Pengertian dan Sejarah Kotlin

Pengertian dan Sejarah Kotlin

Pengertian dan Sejarah Kotlin
Pengertian dan Sejarah Kotlin

 Pengertian dan Sejarah Kotlin Sederhananya, Kotlin adalah bahasa pemrograman yang merupakan “penyempurnaan” dari bahasa pemrograman Java untuk pengembangan aplikasi Android.

Pengertian Kotlin

Kotlin adalah sebuah bahasa pemrograman dengan pengetikan statis yang berjalan pada Mesin Virtual Java ataupun menggunakan kompiler LLVM yang dapat pula dikompilasikan kedalam bentuk kode sumber JavaScript. Pengembang utamanya berasal dari tim programer dari JetBrains yang bermarkas di Rusia, perusahaan dibalik IntelliJ IDEA. JetBrains akhirnya merilis Kotlin secara open source setelah melalui banyak perkembangan, dan kini setelah perkembangannya semakin maju, Google mendukung penuh Kotlin untuk pengembangan aplikasi Android.

Jika proyek Android nya yang menggunakan Java, sobat tidak perlu khawatir menjadi tidak bisa digunakan ketika menggunakan Kotlin karena Java dan Kotlin dapat digunakan secara berbarengan. Dan karena Kotlin mirip dengan Java, sobat akan dapat dengan mudah bahasa pemrograman Kotlin.

Beberapa perbaikan dari Java yang ada di Kotlin:

  • Jauh lebih sederhana dibanding Java
  • Null reference kini dikontrol oleh type system.
  • Tidak ada raw type
  • Array di Kotlin tidak pernah berubah
  • Kotlin memiliki function type yang layak
  • Use-site variance tanpa perlu wildcard
  • Kotlin tidak memiliki checked exception

Apa Hubungannya Kotlin dengan Android ?

Karena android itu menggunakan Bahasa pemrograman Java , maka otomatis kotlin juga ada di dalamnya. Bahkan keluarga malware android pertama kali dibuat menggunakan Bahasa kotlin, malware ditemukan di aplikasi android yang menyamar sebagai aplikasi pembersih utilitas telepon yang bernama swift cleaner.

Kotlin merupakan Bahasa pemrogaman java, nah android sendiri tersebut ditulius dengan menggunakan Bahasa pemrogaman java sehingga kotlin bisa digunakkan dalam membuat aplikasi android, tapi sebelum sobat bisa membuat sobat harus menginstall sebuah plugin dari Android Studio dahulu.

Kenapa memilih kotlin dalam pengembangan android ?

  • Dengan menggunakan Kotlin pengembangan android jadi lebih mudah daripada menggunakan yang lain.
  • Kotlin bisa bekerja baik dengan android studio sehingga melakukan pemrogramman jadi lebih mudah dan lebih cepat dari pada yang lainnya
  • Menjadi lebih fleksibel
  • Sudah banyak yang menggunakan kotlin dalam pengembangan android sehingga udah terjamin dan lebih aman daripada yang lain
  • Biasanya dalam pengembangan java terdapat kesulitan yaitu terlalu banyak parameter sehingga dengan kotlin terdapat feature highlights nama shingga lebih mudah
Jadi jika sobat ingin membuat aplikasi android, banyak orang yang menggunakan kotlin dan banyak yang merekomendasikannya sehingga kualitasnya udah terjamin dan banyak orang.

Sejarah Kotlin

Kotlin pertama kali muncul pada bulan Juli tahun 2011. Dikembangkan selama satu tahun yang dipimpin oleh Dmitry Jemerov, penerbit buku “Kotlin in Action” bersama dengan Svetlana Isakova. Dmitry mengatakan bahwa sebagian besar bahasa tidak memiliki fitur yang mereka cari, dengan pengecualian Scala. Namun, Dmitry menyebutkan waktu kompilasi lambat Scala sebagai kekurangan yang jelas. Salah satu tujuan Kotlin yaitu untuk mengkompilasi secepat Java. Di Februari 2012, JetBrains membuka proyek bersumber di bawah lisensi Apache 2.

Nama kotlin ini berasal dari pulau Kotlin di dekat St. Petersburg. Pemimpin desain bahasa kotlin Andrey Breslav, menyebutkan bahwa tim memutuskan untuk menamakannya seperti Java yang namanya berasal dari pulau Jawa di Indonesia. JetBrains berharap bahwa bahasa baru ini akan mendorong penjualan IntelliJ IDEA. Kotlin v1.0 dirilis pada 15 Februari 2016. JetBrains telah berkomitmen untuk kompatibilitas mundur jangka panjang yang dimulai dengan versi ini.

Setelah melalui semakin banyak perkembangan, JetBrains merilis Kotlin secara open source alias gratis dan sekarang telah berkembangan semakin maju, Kotlin didukung penuh oleh Google untuk pengembangan aplikasi Android. Yang artinya Kotlin menjadi bahasa pemrograman ketiga yang didukung oleh android selain Java dan C++.  Kotlin v1.2 dirilis pada 28 November 2017. Kode berbagi antara JVM dan fitur platform Javascript baru ditambahkan ke versi ini. Versi kotlin yang terbaru adalah Kotlin 1.3 RC dirilis pada tanggal 20 September 2018 lalu. Kotlin memiliki filename extension .kt dan .kts.

Penutup

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Kotlin, sobat bisa mengunjungi situs web resminya di https://kotlinlang.org/ Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat sobat.

Anda mungkin menyukai postingan ini