Pengertian NetBeans: Sejarah, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian NetBeans: Sejarah, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian NetBeans: Sejarah, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya
Pengertian NetBeans: Sejarah, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian NetBeans: Sejarah, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya
. Netbeans ini sendiri merupakan salah satu software yang sering digunakan dalam dunia programmer atau developer. Tentu bukanlah sebagai teks editor biasa saja, nah mimin akan ulas penjelasannya secara singkat dibawah ini agar kalian paham.

Pengertian Netbeans

Netbeans adalah suatu aplikasi IDE (Integrated Development Environment) yang berbasis pada bahasa Java dan berjalan diatas Swing. Maksudnya Swing ini sendiri adalah suatu teknologi yang memungkinkan untuk pengembangan aplikasi desktop yang dimana nantinya dapat berjalan di berbagai macam platform seperti contohnya dari Windows, Mac OS, Linux dan Solaris.

Sedangkan Integrated Development Environment suatu sistem pemrograman atau development dan diintegrasikan kedalam suatu perangkat lunak. Netbeans menyediakan beberapa tools seperti Graphic User Interface (GUI), kode editor atau text, suatu compiler serta debugger. Hal ini akan lebih memudahkan kinerja para programmer seperti sobat atau developer yang menggunakan aplikasi Netbeans. Tidak hanya menunjang bahasa pemrograman Java saja, dengan menggunakan Netbeans anda juga dapat membuat atau mengembangkan program yang berbasis bahasa C, C++ atau bahkan dynamic language seperti PHP, JavaScript, Groovy, dan Ruby.

Netbeans merupakan suatu aplikasi kode terbuka (open source) yang cukup sukses dengan banyaknya pengguna serta komunitas yang terus bertambah di seluruh dunia serta saat ini sudah memiliki 100 mitra bisnis dan kemungkinan akan terus berkembang kedepannya. Sun Microsystems sebagai pihak sponsor utama dari Netbeans sudah mulai ada dan dikembangkan sejak tahun 2000 dan sampai saat ini terus melanjutkan kerjasamanya.

Sejarah NetBeans

Sejarah dari Netbeans ini sendiri telah dimulai sejak tahun 1996 namun NetBeans saat itu masih disebut sebagai Xelfi (merujuk pada kata Delphi) yang merupakan suatu proyek dari Java IDE dimana dari sekelompok mahasiswa yang berasal dari Charles University dari Prague. Lalu pada tahun 1997 Stanek Romawi membentuk suatu perusahaan dengan tujuan untuk mengkaji proyek tersebut lebih lanjut sehingga akhirnya muncul lah NetBeans IDE versi komersial sampai pada akhirnya dibeli oleh Sun Microsystem pada tahun 1999 untuk kemudian dikembangkan lagi lebih lanjut dan bisa mendapatkan pencapaian sampai seperti saat ini.

Tentu ada juga Netbeans IDE dari versi 6.0 yang hadir dengan membawa suatu dukungan dalam hal mengembangkan suatu modul IDE dan proses  dari development yang berdasarkan pada platform NetBeans, Java Swing GUI builder, meningkatkan suatu CVS dukungan, WebLogic 9 dan JBoss 4 serta penggunaan editor yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Netbeans versi ini pun juga sudah tersedia dalam repository resmi dari Linux. Jadi para pengguna Linux juga tentu dapat menggunakannya.

Perlu sobat ruangcoder katahui juga Hingga saat ini Netbeans sudah mengalami beberapa kali pengembangan mulai dari penambahan instant messaging, dukungan untuk pengembangan suatu aplikasi berbasis web dengan PHP 5.3, framework Symfony, Zend Framework dan lain – lain. Didukung juga dengan adanya navigasi kode lebih mudah dan refactoring dalam beberapa bahasa. Kedepan tentunya apikasi ini akan terus berkembang dan tentu menjadi lebih baik.

Fungsi NetBeans

Suatu aplikasi Netbeans memiliki fungsi yang sangat penting dan wajib ada bagi setiap programmer seperti sobat, yakni sebagai media untuk menulis, melakukan compile dan mencari error pada program yang berbasis bahasa Java, C/C++, dan bahkan dynamic languages seperti PHP, JavaScript, Groovy, serta Ruby. Dengan fungsinya yang multi language ini Netbeans juga bisa sobat manfaatkan untuk menghasilkan suatu program yang berjalan dekstop, web, enterprise, serta mobile.

Untuk fitur – fitur yang ada pada Netbeans dimana yang teridiri dari Smart Code Completion yang dapat memberi saran kepada programmer seperti sobat, untuk nama variabel dari suatu type, parameter dari suatu method serta melengkapi keyword. Ada juga Bookmarking untuk memberi sobat tanda pada baris kode yang suatu saat akan sobat modifikasi. Lalu ada juga Go to Commands yang membantu sobat untuk jump ke deklarasi variabel, source code atau file dalam project yang sama, selain itu masih banyak lagi fitur yang tersedia dari Netbeans.

Kelebihan dan Kekurangan NetBeans

Sebagai aplikasi khusus bagi pemrograman seperti Netbeans tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan dalam pengoperasian. Bagi anda yang baru akan mencoba menggunakan tentunya harus memahami hal ini dan menyiasatinya. Untuk kelebihan dan kekurangannya adalah seperti dibawah ini :

Kelebihan Netbeans

  1. Aplikasi atau Software Netbeans ini merupakan free (gratis) yang dapat sobat download pada laman website resminya atau pihak ketiga yang bisa sobat cari sendiri di internet. Termasuk open source juga.
  2. Perusahaan yang bernama Sun Microsystem yang merupakan pengembang Swing dapat membuat sebuah aplikasi Netbeans ini sangat kompatibel dengan Swing juga. Sehingga menjadi salah satu aplikasi development penghasil program yang dapat berjalan multi platform.
  3. Netbeans ini sendiri juga termasuk aplikasi development yang multi bahasa, karena selain compatible dengan Java Netbeans juga dapat digunakan untuk membangun suatu program dengan bahasa lain seperti contohnya dari C/C++, Ruby, dan PHP.
  4. Netbeans juga cocok untuk pengembangan sistem dengan skala Enterprise. Serta pada paket tertentu juga menyertakan GlassFish V2 UR2 dan Apache Tomcat 6.0.16 yang tentunya menjadi nilai tambah bagi para developer.

Kekurangan NetBeans

  1. Sebuah keuntungan sobat ketika Netbeans mensupport salah satu pengembangan Java GUI yakni Swing. Namun sayangnya diluar itu sebenarnya ada beberapa  Java GUI yang telah dikembangkan oleh Eclipse yakni yang terdiri dari SWT dan JFace yang sudah cukup populer namun belum disupport oleh Netbeans.
  2. Source code untuk Java GUI ini sendiri sudah dipatenkan oleh Netbeans dalam suatu Generated Code, sehingga para programmer dan developer seperti sobat tidak dapat merubah atau memodifikasi isinya secara manual.
  3. Dalam hal spesifikasi Netbeans juga tergolong cukup tinggi. Perlu ruang memory dan harddisk yang cukup agar dapat menggunakannya, selain itu penggunaan processornya juga harus diperhatikan agar dapat dijalankan secara optimal.

Penutup

Nah sobat itulah artikel Pengertian, Fungsi, Kelebihan, Kekurang dan Sejarah NetBeans yang kali ini dibahas yaitu tentang pengertian NetBeans beserta sejarah, fungsi, kelebihan dan kekurangan NetBeans sebagai IDE yang bisa sobat gunakan secara gratis.

Anda mungkin menyukai postingan ini