Pengertian Visual Studio - Sejarah, Fitur, Fungsi, Kegunaan dan Manfaat

Pengertian Visual Studio - Sejarah, Fitur, Fungsi, Kegunaan dan Manfaat

Pengertian Visual Studio - Fungsi, Sejarah dan Manfaat
Pengertian Visual Studio - Fungsi, Sejarah dan Manfaat
Pengertian Visual Studio - Sejarah, Fitur, Fungsi, Kegunaan dan Manfaat  - Pada kesempatan kali ini admin bakal bahas tentang pengertian dan manfaatnya. Kalau sobat pernah mendengar, pada event Build 2015 kemarin, Microsoft memperkenalkan aplikasi baru yang ditujukan untuk developer. Aplikasi itu adalah Visual Studio Code. Visual Studio Code ini adalah aplikasi editor pertama yang dapat berjalan di cross-platform development seperti OS X, Ubuntu dan Windows.

Pengertian Visual Studio Code

Pengertian Visual Studio Code adalah sebuah perangkat lunak lengkap yang dapat digunakan untuk melakukan pengembangan aplikasi, baik itu aplikasi bisnis, aplikasi personal, ataupun komponen aplikasinya, dalam bentuk aplikasi console, aplikasi Windows, ataupun aplikasi Web.

Kode sumber Visual Studio Code berasal dari proyek VSCode perangkat lunak bebas dan sumber terbuka milik Microsoft yang dirilis di bawah Lisensi MIT yang permisif, namun binari yang dikompilasi adalah freeware untuk penggunaan apa pun. Dalam survei Pengembang Stack Overflow 2019, Visual Studio Code mendapat peringkat alat lingkungan pengembang paling populer, dengan 50,7% dari 87.317 responden mengklaim menggunakannya. 

Pastinya tidak semua programmer memakai sistem operasi besutan dari Microsoft. Maka dari itu, Microsoft memutuskan untuk merilis Visual Studio Code untuk dua sistem operasi lain yang nggak populer OS X dari Apple dan Linux. Target utama nya yaitu para web developer yang mengembangkan aplikasi web menggunakan ASP.NET dan Node.js. Selain Node.js VSCode juga mendukung  HTML, CSS, Less, Sass, dan JSON.

Sampai saat ini bahasa pemrograman yang mendukung fitur tadi adalah Batch, C++, Closure, Coffee Script, DockerFile, F#, Go, Jade, Java, HandleBars, Ini, Lua, Makefile, Markdown, Objective-C, Perl, PHP, PowerShell, Python, R, Razor, Ruby, SQL, Visual Basic, dan XML. Visual Studio Code ini support di banyak bahasa pemograman, dan editor ini nggak kalah loh sama editor lainnya seperti sublime. Karena Visual Studio Code ini juga memiliki fitur kayak syntax highlighting, customizable keyboard bindings, bracket matching dan snippets. 

VSCode ini sudah memiliki segudang fitur menarik loh. VSCode juga memiliki fitur IntelliSense yang cukup canggih. Fitur ini sangat terasa apabila sobat mengembangkan aplikasi web yang menggunakan HTML, CSS, JavaScript, JSON, Less, atau SASS. Fitur IntelliSense merupakan salah satu fitur yang membantu sobat di dalam menulis kode program melalui popup yang muncul secara otomatis pada saat sobat sedang mengetik dan menampilkan saran sintaks yang bisa sobat pilih.

Fitur lain yang tak kalah keren adalah sudah integrasinya version control git dalam VSCode. Dengan adanya fitur ini sobat dapat bisa mudah melakukan commit, melihat perubahan di repositori master maupun branch, bahkan VSCode akan memberikan penanda jika terjadi konflik pada repositori git sobat.

Sejarah Visual Studio Code

Visual Studio Code diumumkan pada 29 April 2015 oleh Microsoft pada konferensi Build 2015. Sebuah bangunan Pratinjau dirilis tak lama kemudian. 

Pada tanggal 18 November 2015, Visual Studio Code dirilis di bawah Lisensi Expat dan kode sumbernya dikirim ke GitHub . Dukungan perpanjangan juga diumumkan.

Pada 14 April 2016, Visual Studio Code lulus tahap pratinjau publik dan dirilis ke web.

Fitur Visual Studio Code.

  1. Cross platform – tersedia di macOS, Linux dan Windows artinya Kalian dapat bekerja pada sistem operasi manapun tanpa khawatir belajar coding tools yang sama untuk sistem yang berbeda-beda.
  2. Lightweight – tak perlu menunggu lama untuk memulai. Kalian mengontrol sepenuhnya bahasa, tema, debugger, commands dan lain-lainnya sesuai keinginan. Ini dapat dilakukan melalui extentions untuk bahasa populer seperti python, node.js, java dan lain-lainnya di Visual Studio Code Marketplace.
  3. Powerful editor – memfungsikan fitur untuk source code editing yang sangat produktif, seperti membuat code snippets, IntelliSense, auto correct, dan formatting.
  4. Code Debugging – salah satu fitur terkeren yang ditawarkan Visual Studio Code adalah membantu Kalian melakukan debug pada kode dengan cara mengawasi kode, variabel, call stack dan expression yang mana saja.
  5. Source control – Visual Studio Code memiliki integrated source control termasuk Git support in-the-box dan penyedia source code control lainnya di pasaran. Ini meningkatkan siklus rilis proyek Kalian secara signifikan.
  6. Integrated terminal – Tiada lagi multiple windows dan alt-tabs. Kalian dapat melakukan command-line task sekejap dan membuat banyak terminal di dalam editor.
Dan masih banyak lagi fitur yang tersedia di visual studio code.

Fungsi Visual Studio Code

Microsoft Visual Studio dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi dalam native code (dalam bentuk bahasa mesin yang berjalan di atas Windows) ataupun managed code (dalam bentuk Microsoft Intermediate Language di atas .NET Framework). Selain itu, Visual Studio juga dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi Silverlight, aplikasi Windows Mobile (yang berjalan di atas .NET Compact Framework).

Seperti yang kita tahu Microsoft visual studio atau biasa di sebut VB .Net atau Visual Basic merupakan salah satu aplikasi yang sering digunakan oleh para programmer, dan menjadi salah satu bahasa yang wajib dipelajari oleh berbagai kalangan, jika mereka ingin sukses di dunia komputer.

Kegunaan Microsoft Visual Studio 

Visual Studio (yang sering juga disebut VB) selain disebut sebuah bahasa pemrograman, juga sering disebut sebagai sarana (tool) untuk menghasilkan perogram-program aplikasi berbasiskan Windows. Beberapa kemampuan atau manfaat dari Visual Basic di antaranya seperti:

  1. Untuk membuat program aplikasi berbasiskan windows.
  2. Untuk membuat objek-objek pembantu program seperti, misalnya : kontrol ActiveX, file Help, aplikasi Internet dan sebagainya.
  3. Menguji program (debugging) dan menghasilkan program berakhiran EXE yang bersifat executable atau dapat langsung dijalankan.

Manfaat Visual Studio Code

  • Memiliki banyak plugins seperti Sublime Text atau Atom.
  • Sobat bisa menggunakan untuk berbagai bahasa pemrograman web seperti PHP, Python, Go, Node.js, JavaScript, TypeScript, dan lain-lain di Visual Studio Code.
  • Cross platform, bisa digunakan di Windows, MacOS, dan juga Linux.
  • Gratis dan Open source, sobat juga bisa mendapatkan kode program Visual Studio Code di Github.

Penutup

Jadi, itu dia sobat pengertian dan manfaat dari Visual Studio Code. Ohiya, Sobat bisa download Visual Studio Code ini di situs resminya https://code.visualstudio.com dan ini free alias GRATIS. Sekian pembahasan kali ini, Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya..

Anda mungkin menyukai postingan ini