Pengertian C# ( Sharp ) dan Sejarah Perkembangannya

Pengertian C# ( Sharp ) dan Sejarah Perkembangannya

Pengertian C# ( Sharp ) dan Sejarah Perkembangannya
Pengertian C# ( Sharp ) dan Sejarah Perkembangannya

Pengertian dan Sejarah Perkembangan C# , C# atau dapat di baca C Sharp, adalah salah satu bahasa pemrograman yang di kembangkan oleh Microsoft. Pemrograman C# sendiri dibangun dari basis bahasa pemrograman C++ dengan mendapat pengaruh dari berupa fitur-fitur yang terdapat di dalam bahasa pemrograman lainnya seperti contohya: Delphi, Java dan juga Visual Basic. Anderls Helsberg di rekrut  oleh Microsoft untuk mengembangkan bahasa ini dan pada tahun 2000 C# pertama kali di perkenalkan.

Pemrograman C# ini sangat bergantung dari framework .Net, sehingga sebelum menginstal aplikasi yang kalian bangun menggunakan visual C#, kalian perlu menginstal .Net Framework.C# tidak hanya bisa di jalankan di Windows saja namun juga dapat di Install di Operating System seperti Linux dengan menggunakan Mono. Selain itu juga terdapat IDE alternatif yang dapat kalian gunakan di windows yaitu SharpDevelop.

Pengertian C# ( Sharp ) 

C#  adalah bahasa pemrograman modern yang bersifat  ‎berorientasi objek dan general-purpose, dapat digunakan untuk membuat program di atas arsitektur Microsoft .NET Framework.  Bahasa pemrograman C# dikembangkan oleh sebuah tim pengembang di Microsoft dipimpin oleh ‎Anders Hejlsberg yang telah lama tantalizing di dunia pengembangan bahasa ‎pemrograman karena memang ialah yang juga membuat Borland Delphi, Borland Turbo Pascal,  dan juga Microsoft J++.

C# telah menginjak versi 3.0 yang mendukung ‎beberapa fitur baru semacam Language Integrated Query (LINQ) dan sudah distandarisasi oleh International Organization for Standardization (ISO) dan European Computer Manufacturer Association (ECMA).

Bahasa C# ini memiliki beberapa tujuan yang dicantumkan oleh Standar European Computer Manufacturer Association (ECMA) sobat. Tujuan desain dari bahasa pemrograman C#, yaitu: 
  • Bahasa C# ini merupakan Bahasa Pemrograman dari bahasa Pemrograman Java+Pascall = C#
  • Dimaksudkan sebagai bahasa pemrograman yang sederhana, modern, tujuan umum, dan berorientasi objek .
  • Bahasa dan implementasinya, harus memberikan dukungan untuk prinsip-prinsip rekayasa perangkat lunak seperti pemeriksaan tipe kuat , pemeriksaan batas array, deteksi upaya untuk menggunakan variabel yang tidak diinisialisasi , dan pengumpulan sampah otomatis. Ketangguhan perangkat lunak, daya tahan, dan produktivitas programmer adalah penting.
  • Untuk digunakan dalam mengembangkan komponen perangkat lunak yang cocok untuk ditempatkan di lingkungan terdistribusi.
  • Portabilitas sangat penting untuk kode sumber dan pemrogram, terutama yang sudah terbiasa dengan C dan C ++.
  • Dukungan untuk internasionalisasi sangat penting.
  • Agar sesuai untuk menulis aplikasi baik untuk sistem yang di-host maupun yang disematkan , mulai dari yang sangat besar yang menggunakan sistem operasi canggih, hingga yang sangat kecil yang memiliki fungsi khusus.
  • Meskipun aplikasi C # dimaksudkan agar ekonomis sehubungan dengan kebutuhan daya pemrosesan dan memori, bahasa tersebut tidak dimaksudkan untuk bersaing secara langsung pada kinerja dan ukuran dengan bahasa C atau bahasa rakitan. 

Sejarah Bahasa C#

Agar mengenal lebih dalam tentang bahasa pemrograman C# mari kita membahas tentang sejarah C#.  Sebelum membuat bahasa pemrograman ini, Microsoft sudah pernah mengembang sebuah program Microsoft Visual J++ sebagai langkah percobaan untuk menggunakan Java di dalam OS Windows, untuk meningkatkan anatarmuka dari Microsoft Component Objek Model (COM). Microsoft memilih membuat penggantinya, kompilernya dan mesin virtualnya sendiri dengan menggunakan sebuah bahasa pemrograman yang bersifat general pupose dan menghentikan pengembangan J++ karena ada masalah dengan pemegang hak cipta bahasa pemrograman Java, Sun Microsystems, dan . Ini lah awal dan penyebab Microsoft mulai membuat bahasa pemrograman C# sobat.

Anders Helsberg , mantan karyawan Borland yang membuat bahasa Borland Delphi dan Turbo Pascal, yang juga mendesain windows Foundation Classes (WFC) yang digunakan dalam J++ direkrut oleh Microsoft untuk menangani proyek ini . Hasil dari usaha nya tersebut, Pada bulan juli 2000, C# pertama kali diperkenalkan  sebagai sebuah bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek yang menjadi sebuah bahasa pemrograman utama di dalam pengembangan platform Microsoft .NET Framework.

Dengan dukungan Intel Corporation dan Hewlett-Packard, Microsoft  mencoba mengajukan standarlisasi terhadap bahasa C# agar bisa mempromosikan penggunaan besar-besaran dari bahasa C#. Di bulan Desember 2001, standar pertama pun diterima oleh European Computer Manufacturers Association atau Ecma internasional, dengan nomor standar ECMA-334.Desember 2002, standar kedua pun diadopsi oleh ECMA dan tiga bulan kemudian , Diterima oleh International Organization for Standardization (ISO), dengan nomor standar ISO/IEC 23270:2006.

Kelebihan bahasa C#

  • Flexible, Artinya C# program dapat di eksekusi di mesin computer sendiri atau di transmiskan melalu web dan di eksekusi di computer lainnya.
  • Powerful, C# mempunyai sekumpulan perintah yang sama dengan C++ yang kaya akan fitur yang lengkap tetapi dengan gaya bahasa yang lebih diperhalus sehingga memudahkan penggunanya
  • Easier to use, C# memodifikasi perintah yang sepenuhnya sama dengan C++ dan memberitahu dimana letak apabila sobat ada kesalahan dalam aplikasi , dapat mengurangi waktu sobat dalam mencari error.
  • Visually oriented, C# menggunakan The .NET library code yang menyediakan bantuan. Dibutuhkan untuk membuat tampilan yang complicated dengan frames, dropdown , tabbed windows, group button , scroll bar , background image , dll.
  • Secure, C# memiliki segudang fitur untuk menghindari aksi kejahatan dari pihak lain seperti hacker , bahasa pemprograman yang digunakan untuk kebutuhan internet mesti memiliki security yang benar-benar aman.
  • Memory management lebih mudah karena adanya garbage collector, yang membebaskan memory secara otomatis sehingga bisa mencegah memory leak.
  • Type safe, konversi implisit dari tipe data hanya mensupport turunan dan operasi dari tipe data yang melebar (contohnya dari int ke long, kalo int ke short tidak bisa) dan ini dideteksi pas compile.
  • Banyak fungsi yang terdapat di Base Class Library .NET Framework.
  •  .NET Framework berkembang cepat dan semakin banyak fitur yg membuat produktivitas sobat bertambah, misal:linq.
  • Untuk pengembangan aplikasi bisnis/umum atau enterprise, penggunaan C# akan lebih produktif daripada menggunakan C++. Bahasa C# masih adalah turunan dari bahasa C juga , tapi seolah-olah dibuat lebih gampang dan produktif seperti Visual Basic dengan tetap mempertahankan fleksibilitas dan “power” dari bahasa C.

Kekurangan bahasa C#

  • Banyaknya operator dan fleksibilitas penulisan program terkadang membingungkan.
  • Bagi sobat yang pemula pada umumnya akan kesulitan menggunakan pointer.

Penutup

Sampai di sini saja artikel tentang pembahasa bahasa pemrograman C# ini, sampai berjumpa di artikel selanjutnya sobat. Semoga artikel ini bermanfaat.

Anda mungkin menyukai postingan ini