Pengertian Eclipse: Sejarah dan Kelebihannya

Pengertian Eclipse: Sejarah dan Kelebihannya

Pengertian Eclipse: Sejarah dan Kelebihannya
Pengertian Eclipse: Sejarah dan Kelebihannya

Pengertian Eclipse: Sejarah dan Kelebihannya pada artikel kali ini, Bagi programmer, dan mungkin dari sebagian sobat ruangcoder  Software ini sudah tidak asing lagi bagi kehidupannya , karna setiap saat sering berinteraksi dengan software ini , tetapi sangat jauh berbeda bagi kalangan orang yang baru mengenal komputer dan baru masuk kedalam dunia programmers, tapi jangan khawatir sobat, oleh karena itu pada kesempatan kali ini admin mau  jelasin tentang apa itu Eclipse.

Apa Itu Eclipse?

Eclipse adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment) untuk mengembangkan perangkat lunak dan dapat dijalankan di semua platform (platformindependent). Sebuah platform yang dirancang untuk membangun berbagai aplikasi yang dapat terintegrasi seperti website, mobile dan lain sebagainya. Sifat Eclipse open sourse yang biasanya digunakan untuk mengambangkan aplikasi berbasis java yang memungkinkan pengembang software untuk menciptakan lingkungan pengembangan yang disesuaikan (IDE). Sobat bisa mengembangkan dan mempelajari platform ini.

Eclipse menyediakan antarmuka pengguna (UI) Model umum untuk bekerja dengan tools yang lainnya. Hal ini dirancang untuk berjalan pada beberapa sistem operasi sambil memberikan integrasi yang kuat dengan masing-masing OS yang mendasarinya. Plug-in digunakan untuk program API portabel Eclipse dan berubah pada salah satu sistem operasi yang didukung.

Saat ini, Eclipse merupakan salah satu IDE favorit pastinya karena gratis dan open source. Open source yang artinya setiap orang boleh melihat kode pemrograman perangkat lunak ini. Selain itu, kelebihan dari Eclipse yang menjadikannya populer adalah kemampuannya untuk bisa dikembangkan oleh pengguna dengan membuat komponen yang disebut plugin.

Apa Saja Kelebihan dari Eclipse?

Ini dia sobat, Eclipse juga memiliki sifat-sifat tertentu yang sekaligus menjadi kelebian dari eclipse,  yaitu :

  • Multi-platform, yaitu Target sistem operasi dari Eclipse adalah Microsoft Windows, Linux, Solaris, AIX, HP-UX dan Mac OS X.
  • Mulit-language, yaitu, Eclipse dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java, tetapi Eclipse mendukung pengembangan aplikasi berbasis bahasa pemrograman lain juga seperti C/C++, Cobol, Python, Perl, PHP, dan lain sebagainya.
  • Multi-role, yaitu Selain sebagai IDE untuk pengembangan aplikasi. Eclipse juga bisa dipakai untuk aktivitas dalam siklus pengembangan perangkat lunak yaitu dokumentasi, pengujian perangkat lunak, pengembangan web, dan lainnya.

Sedangkan konsep Eclipse adalah IDE adalah :

  1. terbuka (open),
  2. mudah diperluas (extensible) untuk apa saja.
  3. tidak untuk sesuatu yang spesifik.
Eclipse bukan cuma untuk mengembangkan program Java , Tapi sobat juga bisa menggunakan eclipse untuk berbagai macam keperluan. Perluasan apapun cukup dengan menginstal plug-in
yang dibutuhkan.

Kalau ingin mengembangkan program C/C++ maka ada plug-in CDT (C/C++ Development Tools) yang bisa dipasang di Eclipse untuk Eclipse menjadi perangkat untuk pengembangan C/C++. 

Sejarah Eclipse 

Awalnya eclipse dikembangkan oleh IBM untuk menggantikan perangkat lunak pengembangan IBM Visual Age for Java 4.0. Eclipse diluncurkan oleh IBM pada tanggal 5 November 2001. IBM menginvestasikan US$ 40 juta untuk pengembangannya. Dari 5 November 2001, konsorsium Eclipse Foundation mengambil alih pengembangan Eclipse lebih lanjut.

Versi eclipse 

Dari tahun 2006, Eclipse Foundation mengkoordinasikan peluncuran Eclipse secara rutin yang dikenal dengan nama Simultaneous Release. Setiap peluncuran terdiri dari Eclipse Platform dan sejumlah proyek yang terlibat dalam proyek Eclipse. Tujuan sistem ini adalah untuk menyediakan distribusi Eclipse dengan fitur-fitur dan versi yang terstandardisasi.  Salah satu tujuannya adalah untuk Mempermudah deployment dan maintenance untuk sistem enterprise, serta untuk kenyamanan. Peluncuran simultan ini dijadwalkan yaitu pada bulan Juni setiap tahunnya. 
  • Eclipse 3.0 diluncurkan pada 28 Juni 2004 Platform  3.0
  • Eclipse 3.1  diluncurkan pada 28 Juni 2005  Platform 3.1
  • Callisto diluncurkan pada 30 Juni 2006  Platform 3.2
  • Europa diluncurkan pada  29 Juni 2007  Platform 3.3
  • Ganymede  diluncurkan pada  25 Juni 2008  Platform 3.4
  • Galileo diluncurkan pada 24 Juni 2009  Platform 3.5
  • Helios  diluncurkan pada 23 Juni 2010  Platform 3.6

Penutup

Nah sobat, penjelasan diatas tadi itu merupakan artikel Pengertian Eclipse: Sejarah dan Kelebihannyadan juga versinya. Semoga Bermanfaat.

Anda mungkin menyukai postingan ini