Rumus - Rumus Dasar Microsoft Excel

Rumus - Rumus Dasar Microsoft Excel

Rumus - Rumus Dasar Microsoft Excel
Rumus - Rumus Dasar Microsoft Excel -  Hallo, Kembali lagi sama admin,dan masih pada pembahasan Microsoft Excel. Dimana pembahasan kali ini, admin akan bahas tentang Rumus - Rumus Dasar Microsoft Excel. Perlu sobat ketahui, Microsoft Excel ini banyak banget rumus - rumus yang ada loh. Kita mulai dari yang dasar - dasar dulu ya sobat.

Rumus Dasar Microsoft Excel ini pasti sering ditemui sobat, seperti SUM, MAX, MIN, yang pada kegunaannya seperti menjumlahkan, mencari nilai tertinggi, mencari nilai terendah, dll. Rumus ini paling umum nih sobat. Yuk Langsung aja pada penjelasaanya.

1. SUM 

SUM adalah rumus yang digunakan ketika sobat ingin melakukan penjumlahan atau menjumlahkan data yang bersifat angka. Cara ini sangat efektif jika data yang ingin sobat jumlahkan merupakan data dengan jumlah yang banyak. Rumus SUM adalah =SUM(Sel awal:Sel akhir). Sel Awal = Sel pertama yang ingin dilakukan perhitungan. Sel Akhir = Sel terakhir yang ingin dilakukan perhitungan.

Rumus SUM Microsoft Excel
Rumus SUM Microsoft Excel
Sebenarnya, pada masing - masing rumus ini, Excel menyediakan fitur AutoSum yang lebih memudahkan sobat dengan sangat praktis. Cara ini juga sama ketika sobat ingin menggunakan fitur AutoSum yang lainnya, seperti MAX,MIN,AVERAGE. Tinggal sobat pilih saja di bagian dropdownnya.

Cara menggunakan fitur Autosum

1. Letakan pointer sobat pada cell C12
2. Masuk ke Tab Formulas pilih Autosum (klik dropdown)
3. Pilih SUM. ” pada cell C12 otomatis akan ditambahkan formula =SUM(H34:H38)
4. Lalu, sobat tinggal tekan Enter dan Nilai akan muncul kedalam Cell

Rumus AUTOSUM Microsoft Excel
Rumus AUTOSUM Microsoft Excel
Tapi, perlu diingat sobat, perhatikan seleksi datanya, apabila seleksi melebihi range sobat dapat seleksi ulang dengan blok manual menggunakan mouse.

2. AVERAGE 

AVERAGE adalah rumus untuk mencari rata-rata dalam kumpulan data nominal (Range). Rumus AVERAGE adalah =AVERAGE(Sel_Awal:Sel_Akhir)


Rumus AVERAGE Microsoft Excel
Rumus AVERAGE Microsoft Excel

Rumus AUTOAVERAGE Microsoft Excel
Rumus AUTOAVERAGE Microsoft Excel

3. MAX

MAX adalah rumus yang digunakan jika sobat ingin mencari nilai tertinggi/terbesar dari sekumpulan data (Range). Rumus MAX adalah =MAX(Sel Awal:Sel Akhir)


Rumus MAX Microsoft Excel
Rumus MAX Microsoft Excel
Rumus AUTOMAX Microsoft Excel
Rumus AUTOMAX Microsoft Excel

4. MIN 

MIN adalah rumus yang sobat digunakan untuk mencari nilai terendah/terkecil dari sekumpulan data (Range). Rumus SUM adalah =MIN(Sel Awal:Sel Akhir)


Rumus Average Microsoft Excel
Rumus MIN Microsoft Excel

Rumus AUTOMIN Microsoft Excel
Rumus AUTOMIN Microsoft Excel

5. IF

IF adalah rumus yang berfungsi untuk sobat membuat perbandingan logis antara nilai dan apa yang diharapkan dengan menguji parameter dan mengembalikan hasil jika True atau False.  IF akan mengembalikan sebuah nilai jika kondisi yang dicek BENAR/SALAH dan mengembalikan sebuah nilai lainnya jika kondisi yang dicek SALAH/FALSE. Pernyataan IF dapat memiliki dua hasil. Hasil yang pertama apabila parameter sobat “Benar” dan jika perbandingan parameter sobat “Salah”. Rumus IF adalah =IF(Parameter yang diharapkan, Perintah untuk kondisi benar, Perintah untuk kondisi Salah).

Rumus IF Microsoft Excel
Rumus IF Microsoft Excel
 Untuk Rumus yang satu ini, sobat tidak perlu menuliskan manual satu - satu cell nya, cukup sobat arahkan pointer di garis ujung tabel sebelah huruf S pada kata "TIDAK TUNTAS", hingga muncul simbol + lalu sobat tarik kebawah, maka otomatis rumus akan terisi.

Rumus IF Microsoft Excel
Nah itulah sobat beberapa Rumus Dasar Microsoft Excel yang harus sobat ketahui, apalagi bagi sobat yang baru belajar menggunakan Microsoft Excel atau pemula. Beberapa rumus dasar diatas juga bisa sobat kembangkan menjadi fungsi yang lebih tinggi lagi tergantung dengan data yang ingin sobat cari. Pada kesempatan yang lain, admin akan bahas rumus Excel yang lainnnya, Semoga bermanfaat sobat.

Anda mungkin menyukai postingan ini