Pengertian dan Sejarah Bahasa Pemrograman Ruby

Pengertian dan Sejarah Bahasa Pemrograman Ruby



Pengertian dan Sejarah Bahasa Pemrograman Ruby - Apakah sobat Ruangcoder sudah mengetahui tentang bahasa  pemrograman yang satu ini? yaps Ruby, atau bahkan sobat merupakan salah satu penggemar bahasa pemrograman yang satu ini? Ruby ini sangat populer karena banyak yang mengatakan bahwa ruby sangat cantik dan artistik. Banyak yang bilang juga kalo ruby ini praktis dan mudah. Kali ini admin akan membahas tentang ruby nih sobat.

Pengertian Ruby

Ruby adalah bahasa pemrograman open source dinamis berbasis script berorientasi objek. Ruby juga mudah dimengerti, produktif, sangat fleksibel yang mana bagus untuk sobat yang masih pemula.Tujuan ruby untuk menggabungkan kelebihan dari semua bahasa-bahasa pemrograman script yang ada di dunia. Ruby ditulis dengan bahasa pemrograman C dengan kemampuan dasar seperti Perl dan Python sobat. Sintaks Ruby elegan, natural, mudah dibaca dan ditulis.

Ruby dikembangkan oleh Yukihiro Matz Matsumoto dan dirilis pertama kali pada tahun 1995, dengan versi yang lebih baru dirilis pada tahun 2011. Ruby saat ini semakin populer terutama ketika digunakan dengan Framework Rails. Ruby mendukung beberapa paradigma pemrograman, termasuk pemrograman prosedural, Pemrograman berorientasi objek, dan fungsional. Menurut Matsumoto, Ruby dipengaruhi oleh Perl, Smalltalk, Eiffel, Ada, Basic, dan Lisp

Banyak platform yang dibangun dengan menggunakan bahasa Ruby yaitu Hulu, Groupon, Airbnb, dan bahkan Twitter. Tentunya disebabkan karena kelebihan bahasa pemrograman Ruby tersebut.

Idealisme Pencipta Ruby

Ruby merupakan sebuah bahasa yang seimbang. Matz menggabungkan bagian-bagian dari bahasa-bahasa favorit nya antara lain Perl, Smalltalk, Eiffel, Ada dan Lisp untuk membentuk sebuah bahasa baru yang seimbang antara pemrograman fungsional dengan pemrograman imperatif.

Matz sering mengatakan bahwa ia sedang mencoba membuat Ruby natural, bukan sederhana, dengan cara membuatnya mirip dengan kehidupan nyata. Berprinsip pada hal ini, Matz menambahkan bahwa penampilan Ruby dari luar sederhana, tetapi sangat rumit di bagian dalam, seperti badan manusia kita ini.

Sejarah Ruby

Penulisan Ruby pertama kali dimulai pada tahun 1993. Yukihiro Matsumoto mengatakan ia ingin menciptakan Bahasa Script berorientasi objek (object Oriented). Matsumoto menggambarkan desain Ruby dengan Inti sesimpel bahasa Lisp, dengan sistem objek seperti Smalltalk, dan Utilitas praktis layaknya Perl.

Nama Ruby itu sendiri awalnya berasal dari sesi chat online antara Matsumoto dan Ishitsuka pada 24 Februari 1993, dimana saat itu belum ada code yang ada pada program ruby. Rilisan pertama Ruby 0.95 diumumkan pada newsgroup domestik Jepang pada tanggal 21 Desember 1995. Lalu, tiga versi Ruby dirilis dalam dua hari. Rilis ini bertepatan dengan peluncuran Ruby list Mailing list dalam bahasa Jepang, yang merupakan mailing list pertama untuk bahasa pemrograman baru.

Dan di tahun 2004, David Heinenmeier membawa Program Ruby menuju tingkat yang lebih tinggi lagi. Ia menciptakan Framework Rails menggunakan bahasa Ruby. Framework Rails inilah yang menjadi alasan utama Ruby menjadi Bahasa Program dengan jumlah komunitas terbesar kelima berddasarkan survey Github.

Saat ini Ruby telah berkembang nggak cuma di Jepang aja loh sobat, tapi diseluruh dunia. Pada tahun 2006 tepat nya di bulan Agustus, Macintosh telah berkerja sama dengan mengintegrasikan Ruby on Rails pada Mac OS X v10.5 Leopard yang telah diluncurkan pada bulan Oktober 2007.

Apa Saja Kelebihan dari Ruby ?

  • Ruby memiliki sintaks yang sederhana.
  • Memiliki exception handling yang baik.
  • Ruby merupakan Bahasa Pemrograman Berorientasi Objek.
  • Mengusung konsep single inheritance.
  • Bersifat Open source atau gratis, yang artinya siapa saja dapat menggunakannya dengan cuma-cuma dan dapat ikut berpartisipasi mengembangkannya.
  • Ruby juga memiliki garbage collector yang secara otomatis akan menghapus informasi tak terpakai dari memori.

Sistem Operasi Apa Sajakah yang Didukung oleh Ruby:

  • Linux
  • Microsoft Windows 95/98/XP/NT/2000/2003/Vista
  • MacOS X v10.5 Leopard
  • BeOS
  • OS/2
  • Unix
  • Amiga
  • MorphOS
  • Acorn RISC OS
  • Syllable
  • Symbian OS

Penutup

Nah sobat juga bisa mengenal lebih lanjut tentang Ruby ini serta melihat dan mendownloaod dokumnetasi Ruby di situs resmi nya yaitu https://www.ruby-lang.org sekian pembahasan kali ini sobat, Semoga bermanfaat.

Anda mungkin menyukai postingan ini