Pengertian MySQL - Fungsi, Sejarah, Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian MySQL - Fungsi, Sejarah, Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian MySQL - Fungsi, Sejarah, Kelebihan dan Kekurangan
Pengertian MySQL - Fungsi, Sejarah, Kelebihan dan Kekurangan


Pengertian MySQL - Fungsi, Sejarah, Kelebihan dan Kekurangan, Sobat, Sebuah website tentu nya membutuhkan database server untuk menampung berbagai macam informasi. Data yang dibutuhkan oleh website seperti username, password, font, URL, dan sejenisnya. MySQL adalah salah satu sistem manajemen database yang biasa digunakan untuk mengelola data tersebut. Jika dulu biasanya orang menggunakan Microsoft Excel untuk melakukan sorting data dalam database. Saat ini Mysql memiliki fungsi yang lebih lengkap untuk manajemen database kalian. Bahkan, Mysql dapat mengolah ribuan data dengan cepat. Selain sobat dapat melakukan eksport data dari aplikasi hanya menggunakan mysql. Yuk , silahkan di simak penjelasannya sobat.

Pengertian MySQL

MySQL adalah sebuah database management system dengan menggunakan perintah dasar SQL (Structured Query Language) yang cukup terkenal.  MySQL multi pengguna dan multi alur, sudah dipakai lebih dari 6 juta pengguna di seluruh dunia.

MySQL merupakan DBMS open source dalam dua bentuk lisensi, diantaranya Free Software (perangkat lunak bebas) dan Shareware (perangkat lunak berpemilik yang penggunaannya terbatas). MySQL juga bisa dibilang database server yang gratis dengan lisensi GNU General Public License (GPL) sehingga dapat sobat pakai untuk keperluan pribadi sobat atau komersil tanpa harus membayar lisensi yang ada.

 MySQL ini masuk ke dalam jenis RDBMS (Relational Database Management System). Karena itu, istilah seperti baris, kolom, tabel, digunakan pada MySQL. Misalkan di dalam MySQL sebuah database terdapat satu atau beberapa tabel.

Sejarah MySQL

MySQL adalah pengembangan lanjutan dari proyek UNIREG yang dikerjakan oleh Michael Monty Widenius dan TcX (perusahaan perangkat lunak asal Swedia).

Sayangnya, UNIREG belum terlalu kompatibel dengan database dinamis yang dipakai di suatu website. TcX kemudian mencari alternatif lain dan menemukan perangkat lunak yang dikembangkan oleh David Hughes, yaitu miniSQL atau mSQL. Namun, ditemukan masalah lagi karena mSQL tidak mendukung indexing sehingga belum sesuai dengan kebutuhan TcX.

Pada akhirnya muncul kerjasama antara pengembang UNIREG (Michael Monty Widenius), mSQL (David Hughes), dan TcX. Kerjasama ini bertujuan untuk mengembangkan sistem database yang baru, dan pada 1995 dirilislah MySQL seperti yang dikenal saat ini. Saat ini pengembangan MySQL berada di bawah Oracle.

Kelebihan dan Kekurangan MySQL

Setelah mempelajari pengertian MySQL dan sejarahnya, ada baiknya jika Kalian juga mengetahui kelebihan dan kekurangannya juga.

Meskipun menjadi database yang cukup populer, MySQL tentu mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan database server lainnya. Salah satu kekurangan MySQL adalah performanya turun di saat beberapa database manajemen sistem mampu bekerja baik pada pengelolaan database yang besar.

Adapun kelebihan dan kekurangan MySQL lain, di antaranya:

Kelebihan MySQL

MySQL mempunyai beberapa kelebihan yang bisa Kalian manfaatkan untuk mengembangkan perangkat lunak yang Kalian seperti:
  1. Mendukung Integrasi Dengan Bahasa Pemrograman Lain.
  2. Website atau perangkat lunak terkadang dikembangkan dengan menggunakan berbagai macam bahasa pemrograman, jadi Kalian tidak perlu khawatir jika menggunakan MySQL. Maka dari itu, MySQL bisa membantu Kalian untuk mengembangkan perangkat lunak yang lebih efektif dan tentu saja lebih mudah dengan integrasi antara bahasa pemrograman.

  3. Tidak Membutuhkan RAM Besar.
  4. MySQL dapat dipasang pada server dengan spesifikasi  kecil. Jadi tidak perlu khawatir jika Kalian hanya mempunyai server dengan kapasitas 1 GB karena Kalian masih bisa menggunakan MySQL sebagai database Kalian.

  5. Mendukung Multi User.
  6. MySQL dapat dipakai oleh beberapa user dalam waktu  bersamaan tanpa membuatnya crash atau berhenti bekerja. Ini dapat Kalianmanfaatkan ketika mengerjakan proyek yang sifatnya tim  sehingga seluruh tim dapat bekerja dalam waktu bersamaan tanpa harus menunggu user lain selesai.

  7. Bersifat Open Source
  8. MySQL adalah sistem manajemen database gratis. Meskipun gratis, bukan berarti database ini mempunyai kinerja buruk. Apalagi lisensi gratis yang dipakai adalah GPL di bawah pengelolaan Oracle sehingga kualitasnya termasuk baik. Selain itu, Kalian juga tidak perlu khawatir jika terjadi masalah karena banyak komunitas dan dokumentasi yang membahas soal MySQL.

  9. Struktur Tabel yang Fleksibel.
  10. MySQL mempunyai struktur tabel yang mudah dipakai dan fleksibel. Contohnya saat MySQL memproses ALTER TABLE dan lain sebagainya. Jika dibandingkan dengan database lain seperti Oracle dan PostgreSQL, MySQL tergolong lebih mudah.

  11. Tipe Data yang Bervariasi.
  12. Kelebihan lain dari MySQL adalah mendukung berbagai macam data yang bisa Kalian gunakan di MySQL. Contohnya float, integer, date, char, text, timestamp, double, dan lain sebagainya. Jadi manajemen database sistem ini sangat membantu Kalian untuk mengembangkan perangkat lunak yang berguna untuk pengelolaan database di server.

  13. Keamanan yang Terjamin.
  14. Open source bukan berarti MySQL menyediakan keamanan yang buruk. Malah sebaliknya, MySQL mempunyai fitur keamanan yang cukup apik. Ada beberapa lapisan keamanan yang diterapkan oleh MySQL, seperti level nama host, dan subnetmask. Selain itu MySQL juga dapat mengatur hak akses user dengan enkripsi password tingkat tinggi.

Kekurangan MySQL

Sayangnya, meskipun memiliki segudang kelebihan, masih ada beberapa kelemahan yang dimiliki oleh MySQL sehingga Kalian perlu mempertimbangkannya juga sebelum memakainya.
  1. Kurang Cocok untuk Aplikasi Game dan Mobile
  2. Kalian yang ingin mengembangkan aplikasi game atau perangkat mobile ada baiknya jika mempertimbangkan lagi jika ingin menggunakan MySQL. Kebanyakan pengembang game maupun aplikasi mobile tidak menggunakannya karena memang database manajemen sistem ini masih kurang bagus dipakai untuk sistem aplikasi tersebut.

  3. Sulit Mengelola Database yang Besar
  4. Jika Kalian ingin mengembangkan aplikasi atau sistem di perusahaan dengan database yang cukup besar, ada baiknya jika menggunakan database manajemen sistem selain MySQL. MySQL dikembangkan supaya ramah dengan perangkat yang mempunyai spesifikasi rendah, itulah mengapa MySQL tidak memiliki fitur yang lengkap seperti aplikasi lainnya

  5. Technical Support yang Kurang Bagus
  6. Sifatnya yang open source terkadang membuat aplikasi tidak menyediakan technical support yang memadai. Technical support MySQL diklaim kurang bagus. Hal ini membuat pengguna kesulitan. Apalagi jika pengguna mengalami masalah yang berhubungan dengan pengoperasian perangkat lunak tersebut dan membutuhkan bantuan technical support.

Fungsi MySQL 

MySQL memiliki berbagai macam fungsi, fungsinya sebagai wadah penyimpanan string data, Gambar, media, audio, file-file, hal-hal yang seharusnya nggak perlu untuk disimpan dalam database. Mysql bisa juga membantu sobat dalam membuat beberapa project seperti:
  • Jaringan Sosial dan Omunitas
  • Guestbook
  • Situs Blog
  • Custom Database Driver Website Dinamis (seperti develop  PHP)
  • E-commerce dan Pemrograman Custom Toko Online
  • Seluruh Website Dinamis
  • Klien dan informasi Pelanggan

Penutup

Sobat bisa download MySQL secara free alias gratis di situs https://www.mysql.com/ , Sekian penjelasan dan fungsi dari MySQL. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk sobat.

Anda mungkin menyukai postingan ini