Pengertian dan Simbol-Simbol Entity Relationship Diagram (ERD)

Pengertian dan Simbol-Simbol Entity Relationship Diagram (ERD)

Pengertian dan Simbol-Simbol Entity Relationship Diagram (ERD)
Pengertian dan Simbol-Simbol Entity Relationship Diagram (ERD)
Pengertian dan Simbol-Simbol Entity Relationship Diagram (ERD) - Seperti yang sudah di bahas pada artikel yang lalu yaitu Pengertian ERD, Contoh, Fungsi dan Komponen nya, bahwa ERD ini memiliki simbol yang disebut dengan Simbol - Simbol ERD untuk melambangkan setiap komponen untuk membuat alur program dalam ERD. Maka dari itu admin akan menjelaskan Pengertian dan Simbol-Simbol Entity Relationship Diagram (ERD) pada artikel kali ini. 8 Simbol - Simbol ERD ini tentu saja memiliki fungsi masing - masing. Untuk itu, yuk langsung saja pada penjelasan di bawah ini.

Komponen ERD

Admin ulas sedikit, bahwa Komponen ERD ada 4 ya sobat. yaitu :

1. Entitas (Entity) 

Entitas adalah objek yang mewakili sesuatu yang nyata dan dapat dibedakan dari sesuatu yang lain. Simbol dari entitas adalah persegi panjang. Entitas terbagi dua jenis, yaitu Strong Entity dan Weak Entity.

2. Atribut (Attribute )

Atribut adalah elemen yang dimiliki oleh setiap entitas yang berfungsi untuk mendeskripsikan karakteristik dari entitas tersebut. Simbol atribut adalah elips. Atribut terbagi menjadi beberapa jenis:
  • Atribut kunci ( Primary Key Attribute : atribut yang digunakan untuk menentukan entitas secara unik. Contoh: NPWP, NIM (Nomor Induk Mahasiswa).
  • Atribut : atribut bernilai tunggal yang tidak dapat dipecah lagi (atomic). Contoh: Alamat, tahun terbit buku, nama penerbit.
  • Atribut multinilai (Multivalue Attribute ) : atribut yang satu ini adalah atribut yang memiliki sekelompok nilai untuk setiap entitas instan. Contoh: nama beberapa pengarang dari sebuah buku pelajaran.
  • Atribut gabungan (Composite Attribute ): atribut yang terdiri dari beberapa atribut yang lebih kecil dengan arti tertentu. Contoh: nama lengkap yang terbagi menjadi nama depan, tengah, dan belakang.
  • Atribut derivatif ( Derived Attribute ) : atribut yang dihasilkan dari atribut lain dan tidak wajib ditulis dalam diagram ER. Contoh: usia, kelas, selisih harga.

3. Relasi (Relationship )

Relasi adalah Hubungan antara sejumlah entitas yang berasal dari himpunan entitas yang berbeda. Simbol relasi adalah belah ketupat. Relasi juga terbagi menjadi beberapa jenis:
  • One to one: setiap entitas hanya bisa mempunyai relasi dengan satu entitas lain. Contoh: siswa dengan nomor induk siswa
  • One to many: hubungan antara satu entitas dengan beberapa entitas dan sebaliknya. Contoh: guru dengan murid dan sebaliknya.
  • Many to many: setiap entitas bisa mempunyai relasi dengan entitas lain, dan sebaliknya. Contoh: siswa dan ekstrakurikuler.

4. Garis

Garis merupakan penghubung atribut dengan kumpulan entitas dan kumpulan entitas dengan relasi. Dengan garis ini sobat bisa mengetahui gimana flow atau alur suatu ERD dari awal flow hingga akhirnya. Simbol dari garis adalah garis lurus horizontal maupun vertikal.

Simbol - Simbol ERD 

Nah dari komponen di atas, dibawah ini adalah Simbol - Simbol ERD 
Simbol - Simbol ERD
Simbol - Simbol Entity Relationship Diagram (ERD)
Itulah penjelasan mengenai Pengertian dan Simbol-Simbol Entity Relationship Diagram (ERD). Sekian Artikel kali ini. Semoga bermanfaat! Terimakasih. Jangan lupa baca juga artikel lainnya dari RuangCoder.

Anda mungkin menyukai postingan ini