√ Contoh Algoritma - Pengertian, Sejarah, Ciri, Jenis & Struktur

√ Contoh Algoritma - Pengertian, Sejarah, Ciri, Jenis & Struktur

Contoh Algoritma - Pengertian, Sejarah, Ciri, Jenis & Struktur
Contoh Algoritma - Pengertian, Sejarah, Ciri, Jenis & Struktur
√ Contoh Algoritma - Pengertian, Sejarah, Ciri, Jenis & Struktur - Admin kali ini akan membahas tentang Algoritma, Mulai dari Pengertian Algoritma, Ciri - ciri Algoritma, Jenis, Struktur, dan Contoh Algoritma, untuk permulaan kali ini, admin akan berikan Contoh Algoritma Dalam Kehidupan Sehari - Hari agar sobat mudah memahaminya. Algoritma merupakan suatu jantung dari ilmu komputer maupun informatika. Umumnya, algoritma diartikan sebagai langkah demi langkah untuk melakukan sesuatu.

Pengertian Algoritma

Algoritma adalah sebuah logika, sebuah metode atau sebuah tahapan atau sebuah urutan secara sistematis yang digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan dengan bantuan sebuah komputer. Sobat juga bisa mengartikan Algoritma ini sebagai susunan langkah-langkah sistematis dan juga logis dalam pemecahan suatu masalah. Untuk dapat menyelesaikan suatu masalah, Langkah-langkah yang disusun dengan Algoritma harus berurutan

Penyajian Algoritma bisa disajikan dalam dua bentuk sobat, yang pertama dalam bentuk tulisan/bahasa dan yang kedua dalam bentuk gambar. Penyajian bentuk tulisan harus menggunakan bahasa yang bisa dimengerti manusia yaa. Penyajian algoritma dalam bentuk tulisan juga bisa dilakukan menggunakan Pseudocode.

Pengertian Algoritma Menurut Para Ahli

  • Algoritma Menurut Rinadil Muni adalah urutan langkah-langkah logis ini akan penyelesaian masalah yang akan disusun secara sistematis.
  • Pengertian Algoritma menurut KBBI adalah urutan logis pengambilan keputusan untuk dapat pemecahan masalah.
  • Pengertian Algoritma menurut Wikipedia adalah “Algoritme merupakan metode efektif akan diekspresikan sebagai rangkaian terbatas, dari instruksi-instruksi yang telah didefinisikan dengan sangat baik, untuk dapat menghitung sebuah fungsi. Mulai dari kondisi awal dan juga input awal, instruksi-instruksi tersebut menjelaskan sebuah komputasi yang akan dieksekusi, diproses lewat sejumlah urutan kondisi yang terbatas yang dapat terdefinisi dan akhirnya akan menghasilkan “keluaran” , lalu berhenti di kondisi akhir.

Sejarah Algoritma

Kata Algoritma berasal dari Latinisasi yaitu dari nama seorang ahli matematika Al Khawārizmi. Al Khawārizmi berasal dari Uzbekistan dan hidup pada sekitar abad ke-9, Dalam karyanya yang diterjemahkan dalam bahasa latin sekitar dari abad ke-12 yaitu : “Algorithmi de numero Indorum”.
Kata Algoritma awalnya merupakan sebuah istilah yang menuju kepada suatu aturan-aturan aritmetis untuk menyelesaikan sebuah persoalan dengan menggunakan sebuah bilangan numerik arab (sebenarnya dari India). seperti yang tertulis pada tulisan yang berjudul di atas. Mulailah pada abad ke-18 istilah ini berkembang pesat menjadi kata algoritma, mencakup seluruh prosedur ataupun urutan langkah yang jelas dan dapat diperlukan untuk menyelesaikan sebuah permasalahan.

Tetapi, ada permasalahan pada waktu itu, ketika akan menuangkan bagaimana suatu proses yang harus dilalui di dalam sebuah sistem untuk komputer sehingga ketika saat eksekusi, komputer bisa bekerja sesuai dengan seperti yang kita harapkan. programer komputer akan merasa lebih nyaman apablia menuangkan semua prosedur komputasinya atau urutan langkah prosesnya yang terlebih dahulu membuat sebuah gambaran atau diagram alur yang berada diatas kertas.

Ciri – Ciri Algoritma

  • Ada Input
  • Ada proses
  • Ada Output
  • Memiliki Instruksi-Instruksi yang jelas dan tidak Ambigu
  • Harus mempunyai tindakan Stoping Role

Jenis - Jenis Algoritma

1. Divide and Conquer
Divide and Conquer adalah Paradigma yang  berguna untuk membagi suatu permasalahan besar menjadi permasalahan yang lebih kecil. Pembagian ini dilakukan terus menerus sampai bagian masalah kecil ditemukan yang mudah untuk dipecahkan.

2. Dynamic programming
Dynamic programming pada dasarnya hampir sama dengan Divide and Conquer, sama - sama untuk mencoba melakukan pembagian masalah yang besar menjadi masalah yang lebih kecil. Yang berbeda hanya karateristik permasalahannya yang dihadapi akan sesuai jika digunakan pada suatu masalah yang mengandung sub-struktur yang optimal  dan mengandung beberapa bagian permasalahan yang tumpang tindih.

3. Metode Serakah
Pengertian Metode serakah adalah Metode yang memiliki sebuah jawaban yang tidak perlu di ketahui pada tiap tahapannya serta metode serakah adalah metode pengambilan jawaban terbaik yang langsug di ambil, pilihan yang digunakan adalah “serakah” apa yang dilihat terbaik pada saat itu.

4. Sistem Flowchart
Sistem flowchart adalah diagram alir yang menggambarkan tentang suatu sistem peralatan komputer yang digunakan dalam proses pengolahan data serta hubungan antar peralatan tersebut. flow chart dipakai untuk menggambarkan prosedur dalam sistem yang dibentuk dan bukan digunakan untuk menggambarkan urutan langkah untuk memecahkan masalah

5. Pseudo Code (Kode Semu)
Pseudo Code (kode semu) adalah metode yang efisien untuk menggambarkan suatu algoritma. Pseudo Code ditulis menggunakan bahasa yang mudah dipahami, sobat boleh memakai bahasa Indonesia agar alur logika yang digambarkan dapat dimengeti oleh orang awam sekalipun.

Struktur Dasar Algortima

  • Runtunan (Sequence) adalah instruksi dikerjakan secara sekuensial, berurutan.
  • Pemilihan (Selection) adalah instruksi dikerjakan apabila memenuhi kriteria tententu.
  • Pengulangan (Repitition) adalah instruksi berkali-kali sampai kondisi pengulangannya terpenuhi 

Contoh Algoritma Dalam Kehidupan Sehari - Hari

Algoritma menyalakan televisi 

1. Hubungkan kabel daya televisi dengan stop kontak
2. Tekan tombol ON pada perangkat televisi
3. Ambil remote control dan tekan tombol ON pada remote control
4. Televisi siap digunakan

Sebenarnya banyak sekali Contoh Algoritma di dalam kehidupan sehari - hari, admin akan bahas di pembahasan selanjutnya beserta dengan Langkah - Langkah Membuat Algoritma, Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat! Terimakasih.

Anda mungkin menyukai postingan ini