Microsoft Word : Pengertian, Fungsi dan Sejarah

Microsoft Word : Pengertian, Fungsi dan Sejarah

Microsoft Word : Pengertian, Fungsi dan Sejarah
Microsoft Word : Pengertian, Fungsi dan Sejarah 
Microsoft Word : Pengertian, Fungsi dan Sejarah -  Apa pengertian Microsoft Word, fungsi Microsoft Word dan bagaimana Sejarah Microsoft Word? mungkin sobat sudah sangat familiar dengan aplikasi yang satu ini. Tentu saja, Karena Microsoft Word termasuk Aplikasi terbaik dan terpopuler di dunia, banyak sekali yang menggunakan Microsoft Word, dari mulai siswa di bangku sekolah hingga pekerja profesional di bisnis dan perkantoran loh sobat. Pastinya sobat juga menggunakan aplikasi yang satu ini kan.

Pengertian Microsoft Word

Microsoft Word adalah program aplikasi pengolah data berupa huruf atau kata yang biasa digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen, dan lain lain, Microsoft Word termasuk dari paket instalasi Microsoft Office. Micorosoft word juga mendukung gambar, tabel, word art, penomoran halaman dan format keluaran file yang beragam mulai dari .txt sampai format pdf.

Microsoft Word menggantikan mesin ketik yang sudah kuno.  Sobat bisa membuat dokumen dengan mudah  mengoperasikannya juga sangat mudah, bagi pemula sekalipun. Dengan Microsoft Word, sobat bisa digunakan untuk mengolah dokumen berupa teks, seperti surat, kertas kerja, brosur, kartu nama, buku, jurnal, dan lain-lain. Aplikasi ini didistribusikan pada sistem operasi Microsoft Windows, Mac OS, IOS dan Android.

Sejarah Singkat Microsoft Word

Sejarah Microsoft Word – Microsoft Word Awalnya bernama MS Word “Multi-Tool Word”. Dikembangkan pada tanggal 1 Februari 1983. “Multi-tool Word”  banyak mengambil teori dari program “bravos”. Bravos ini adalah salah satu program berbasis grafik PARC. Ini terjadi karena pengembang Bravo paling bertanggung jawab untuk pengembangan multi-alat Word.

Lalu, di tanggal 25 Oktober 83, Microsoft secara resmi meluncurkan program Multi-Tool Word, yang menjalani proses pengembangan, namanya diubah menjadi Microsoft Word. Program ini pertama digunakan pada komputer PC IBM. Awal program pertama Microsoft Word, program yang mirip dijalankan oleh WordStar dan WordPerfect pada waktu itu. MS Word secara bertahap mengambil alih fungsi dari kedua program, karena Microsoft Word menawarkan beberapa keuntungan, salah satunya yatu Microsoft Word dengan konsep WYSIWYG ( What You See Is What You Get ) artinya “Apa yang kita lihat yaitu apa yang kita dapat kan”.

Semakin berkembangnya zaman, Microsoft word terus di perbaharui hingga versi sekarang yang membuatnya lebih gampang digunakan. Semakin lengkap fungsi dan semakin indah tampilan GUI.

Fungsi Microsoft Word

  • Membuat dokumen dengan cepat
  • Membuat dokumen yang bisa dicetak di berbagai ukuran kertas.
  • Menyimpan dokumen dalam ukuran yang beragam
  • Untuk membuat tulisan berbagai variasi dan menarik
  • Untuk membuat label surat
  • Bisa menambahkan gambar dalam setiap pengolahan dokumen.
  • Membuat table dengan mudah dan cepat
  • Sobat juga bisa mengedit dokumen lain, bisa yang dibuat dengan aplikasi Microsoft Word itu sendiri ataupun dari aplikasi pengolah kata lainnya.
  • Memformat dokumen, Misalnya : ukuran kertas, font, warna font, catatan kaki, penomoran, persamaan matematika.
Hingga saat ini,Versi Microsotft Word yang admin ketahui adalah Microsoft word 97-2003, Microsoft word 2007, Microsoft word 2010, Microsoft word 2013, Microsoft word 2016, Microsoft word 2019, dan Microsoft word 365.

Itulah sobat pembahasan tentang Pengertian Microsoft Word, Fungsi Microsoft Word, dan Sejarah Microsoft Word. Semoga bermanfaat! Jangan lupa kunjungi artikel lainnya dari RuangCoder sobat. Terimakasih

Anda mungkin menyukai postingan ini