Pengertian XAMPP - Fungsi, Sejarah, Versi dan Komponen

Pengertian XAMPP - Fungsi, Sejarah, Versi dan Komponen

Pengertian XAMPP - Fungsi, Sejarah, Versi dan Komponen
Pengertian XAMPP - Fungsi, Sejarah, Versi dan Komponen


Pengertian XAMPP - Fungsi, Sejarah, Versi dan Komponen - Selain mempelajari tentang pengertian XAMPP, di dalam artikel ini kalian juga akan diberikan penjelasan terkait fungsi-fungsi XAMPP, Sejarah, Komponen dan Versi XAMPP. Yuk langsung aja pada Pengertian dan Fungsi XAMPP  di bawah ini.

Pengertian XAMPP

XAMPP adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program. Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri, yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. XAMPP digunakan untuk membuat web server lokal di komputer. Hal ini memudahkan sobat dalam mengembangkan, mendesain, dan keperluan testing website.

 XAMPP biasanya dipakai untuk mencoba berbagai tema dan plugin WordPress, menguji fitur-fiturnya, dan mempelajari dasar-dasar WordPress. Dengan XAMPP, sobat nggak perlu khawatir mengubah kode inti program. Kalo ada error, itu nggak akan muncul di website online. 

Huruf yang ada di dalam nama XAMPP ada arti nya sendiri loh sobat, ini dia artinya :
  • X = Lintas Platform
  • Kode penanda untuk perangkat lunak lintas platform atau yang dapat berjalan di banyak sistem operasi.

  • A = Apache 
  • Apache adalah aplikasi web server yang dapat dikembangkan secara gratis dan dapat dikembangkan oleh banyak orang (open source).

  • M = MySQL / MariaDB 
  • MySQL atau MariaDB ini adalah aplikasi database server yang dikembangkan oleh orang yang sama. Basis data MySQL.

  • P = PHP
  • Huruf P ini merupakan akronim dari kata XAMPP. Inisial untuk menunjukkan eksistensi bahasa pemrograman PHP. Bahasa pemrograman ini digunakan untuk membuat situs web dinamis, contohnya dalam situs web berbasis CMS WordPress.

  • P = Perl
  • P yang kedua merupakan singkatan dari bahasa pemrograman Perl yang digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Perl ini bisa berjalan di banyak sistem Operasi sangat fleksibel dan banyak digunakan.

Sejarah XAMPP

XAMPP merupakan pengembangan dariLAMP (Linux Apache, MySQL, PHP and PERL), XAMPP ini merupakan project non-profit yang dikembangkan oleh Apache Friends yang didirikan Kai 'Oswalad' Seidler dan Kay Vogelgesang pada tahun 2002, project mereka ini bertujuan mempromosikan pengunaan Apache web server.

Bagian-bagian yang penting pada XAMPP :

  1. Htdocs

  2. Htdocs merupakan nama suatu folder bagian dari XAMPP yang mengerjakan untuk menyimpan berbagai file dan dokumen yang akan membutuhkan kedalam situs web. Kapasitas penyimpanan di dalam menu htdocs sendiri bergantung pada harddisk yang terpasang pada perangkat komputer.

  3. Control Panel

  4. Control Panel memberikan sobat akses lebih banyak dalam database, mengunggah file, atau melakukan pengaturan lebih detail terkait jeroan website. Dari dalam Control Panel sobat juga bisa menghentikan dan membintangi aplikasi XAMPP agar tidak memberatkan kinerja komputer.

  5. PhpMyAdmin

  6. Sama seperti fungsi PhpMyAdmin pada web hosting yang sebenarnya, peran PhpMyAdmin dalam aplikasi XAMPP juga diplot sebagai pengatur pengaturan MySQL. Untuk membuka phpMyAdmin di XAMPP versi Anda bisa langsung mengetikkan URL http://localhost/phpMyAdmin

Fungsi XAMPP 

XAMPP dapat digunakan untuk mendapatkan fitur baru atau konten yang ada di dalam situs tanpa harus terkoneksi dengan internet, atau offline. XAMPP bekerja seperti offline web hosting biasa tapi tidak bisa diakses oleh banyak orang.  XAMPP biasanya banyak digunakan oleh para pelajar atau pelajar untuk melihat hasil desain website sebelum akhirnya dibuat online menggunakan web hosting. Selain itu, fungsi XAMPP adalah :
  1. Setting Database phpMyAdmin

  2. Sobat bisa mengakses halaman phpMyAdmin menggunakan XAMPP. Sama seperti saat sobat menggunakan hosting atau VPS, sobat akan membutuhkan phpMyAdmin untuk mengedit, menghapus, menambah database, dan menambahkan user.

  3.  Install WordPress Offline

  4. Fungsi XAMPP untuk menjalankan Apache, MariaDB, dan PHP pada localhost atau komputer tanpa harus ada koneksi internet. XAMPP mempermudah pekerjaan frontend dan backend developer. Karena bisa melakukan testing pada program sebelum nantinya akan diupload ke server online website.

  5. Menjalankan Laravel Pada Komputer

  6. Dengan menjalankan Laravel pada localhost komputer sobat menggunakan XAMPP, sobat jadi lebih mudah untuk memodifikasi script dan membuat fitur baru website tanpa harus takut merusak kode inti website yang ada di server.

Penutup

Nah sobat, itulah artikel yang admin bahas tentang Pengertian XAMPP - Fungsi, Sejarah, Versi dan Komponen sebagai salah satu perangkat lunak pendukung untuk membantu proses belajar para pengembang web pemula. Jika sobat ingin mendownload XAMPP, sobat bisa download di situs resminya yaitu https://www.apachefriends.org/download.html

Anda mungkin menyukai postingan ini