Class Diagram : Pengertian, Contoh, dan Komponen

Class Diagram : Pengertian, Contoh, dan Komponen

Class Diagram : Pengertian, Contoh, dan Komponen
Class Diagram : Pengertian, Contoh, dan Komponen
Pengertian Class Diagram : Fungsi, Simbol, dan Contohnya. Artikel kali ini admin akan membahas mengenai Diagram Kelas. Apakah kalian sudah tahu pengertian, fungsi atau manfaat, simbol-simbol (komponen), dan contoh sederhananya ? Jika belum silahkan simak pembahasan di dalam artikel ini.

Pengertian Diagram Kelas

Class Diagram adalah visual dari struktur program sistem pada jenis-jenis yang di bentuk. Class diagram merupakan alur jalannya sebuah database pada suatu sistem. Class diagram ini juga merupakan penjelasan proses database dalam suatu program. Dalam sebuah laporan sistem maka dati itu diagram kelas ini wajib ada.

Menurut Para ahli Satzinger (2011: 28) - Diagram kelas atau diagram kelas menjelaskan struktur sistem dari segi pendefinisian kelas-kelas yang akan dibuat untuk membangun sebuah sistem.

1.1 Fungsi atau Manfaat Class Diagram

  • Menjelaskan suatu model data untuk program informasi, tidak peduli apakah data model tersebut sederhana maupun kompleks.
  • Dengan menguasai diagram kelas maka akan meningkatkan pemahaman mengenai gambaran umum skema dari suatu program.
  • Mampu menyatakan secara visual kebutuhan spesifik suatu informasi serta dapat berbagi informasi tersebut ke seluruh bisnis.
  • Dengan Class Diagram dapat dibuat secara terperinci dan jelas, dengan cara memperhatikan kode spesifik apa saja yang dibutuhkan oleh program. Hal ini mampu mengimplementasikan ke struktur yang menerapkan.
  • Class Diagram mampu memberikan penjelasan implementasi-independen dari suatu jenis program yang digunakan, kemudian dilewatkan diantara berbagai komponennya.

1.2 Simbol Diagram Kelas 

1.3 Contoh Diagram Kelas

Penutup

Jadi Class diagram adalah visual dari struktur program sistem pada jenis-jenis yang akan kalian buat. Class diagram merupakan alur jalannya database pada suatu sistem. 

Itulah tadi Pengertian Class Diagram: Fungsi, Simbol, dan Contohnya, jika kalian bingung, silahkabertanya di kolom komentar dibawah ini. Selamat belajar dan sampai bertemu diartikel selanjutnya.

Anda mungkin menyukai postingan ini