Pengertian SQLite - Sejarah dan Tipe Data

Pengertian SQLite - Sejarah dan Tipe Data



Pengertian dan Sejarah SQLite - Hallo sobat RuangCoder! Seperti yang sobat ketahui sudah banyak opsi media penyimpanan yang bisa sobat pakai untuk menyimpan data ke dalam aplikasi Android, nah kalo menggunakan database SQLite kayaknya opsi ini adalah salah satu opsi yang paling serbaguna dan praktis untuk sobat implementasikan nih. Kenapa bisa gitu? Karena database SQLite ini merupakan solusi penyimpanan yang baik jika sobat punya data terstruktur yang perlu diakses dan disimpan secara persisten dan sering ditelusuri dan diubah. Digukanakn sebahai Media penyimpanan utama untuk data aplikasi atau pengguna juga bisa loh sobat, atau digunakan untuk proses caching serta menyediakan data yang diambil dari cloud.

Pengertian SQLite 

SQLite merupakan sebuah sistem manajemen basisdata relasional yang bersifat ACID-compliant dan memiliki ukuran pustaka kode yang relatif kecil, ditulis dalam bahasa C. SQLite merupakan proyek yang bersifat public domain yang dikerjakan oleh D. Richard Hipp.

Inti SQLite bukanlah sebuah sistem yang mandiri yang berkomunikasi dengan sebuah program, tapi sebagai bagian integral dari sebuah program secara keseluruhan. Sehingga protokol komunikasi utama yang digunakan adalah melalui pemanggilan API secara langsung melalui bahasa pemrograman. Mekanisme ini bisa membawa keuntungan karena bisa mereduksi overhead, latency times, secara keseluruhan dan lebih sederhana. Sistem manajemen basis data relasional bersifat ACID-compliant dan punya ukuran pustaka kode yang relatif kecil, ditulis dalam bahasa C. SQLite.

Banyak bahasa pemrograman yang sudah mendukung SQLite ini loh, contohnya seperti C, C ++, BASIC, C#, Python, Java dan Delphi. Dukungan dari COM (ActiveX) menjadi C kan SQLite dapat diakses ke bahasa scripted di Windows kayak VBScript dan JavaScript, jadi akan bisa menambah kemampuan untuk aplikasi HTML. Dukungan terhadap database ini tersedia di sistem operasi embedded juga sih, seperti iOS, Android, Symbian OS, Maemo, Blackberry dan WebOS karena ukurannya yang kecil dan mudah digunakan. SQLite memiliki fitur relasional database, hampir sama dengan SQL pada desktop hanya saja SQLite membutuhkan memori yang sedikit sobat.

Tipe Data Apa Saja yang Didukung SQLite :

  • Numeric ( integer , float , double)
  • Text ( Char , varchar , text )
  • DATETIME
  • BLOB

Apa Saja Keunggulan SQLite :

  • Tidak memerlukan proses atau sistem server yang terpisah untuk beroperasi (Serverless).
  • SQLite hadir dengan zero-configuration, yang artinya nggak ada setup atau administrasi yang dibutuhkan.
  • Database nya lengkap disimpan dalam file tunggal yang tersimpan dalam disk serta bersifat cross-platform.
  • Sangat kecil dan ringan, kurang dari 400KiB untuk konfigurasi lengkap atau kurang dari 250KiB dengan fitur opsional dihilangkan.
  • SQLite bersifat mandiri, tidak ada dependensi eksternal.
  • Transaksi SQLite sepenuhnya sesuai dengan ACID, akses yang aman dari banyak proses.
  • Mendukung fitur bahasa query yang ditemukan dalam standar SQL92 (SQL2).
  • Ditulis dalam ANSI-C
  • Menyediakan API yang sederhana dan mudah digunakan.
  • SQLite tersedia di semua sistem operasi pada UNIX (Linux, Mac OS-X, Android, iOS) dan Windows (Win32, WinCE, WinRT).

Sejarah SQLite 

Sejarah SQLite - D. Richard Hipp dirancang SQLite di tahun 2000 saat bekerja untuk General Dynamics pada kontrak dengan Angkatan Laut Amerika Serikat . Hipp adalah merancang perangkat lunak yang digunakan di kapal rudal perusak dipandu kapal, Awalnya didasarkan pada HP-UX dengan IBM Informix database back-end. Tujuan desain dari SQLite sendiri adalah untuk memungkinkan program untuk dioperasikan tanpa menginstal sistem database manajemen atau administrasi. Lalu di bulan Agustus 2000, SQLite versi 1.0 dirilis berdasarkan gdbm (GNU Database Manager). SQLite 2,0 gdbm diganti dengan kustom B-pohon implementasi, menambahkan dukungan untuk transaksi. SQLite 3.0, sebagian didanai oleh America Online, menambahkan internasionalisasi , mengetik nyata , dan perbaikan besar lainnya. 

Contoh produk yang memakai SQLite adalah PHP, Firefox, Chrome, iPhone dan Android. Sqlite ini dipakai untuk menyimpan konfigurasi, bookmark dan history website di Browser firefox, sedangkan di smartphone android, SQLite dipakai untuk menyimpan contact. Contoh penggunaan lain bisa dilihat sobat lihat di http://www.sqlite.org/famous.html.

Penutup

SQLite adalah produk public domain. Artinya tidak punya lisensi, sobat boleh mengambil binary atau source codenya secara free / GRATIS. Jadi sobat boleh membuat software dengan lisensi suka suka sobat.  Sobat juga boleh mengopensourcekan atau mengkomersialkan itu bebas. Jika ingin mendownloadnya bisa sobat lakukan pada situs resminya http://www.sqlite.org. Semoga bermanfaat.

Anda mungkin menyukai postingan ini