Mail Merger dari Excel ke Word

Mail Merger dari Excel ke Word

Mail Merger dari Excel ke Word
Mail Merger dari Excel ke Word
Mail Merger dari Excel ke Word  - Hai, apakah sobat ruangcoder sudah mengetahui fitur yang satu ini? tentunya saja fungsi fitur ini sangat membantu mempermudah pekerjaan sobat. Akan admin bahas Pengertian Mail Merge dan Cara Mail Merge dari Excel ke Word. Jadi, Apa itu Mail Merge? Mail Merge (menggabungkan surat) adalah fitur yang disediakan oleh Microsoft Word, fungsinya untuk membuat surat masal atau surat yang akan ditujukan kepada nama dan alamat berbeda dalam jumlah yang banyak dengan sangat mudah dan cepat. Dengan fitur Mail merge ini sobat bisa gunakan untuk membuat dan menghasilkan beberapa surat, label, amplop, tag nama, dan sejenisnya dengan menggunakan informasi yang disimpan dalam daftar, database, atau spreadsheet.

Contoh Mail Merge gini sobat, coba bayangkan saja apabila sobat ingin membuat surat undangan yang harus dibagikan kepada 100 orang dengan nama dan alamat surat yang berbeda - beda, pasti nya sobat cape jika harus mengetikkannya secara manual kan, nah fitur ini sangat membantu sobat karena data nama dan alamat yang ada di Excel bisa langsung sobat gabungkan dengan isi surat yang telah sobat buat di Word. Untuk mengetahui cara nya, admin akan jelaskan di bawah ini.

Cara Mail Merger dari Excel ke Word

untuk membuat mail merge, sobat membutuhkan dua file yaitu : 
  • Dokumen Utama adalah file yang isinya naskah utama. seperti naskah surat yang sobat ketik pada microsoft word
  • Sumber Data adalah file yang digunakan untuk menyimpan data yang nantikan akan dimasukan ke naskah utama tadi. tentunya saja file yang berasal dari Microsoft  Excel ya sobat
Disini admin akan membuat mail merge untuk undangan rapat 17 agustus. Langkah pertama yaitu sobat siapkan file sumber datanya. Data disini adalah data yang akan sobat masukkan ke dalam naskah utama ya, seperti contoh admin buatkan Nama, Alamat,  masing - masing di bawah ini.


Setelah itu, sobat persiapkan naskah yang ada di Microsoft word yang akan dibuat menjadi Mail Merge. Misalnya surat/ Undangan/ sertifikat.


Lalu, Pada Microsoft Word sobat pilih menu Mailing > mail merge > leters


Setelah itu sobat pilih menu Mailing > Select RecipientsUse existing List


Jika sudah, akan muncul tampilan seperti di bawah ini, pilih data yang akan sobat gunakan untuk membuat mailmerge, yaitu data dari Microsoft Excel yang sudah sobat buat sebelumnya, buka filenya.


setelah itu pilih nama Sheet yang akan sobat digunakan, karena admin tadi membuat data di Sheet$1, maka pilih Sheet$1


Nah kalo sobat sudah memilih, maka akan ada tampilan seperti ini, pilih Insert Merge Field


Letakkan pointer Sesuai dengan data yang ingin dimasukkan, misalkan nama letakkan pada bagian untuk meletakkan nama, jangan lupa di hapus titik titik nya ya. Nantinya tampilan akan seperti ini, kalau sudah begini berarti sudah selessai.


Yang terakhir, jika sobat ingin melihat hasilnya bisa sobat klik Preview Result. Maka akan muncul tampilan hasil akhirnya seperti di bawah ini.


Untuk melihat data yang lain tinggal sobat klik tanda next yaa..


Tapi, jika sobat ingin semua terubah menjadi satu - satu datanya dalam satu file Word tersebut tanpa melihat dengan preview Result, sobat bisa klik Finish & Merge > Edit Individual Documents.
Maka akan terbuka dokumen baru yang berisi sejumlah lembar dokumen dengan data nama dan alamat penerima yang berbeda-beda, Hasilnya semua data sudah dapat dilihat. Sobat juga bisa mengeditnya.


Begitu mudahnya kan sobat dengan adanya fitur ini, Cara Mail Merger dari Excel ke Word ini sangat recomended untuk sobat yang sering melakukan pekerjaan seperti hal nya di atas. Waktu lebih cepat dan efisien, lebih cepat selesai tanpa harus manual. Semoga bermanfaat! terimakasih

Anda mungkin menyukai postingan ini