Pengertian Mircrosoft Excel: Sejarah, Rumus & Fungsi Ms Excel

Pengertian Mircrosoft Excel: Sejarah, Rumus & Fungsi Ms Excel

Pengertian Mircrosoft Excel: Sejarah, Rumus & Fungsi Ms Excel
Pengertian Mircrosoft Excel: Sejarah, Rumus & Fungsi Ms Excel
Pengertian Mircrosoft Excel: Sejarah, Rumus & Fungsi Ms Excel - Sobat harus tau bagaimana sejarah, apa saja rumus - rumus Excel, dan apa sih fungsi utama Microsoft Excel? Umumnya sih Excel ini dipake buat mengolah angka ya sobat. Kayak penjumlahan, pengurangan, nilai rata-rata, max, min. Pasti sobat tau kan Microsoft Excel? Nah, jangan cuma tau aja nih Microsoft Excel yang sering kita pakai dan temukan di berbagai macam instansi seperti sekolah, perusahaan, dll. Nah untuk tau selengkapnya, nih admin jelasin..

Pengertian Microsoft Excel

Sebelum masuk ke yang lainnya, pertama admin akan bahas tentang Pengertian Microsoft Excel. Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja yang di khususkan untuk melakukan pengolahan angka dibuat oleh Microsoft Corporation yang bisa dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS.  Microsoft Excel merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office dan merupakan bagian dari Microsoft Office System. Fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif yang dimiliki Excel ini lah yang menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Sekarang program ini adalah program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak loh sobat, platform PC berbasis Windows bahkan platform Macintosh berbasis Mac O.  

Aplikasi ini dikenal juga Microsoft Office Excel, MS. Excel atau sering disebut 'Excel' aja. Tergantung sobat nyebutnya apa sih, tapi yang terpenting intinya adalah mengarah pada Microsoft Excel. Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang digunakan untuk mengelola data secara otomatis melalui operasi penghitungan dasar (+-:x), penggunaan rumus-rumus dan fungsi yang hasilnya bisa sobat atur mau ditampilkan dalam bentuk angka, tabel ataupun grafik.

Di Dalam Excel terdapat Spreadsheet (lembar kerja) yang terdiri dari sel-sel berupa kolom dan baris untuk menempatkan data jadi nantinya data tersebut mudah diolah melalui eksekusi perintah-perintah yang telah disediakan. contohnya kayak sum, average, vlookup dll. 
Jumlah Sel Microsoft Excel :
  • Excel 2003 ke bawah, yaitu Excel 1995, Excel 1997Excel 2000, Excel 2002/XPExcel  2003 : 65.536 baris dan 256 kolom
  • Excel 2007 ke atas, yaitu Excel 2007Excel 2010, Excel 2013Excel 2016 : 1.048.576 baris dan 16.384 kolom.
Saat ini admin masih memakai Micrososft Excel 2010 ya sobat. Jadi jumlah barisnya ada 1.048.576 dan kolomnya 16.384 17.179.869.184 Sel. Banyak juga ya hehe

Jumlah Sel Microsoft Excel 2013
Jumlah Sel Microsoft Excel 2010

Sejarah Singkat Microsoft Excel

Pertama kali diluncurkan pada tahun 1985, tapi cuma tersedia untuk sistem operasi Mac OS atau Macintosh, namanya masih hanya Excel saja, tanpa Microsoft di depannya. Perusahaan Microsoft sempat dituntut perusahaan lainnya yang juga bergerak pada bidang finansial yang juga mengeluarkan produk yang dinamai Excel pada awal awal peluncuran Excel. Tuntutan itu Microsoft dikalahkan perusahaan tersebut dan baru deh berganti nama menjadi Microsoft Excel. Dan akhirnya pihak Microsoft membeli nama software dari perusahaan penuntut tersebut untuk memastikan tidak ada masalah persoalan nama Excel dikemudian hari.

Microsoft meluncurkan Excel untuk sistem operasi Windows yang dinamakan Excel versi 2.0 Pada tahun 1987.  Pada waktu itu Microsoft Excel berhasil mendahului pesaing beratnya untuk jenis aplikasi sejenis, yaitu lotus 1-2-3 yang terlambat mengeluarkan versi windowsnya dan masih menggunakan MS-DOS. Akhirnya pesaing itu berhasil di geser oleh Excel dan  Excel menjadi salah satu software spreadsheet yang sangat populer dan handal dipasaran pada tahun 1988. Wow hebat yaa..

saat pertama kali di sahkan ke dalam Microsoft Office di tahun 1993,  Microsoft Excel di desain ulang oleh Microsoft tampilan antar muka nya yang digunakan oleh Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk mencocokkan dengan tampilan Microsoft Excel, nah pada waktu itulah Microsoft Excel jadi aplikasi spreadsheet yang paling disukai. Keberhasilan tersebut menjadikan semangat mengembara mereka untuk selalu berkembang dan terus mengeluarkan versi-versi terbaru.
Excel telah memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA) sejak tahun 1993, bisa menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan menambahkan fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna (user-defined functions/UDF) untuk digunakan di dalam worksheet.

Untuk memudahkan programmer untuk melakukan pembuatan program buatannya, Microsoft menambahkan sebuah integrated development environment (IDE) untuk bahasa VBA Excel setelahnya. Excel juga bisa merekam semua aktifitas yang dilakukan sobat untuk menjadi macro, sehingga mampu melakukan automatisasi beberapa tugas.

Fungsi Utama Microsoft Excel

Umum Microsoft Excel memang berfungsi untuk melakukan perhitungan seperti penjumlahan, perkalian, sum, mencari nilai rata - rata. Nah di bawah ini yang merupakan fungsi utama Microsoft Excel :

Bisa digunakan untuk Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisis, meringkas, dan 
   memformat data serta grafik.
Bisa digunakan untuk Membuat catatan keuangan dan anggaran keuangan.
Digunakan untuk Menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris, dll.
Melakukan analisis dan riset harga.
Melakukan perhitungan statistika.
Membantu berbagai sektor bisnis untuk mempermudah melakukan laporan keuangan.
Memudahkan membuat daftar nilai sekolah maupun universitas.
Sobat juga bisa mengkonversi mata uang di Excel.
Membuat grafik persamaan matematika.
Membuat program Excel dengan Visual Basic.
Melakukan penelitian dengan berbagai metode penelitian.
Sarana pembelajaran komputer dan logika.

Selain Fungsi – fungsi diatas, Program Ms Excel juga biasa digunakan sebagai pencatatan data-data dalam bentuk teks sobat. Misalnya data pegawai, barang dan sebagainya. Hal yang membuat Excel cukup terkenal adalah kelengkapan fitur Formulas dan Functions yang lebih kita kenal dengan istilah rumus excel. Formula dan fungsi ini bisa membantu sobat dalam mengerjakan beragam proses perhitungan data secara cepat, tepat dan semi otomatis.

Di Microsoft excel sobat bekerja dengan system workbook, di dalam workbook terdapat worksheet atau lembar kerja yang biasanya disebut sheet. Jadi gampangnya gini sobat, workbook adalah sebuah buku, maka worksheet adalah lembaran-lembaran kertas dalam buku tersebut. Nah, Pada worksheet ini sobat bekerja dengan menggunakan kolom dan baris yang membentuk kotak kecil-kecil berupa sel-sel (cells) tempat sobat untuk memasukkan data. 

Excel juga memiliki fungsi yang sangat beragam sobat. Berikut ini admin jelasin fungsi lain beserta rumus yang ada didalam Excel :

1. Fungsi Kompatibilitas

Fungsi yang satu ini adalah Penghitungan kompatibilitas. Tapi cuma bisa didapat pada pengguna Excel 2010 atau versi terbarunya. Fungsi kompatibilitas memberikan hasil yang lebih akurat. Rumus yang ada dalam fungsi ini adalah BETADIST, BETAINV, BINOMDIST, CHIDIST, CHIINV, CHITEST, CONCATENATE, COVAR, CRITIBINOM, EXPONDIST, FDIST, FINV, FLOOR, FORECAST, FTEST, GAMMADIST, HYPEGEOMDIST, dan lain-lain.

2. Penghitungan Database

Excel juga akrab di kalangan para programmer loh sobat. Excel sering digunakan untuk penghitungan database.  Dalam fungsi ini terdapat rumus DAVERAGE, DCOUNT, DCOUNTA, DGET, DMAX, DMIN, DPRODUCT, DSTDEV, DSUM, DVAR, dan DVARP.

3. Membantu Penghitungan Waktu dan Tanggal

Penggunaan tanggal dan waktu dalam sejumlah program atau proyek tertentu memiliki andil yang besar. Hal ini pun juga melibatkan data berupa angka yang harus dimasukkan secara hati-hati dan sesuai dengan data. Rumus yang dalam fungsi ini DATE, DATEDIF, DATEVALUE, DAY, DAYS, DAYS360, EDATE, EOMONTH, HOUR, ISOWEEKNUM, MINUTE, MONTH, NETWORKDAYS.

4. Membantu Para Engineer

Selain dapat digunakan pada komputer dengan sistem Windows, Linux mau pun DOS, program satu ini juga menjadi program paling efektif dan efisien. Bahkan, Excel bisa menjalankan sejumlah perintah yang dipilih oleh para engineer, seperti BESSELI, BESSEIJ, BESSELK, BESSELY, BIN2DEC, BIN2HEX, BIN2OCT, BITAND, OCT2BIN, OCT2DEC, OCT2HEX.

5. Program Termudah untuk Penghitungan Finansial

Excel juga bisa digunakan untuk membantu sobat dalam penghitungan finansial. Para akuntan lebih sering menggunakan Excel dalam mengolah data keuangan. Rumus yang bisa digunakan untuk mempercepat penghitungan finansial dengan program Excel, antara lain ACCRINT, ACCRINTM, AMORDEGRC, AMORLINK, COUPDAYSBS, COPUDAYS, COUPNUM, NPER, NOMINAL.

Ternyata banyak juga kan sobat fungsi Microsoft Excel, Maka dari itu Microsoft Excel ini sangat bermanaaf bagi semua kalangan. Wajar saja sih, Excel ini menjadi aplikasi favorit dan merupakan aplikasi yang populer. Nah setelah udah tahu tentang pengertian, sejarah, rumus dan fungsi Microsoft Excel, di lain kesempatan admin bakal bahas satu persatu mengenai rumus rumus excel. Terimakasih,Semoga Bermanfaat.

Anda mungkin menyukai postingan ini