Pengertian dan Sejarah Microsoft Office

Pengertian dan Sejarah Microsoft Office

Pengertian dan Sejarah Microsoft Office
Pengertian dan Sejarah Microsoft Office
Pengertian dan Sejarah Microsoft Office - Hai, balik lagi nih sama admin, kali ini ada pembahasan yang mungkin udah gak asing lagi, wah pastinya udah sering banget dilihat dan didenger nih, bahkan pas admin SD admin udah belajar pake salah satu aplikasinya, apalagi kalo bukan Microsoft Word. Nah, Microsoft Word ini merupakan salah satu bagian dari Microsoft Office. Mungkin sih sebagian orang hanya tau kalo itu namanya Microsoft Word, atau Microsoft Excel, atau adalagi yang namanya Microsoft Power Point tapi gak tau mereka merupakan bagian atau komponen dari Microsoft Office. Microsoft Office ini merupakan paket yang berisi aplikasi - aplikasi tersebut. Apa sih pengertian nya dan apa aja sih yang termasuk kedalam paket Microsoft ini, nih admin jelasin berikut dengan sejarah dari Microsoft Office nya.

Pengertian Microsoft Office

Microsoft Office adalah perangkat lunak paket aplikasi perkantoran dan di design untuk dijalankan di bawah sistem operasi Linux, Mac OS X dan Microsoft Windows. Di buat oleh Microsoft Corporation. Microsoft Office ini sangat populer digunakan di institusi dan perusahaan tempat bekerja bahkan juga di pakai di sekolah sekolah dan rumahan, maka Microsoft Office bisa diandalkan dalam memenuhi semua kebutuhan dokumentasi, administrasi, dan pelaporan, serta dalam mendukung proses pengolahan data, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan dari setiap fungsi atau departemennya oleh institusi atau perusahaan.

Sejarah Microsoft Office

Microsoft Office sebagai paket dari tiga aplikasi saja yang dirancang untuk Microsoft Windows 3.0: Microsoft Word untuk Windows 1.1, Microsoft Excel untuk Windows 2.0, dan Microsoft PowerPoint untuk Windows 2.0 pada bulan Oktober 1990.

Setelah populer, pada tahun 1995 Microsoft meluncurkan aplikasi kantoran ini dengan versi 1995 bersama dengan OS Windows 95-nya. Windows versi 3.1 dan Windows 3.11 for Workgroup di rombak oleh Microsoft, perubahan nya yang cukup signifikan dalam sejarah sistem operais PC saat itu di sistem operasi ini. Microsoft Office ini dengan seiringnya perkembangan zaman, terus berkembang dan semakin mapan dan digunakan oleh sebagian besar masyarakat komputer di dunia loh, termasuk di Indonesia negara kita.

Barulah di tahun 2000-an Microsoft meluncurkan beberapa versi Microsoft Office dan sampai sekarang masih tetap digunakan sebagai andalan aplikasi perkantoran modern. Pastinya sobat juga masih bisa melihat beberapa versi dari Microsoft Office yang masih banyak digunakan saat ini yaitu Microsoft Office 2007 , Microsoft Office 2010 dan yang terakhir sampai sekarang adalah Microsoft Office 2019.

Aplikasi yang terdapat dalam kelompok program Microsoft Office diantaranya yaitu Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Powerpoint, Microsoft Visio, Microsoft Access, Microsoft Outlook, Microsoft Publisher, Microsoft Info Path. Diantara semua paket aplikasi Microsoft Office, yang paling digemari dan sangat populer adalah Microsoft Excel, Microsoft Word, dan Microsoft PowerPoint.

Kelompok Program Microsoft Office 

Berikut ini merupakan kelompok yang termasuk dalam paket program Microsoft Office :

1. Microsoft Word


Yang pertama dan paling utama adalah Microsoft Word. Microsoft Word merupakan aplikasi yang sangat populer dan paling banyak digunakan. Microsoft Word diterbitkan tahun1983. Dengan aplikasi ini sobat bisa menulis berbagai hal, surat, dokumen, buku dan lainnya yang mengenai pengolahan kata.

2. Microsoft Excel


Microsoft Excel juga merupakan aplikasi yang terkenal dari Microsoft Office. Digunakan untuk pengolahan data berupa angka dan sangat membantu akuntan, administrasi maupun untuk perusahaan yang membutuhkan pengolahan angka. Dengan Microsoft Excel ini sobat bisa dengan mudah menyusun laporan keuangan maupun laporan pengolahan aritmatika lainnya. Microsoft Excel dilengkapi fitur kalkulasi dan pembuatan grafik sesuai dengan strategi marketing Microsoft.

3. Microsoft Power Point


Power Point digunakan untuk presentasi, Sama halnya dengan microsoft word dan juga excel Microsoft Power Point juga merupakan aplikasi yang populer sobat. Microsoft Power Point bisa dijalankan di OS Windows dan Apple Mac. Power Point ini sering digunakan untuk presentasi pendidik, pelajar atau pelajar, trainer ataupun manager.

4. Microsoft Office Outlook

Program ini digunakan untuk pengiriman dan membaca surat elektronik. Microsoft Outlook adalah bagian dari suite Ms Office yang menyediakan fitur untuk membuat jurnal, catatan, kotak surat, dan juga kalender sobat. Biasanya aplikasi ini digunakan untuk membaca dan mengirimkan surel. Kalau digunakan bersama Microsoft Exchange Server, aplikasi ini dapat memberikan akses kalender, surat, dan jadwal secara bersamaan.

5. Microsoft Office InfoPath
Microsoft Office InfoPath adalah aplikasi untuk membuat serta mengembangankan formulir pemasukan data dengan basis XML.  Microsoft Office InfoPath menyediakan berbagai macam fitur menarik. Microsoft Office InfoPath bisa membuat dan menampilkan dokumen XML. Info Path juga bisa dikonfigurasi untuk terhubung dengan sistem eksternal menggunakan XML Web Services lewat MSXML dan SOAP Toolkit.

6. Microsoft Visio
Aplikasi yang satu ini banyak digunakan untuk pembuatan flowchart. Selain membuat diagram alir atau flowchart, Microsoft Visio juga sangat nyaman untuk pembuatan berbagai macam diagram, brainstorm dan juga beberapa skema jaringan. Microsoft Visio ini dilengkapi dengan grafik vektor sehingga sobat lebih mudah dalam pembuatan diagram.

7. Microsoft Office Acces

Program aplikasi komputer dari Microsoft Officel lainnya adalah Microsoft  Acces, Microsoft Office Acces digunakan untuk perusahaan kecil dan juga rumahan. Sobat bisa mengolah data dengan Microsoft Jet Database Engine. Microsoft Office Acces ini juga bisa menampilkan grafis yang sempurna, jadinya gampang untuk dipahami pengguna.

8. Microsoft Office One Note

Microsof Office One Note digunakan untuk mengumpulkan berbagai informasi gratis. Aplikasi ini banyak digunakan pada komputer atau PC dan juga laptop bisa digunakan sebagai kertas catatan di mana sobat bisa menggambar, menulis, mencorat coret, memasukkan objek, dan menampilkan screenshot.

9. Microsoft Publisher

Nah kalo aplikasi Microsoft yang satu ini, Microsoft Publisher berguna untuk membuat surat kabar, Desktop Publishing, kartu ucapan, dan masih banyak lagi.

Dengan adanya macam-macam aplikasi disediakan oleh Microsoft Office, Sobat bisa lebih mudah bekerja dan menyelesaikan pekerjaan. Selain biaya relatif terjangkau, Ms. Office juga berkualitas dan dipakai banyak negara di dunia loh sobat. Di pembahasan selanjutnya, admin akan jelasin lebih detail nya mengenai pengertian dan fungsi - fungsi yang ada di masing2 aplikasi microsoft ini. Semoga bermanfaat, jangan lupa kunjungi artikel yang lainnya ya.

Anda mungkin menyukai postingan ini