Perbedaan Workbook Dan Worksheet Pada Microsoft Excel

Perbedaan Workbook Dan Worksheet Pada Microsoft Excel


Perbedaan Workbook Dan Worksheet Pada Microsoft Excel
Perbedaan Workbook Dan Worksheet Pada Microsoft Excel
Perbedaan Workbook Dan Worksheet Pada Microsoft Excel  - Kembali lagi nih sobat dengan pembahasan tentang Microsoft Excel. Nah sekarang admin mau bahas detail nya tentang Perbedaan Workbook Dan Worksheet Pada Microsoft Excel, Setelah kesempatan yang lalu admin membahas Pengertian, Sejarah, Rumus & Fungsi Microsoft Excel. Apa sih beda nya? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Untuk mengerjakan suatu pekerjaan pada Microsoft Excel, sobat akan mengerjakan nya pada Workbook. nah workbook ini memiliki bagian lagi namanya Wokrsheet atau lembaran. Mungkin yang sering sobat dengar hanya Worksheet aja ya? karena Workbook memang jarang disebut juga sih. Kalau sobat bingung apa sih pengertian dan perbedaan dari keduanya? nah ini dia admin jelasin. Sebelumnya, sobat perhatikan dulu gambar di bawah ini :


Tampilan di atas akan sobat temukan , dimana saat sobat petama kali membuka atau menjalankan aplikasi Microsoft Excel dari pc sobat kan, nah inilah yang disebut Workbook Excel. Disini ada beberapa Template yang telah disediakan oleh Microsoft Excel, Blank Workbook adalah yang paling sering digunakan karena disini adalah kosong, atau kita bisa variasikannya sendiri untuk pekerjaan yang biasa, seperti mengelola data - data, dan membuat perhitungan. Kalo sobat mau bikin Kalender misalnya, tanpa perlu ribet, sobat klik saja template calendars , nah setelah di klik pun nanti ada pilihannya lagi.

Workbook Excel

Perbedaan Workbook dan Worksheet Pada Excel

Workbook Excel

Workbook Excel
Workbook Excel
Pengertian Workbook adalah Buku kerja dalam microsoft Excel. Setiap file excel memiliki 1 workbook. Sebuah file Excel yang berextensi xlsx, xlsb atau xlam bisa juga sobat sebut sebagai workbook. Workbook adalah tempat atau area dimana sobat melakukan bermacam aktifitas utama pada microsoft excel. Workbook excel ini dibagi ke dalam bagian-bagian lebih kecil, nah bagian inilah yang disebut dengan Worksheet atau lembar kerja. Workbook bisa sobat diartikan juga sebagai file excel yang berisi kumpulan dari 1 worksheet atau lebih. Jadi, Workbook merupakan kumpulan dari Worksheet.

Lalu Apa Itu Worksheet ?

Worksheet Excel

Worksheet Excel
Worksheet Excel
Pengertian Worksheet adalah Lembar kerja pada Microsoft Excel. Worksheet ini merupakan bagian dari Workbook, Disini adalah tempat dimana sobat memasukkan data, membuat tabel, membuat chart, dll. Seperti yang admin jelasin di atas, Jika workbook atau buku kerja pada Excel adalah sebuah buku, maka Worksheet atau lembar kerja Excel merupakan halaman-halaman dari buku tersebut.

Jadi Worksheet adalah bagian lebih kecil dari Workbook. Sebuah worksheet dimulai dengan nomor baris (Row) '1' dan kolom (Column) 'A'. Setiap sel dapat berisi angka, teks atau formula. Sebuah sel juga bisa berdasarkan referensi dari sel lain dalam Worksheet atau Workbook yang sama atau pun Workbook yang berbeda. Worksheet ini terbagi lagi sobat dalam baris dan kolom pertemuan antara baris dan kolom yang kita sebut dengan cell excel.

Nah, jadi itu dia sobat Perbedaan Workbook Dan Worksheet Pada Microsoft Excel. Bisa ditarik kesimpulan bahwa Workbook adalah bukunya dan Worksheet adalah lembaran yang terdapat dalam buku tersebut. Oke mungkin ini saja sobat, dilain kesempatan admin akan bahas pembahasan tentang Microsoft Excel yang lainnya. Jangan lupa kunjungi artikel yang lainnya ya, atau bagi sobat yang ingin tahu pengertian dan sejarah Microsoft Excel bisa sobat klik disini. Terimakasih, Semoga Bermanfaat.

Anda mungkin menyukai postingan ini