pemrograman C Pengertian, Sejarah, Kekurangan, Kelebihan

Bahasa Pemrograman C Pengertian, Sejarah, Kekurangan, Kelebihan
Bahasa Pemrograman C Pengertian, Sejarah, Kekurangan, Kelebihan


Bahasa Pemrograman C Pengertian, Sejarah, Kekurangan, Kelebihan. Bahasa C memang merupakan bahasa pemrograman yang sangat dasar sekali. Namun, ternyata masih ada loh yang belum tau dan paham tentang bahasa pemrograman yang satu ini. Untuk tau lebih lanjut, yuk baca penjelasan di bawah ini, selamat membaca sobat.

Pengertian Bahasa Pemrograman C

Bahasa Pemrograman C merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer paling senior dan masih digunakan hingga sekarang. Dirilis pertama kali tahun 1972 oleh Dennis Ritchie, C menjadi “dasar” dari berbagai bahasa pemrograman yang lebih modern seperti C++, C#, Java, PHP hingga JavaScript.

Walaupun sudah berumur 45 tahun, bahasa pemrograman C masih tetap layak untuk dipelajari. Sama dengan bahasa pemrograman Pascal dan C++ ketiganya sering digunakan untuk belajar algoritma, yaitu dasar dari pemrograman.

Sejarah Bahasa Pemrograman C

Semenjak komputer pertama kali diciptakan, pemrograman sistem udah ada pada tahun 1936–1938. Tapi awalnya seorang programmer bekerja menggunakan bahasa komputer yang terkesan sulit untuk di pahami oleh manusia, bahasa itu diistilahkan dengan bahasa mesin.

Merasa sangat sulit untuk bekerja mengggunakan bahasa mesin, nah maka dari itu dibuat deh bahasa Assembly yang merupakan bahasa rakitan, kumpulan dari singkatan beberapa kode-kode. Bahasa tingkat rendah Assembly juga masih sulit untuk manusia, maka manusia menciptakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang mudah untuk dipahami oleh manusia. Dari waktu ke waktu semakin banyak loh pengembang yang berusaha untuk mengembangkan bahasa pemrograman, banyak bahasa tingkat tinggi yang bermunculan dengan fasilitas yang mereka tawarkan, salah satunya adalah C++.

Bahasa C ditulis pertama kali oleh Brian W , dikembangkan di Bell lab pada tahun 1972 . Kernighan dan Denies M. Ricthie merupakan bahasa turunan atau pengembangan dari bahasa B yang ditulis oleh Ken Thompson pada tahun 1970, yang juga merupakan bahasa yang diturunkan oleh bahasa sebelumnya, yaitu BCL.

Brian W. Kerninghan & Dennis M. Ritchie dari AT & T Laboratories mengembangkan bahasa B menjadi bahasa C tahun 1978.  Sebenarnya bahasa B yang diciptakan oleh Ken Thompson merupakan pengembangan dari bahasa BCPL ( Basic Combined Programming Language ) yang diciptakan oleh Martin Richard.

Di Eropa bahasa C banyak digunakan pemrogram yang sebelumnya menggunakan bahasa B dan BCPL. Dalam perkembangannya, bahasa C menjadi bahasa paling populer diantara bahasa lainnya, seperti PASCAL, BASIC, FORTRAN pada tahun 1980.

 Bjarne Stroustrup dari AT & T Bell Laboratories mulai mengembangkan bahasa C di awal tahun 1980. Barulah pada tahun 1985, lahirlah secara resmi bahasa baru hasil pengembangan C yang dikenal dengan nama C++. Sebenarnya bahasa C++ mengalami dua tahap evolusi. C++ yang pertama dinamakan cfront. C++ dirilis oleh AT&T Laboratories,  versi kuno ini hanya berupa kompiler yang menterjemahkan C++ menjadi bahasa C.

Dengan dikeluarkannya standar bahasa C oleh American National Standards Institute (ANSI) pada tahun 1989 dunia pemrograman C mengalami peristiwa penting. Bahasa C yang diciptakan Kerninghan & Ritchie lalu dikenal dengan nama ANSI C.

Pada evolusi setelahnya, Borland International Inc. mengembangkan kompiler C++ jadi sebuah kompiler yang bisa mengubah C++ langsung menjadi bahasa mesin (assembly). Sejak evolusi ini, C++ menjadi bahasa berorientasi obyek yang digunakan oleh sebagian besar pemrogram professional mulai tahun 1990 .

Admin juga sudah pernah membahas tentang bahasa pemrograman C++, yang dimana bisa sobat baca disini pembahasan bahasa C++

Versi bahasa C

  1. Bahasa C versi K&R atau  C K&R.

  2. Dasil penelitian Dennis Ritchie dan Brian Kernighan muncul lah bahasa C versi K&R atau  C K&R , kemudian Dennis Ritchie dan Brian Kernighan membukukan hasil pengembangan mereka terhadap bahasa C ke dalam buku berjudul The C Programming Language yang sampai sekarang pun masi dianggap sebagai kitab suci bagi para pemrogram yang memakai bahasa C. Versi bahasa C dalam buku ini yang disebut sebagai bahasa C versi K&R.

  3. Versi ANSI C & ISO C

  4. Dengan terus berkembangnya zaman, hal ini juga terjadi pada bahasa pemrograman C. Di beberapa tahun setelah versi pertama, bahasa C mengalami beberapa kemunculan versi lain. Hal ini membuat para pemrogram bingung. Pada akhirnya, sebuah asosiasi di Amerika bernama American National Standard Institute (ANSI) mencoba buat sebuah komite yang menentukan versi standar dari bahasa C. Akhirnya, Setelah rapat , mereka menghasilkan sebuah bahasa pemrograman C yang standar yang mereka beri nama ANSI X3. 159-1989 disebut juga ANSI C atau C89. Di tahun selajnjutnya, ANSI C mengalami proses adaptasi oleh lembaga bernama Organization for Standardization (ISO). ISO lalu menghasilkan bahasa pemrograman yang disebut ISO C atau C90.

  5. Versi C99

  6. Versi C99 dibuat oleh ISO bertujuan untuk memperbanyak dukungan terhadap para pemrogram yang berorientasi pada objek di setiap pekerjaan mereka.

Fitur dan Keunggulan Bahasa Pemrograman C

Beberapa fitur dan keunggulan bahasa pemrograman C dibandingkan bahasa pemrograman lain:
  1. C sebagai bahasa pemrograman prosedural

  2. Sebuah metode pemrograman yang setiap baris perintah diproses secara berurutan dari baris paling atas sampai baris paling bawah. Selain itu sobat juga bisa mendapatkan fungsi tambahan (function) yang digunakan untuk menyelesaikan berbagai tugas. Bahasa pemrograman C termasuk ke dalam kelompok ini.

    Selain konsep yang admin jelaskan diatas, terdapat juga konsep pemrograman object (object-oriented programming). Di bahasa pemrograman object, setiap tugasnya akan dijalankan memakai class dan object. Contoh bahasa pemrograman object adalah JAVA.

    Bagi sobat yang masih pemula, sangat disarankan untuk mempelajari bahasa pemrograman prosedural terlebih dahulu baru kemudian masuk ke dalam bahasa pemrograman object. Ini juga jadi alasan untuk sobat belajar bahasa C sebelum masuk ke bahasa pemrograman object seperti JAVA.

    Beberapa bahasa pemrograman juga ada yang mendukung konsep prosedural dan object sekaligus, misalkan bahasa pemrograman C++, Python dan PHP.

  3. Bahasa C sangat cepat dan efisien

  4. Aplikasi yang sobat akan buat dengan bahasa C bisa dieksekusi sangat cepat serta berukuran kecil. Karena bahasa C bisa langsung berkomunikasi dengan hardware, sebuah fitur yang jarang tersedia di bahasa pemrograman modern seperti JAVA, PHP, maupun Python.

    Tapi, hal ini juga memiliki kelemahan. Bahasa C relatif sederhana dan tidak memiliki fitur-fitur modern kayak garbage collection dan dynamic typing.

  5. C adalah portable language

  6. Maksudnya portable, bahasa pemrograman C bisa di-compile ulang supaya berjalan di berbagai sistem operasi tanpa perlu mengubah kode-kode yang ada. Aplikasi yang dibuat di Windows menunggakan bahasa C, bisa dipindahkan ke Linux dengan sedikit atau tanpa modifikasi.

  7. C merupakan “induk” dari bahasa pemrograman modern

  8. Bahasa pemrograman C banyak menjadi inspirasi bahasa pemrograman lain, seperti C++, C#, Objective C, PHP, JAVA, JavaScript dan masih banyak lagi. Dengan mempelajari bahasa C, sobat akan familiar dan lebih mudah saat berpindah ke bahasa pemrograman lain yang merupakan turunan dari bahasa C.

Kekurangan Bahasa C

Ternyata bahasa C juga memiliki beberapa kekurangan sobat. Dimana pastinya setiap kelebihan pasti ada kekurangan, Walaupun terkesan bahwa bahasa C ini lebih mudah dan tidak serumit bahasa yang lain, tetap saja punya beberapa kekurangan. Kekurangan-kekurangan nya adalah ;
  1. Terlalu Fleksibel

  2. Bahasa C terlalu fleksibel dan memiliki banyak operator membuat penggunanya kebingungan. Hal ini dikarenakan saking banyaknya operator, bagi sebagian orang yang baru pertama kali menggunakan bahasa C akan kesulitan untuk beradaptasi.

  3. Pointer

  4. Pointer adalah satu bagian yang paling penting dalam bahasa C. Di bagian ini orang yang menggunakan bahasa C bisa menggunakannya dengan baik dan maksimal. Tapi, banyak sekali pengguna yang masih belum paham kegunaan pointer dan bagaimana cara menggunakannya.

Penutup

Semoga pembahasan tentang pengertian, sejarah, kelebihan dan kekurangan dari bahasa C kali ini bisa bermanfaat ya sobat. Terimakasih.

Anda mungkin menyukai postingan ini