Pengertian DFD (Data Flow Diagram) : Fungsi, Simbol, Contohnya

Pengertian DFD (Data Flow Diagram) : Fungsi, Simbol, Contohnya

Pengertian DFD (Data Flow Diagram) : Fungsi, Simbol, Contohnya
Pengertian DFD (Data Flow Diagram) : Fungsi, Simbol, Contohnya
Pengertian DFD (Data Flow Diagram) : Fungsi, Simbol, Contoh - Pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai DFD (Data Flow Diagram). Kalo sobat masih bingung dengan pengertian, fungsi, simbol, dan contohnya, tenang saja, karena admin akan menjelaskan diartikel ini. Silahkan kalian simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian DFD

DFD (Data Flow Diagram) adalah suatu langkah atau metode untuk membuat sebuah perancangan sistem yang berorientasi pada alur data yang bergerak ke suatu sistem yang lainnya. DFD sering dipakai dalam membuat Sistem Informasi. DFD dibuat oleh para analis untuk membuat suatu sistem dengan baik.Yang dimana DFD nantinya diberikan pada para programmer untuk memulai proses coding. Dan para programmer melakukan sebuah coding sesuai dengan DFD yang dibuat oleh para analis sebelumnya.

Software yang digunakan pada pembuatan DFD (Data Flow Diagram) yaitu  EsyCase, Power Designer 6 dan UML(Unified Manual Language).

1.1 Fungsi DFD

  • DFD adalah alat untuk pembuatan suatu model yang memungkinkan profesional sistem, dan berfungsi untuk menggambarkan sistem sebagai suatu jaringan metode fungsional yang dihubungkan antara satu dengan yang lain menggunakan alur data, secara komputerisasi maupun manual.
  • DFD ini merupakan suatu aplikasi pembuatan model yang paling banyak digunakan, khususnya bila fungsi-fungsi sistem adalah bagian yang kompleks dan lebih penting dari pada data yang dimanipulasi sebuah sistem. Dengan nama lain, DFD merupakan alat pembuatan model yang memberikan penekanan hanya pada fungsi sistem.
  • DFD adalah rancangan program yang mengarah pada alur data melalui metode penguraian yang bisa dipakai untuk menganalisa ataupun rancangan sistem yang gampang diterima oleh profesional sistem ke pengguna maupun pembuat sistem.

1.2 Simbol DFD



1.3 Contoh DFD



Penutup

Pada intinya, DFD (Data Flow Diagram) adalah suatu langkah atau metode untuk membuat suatu perancangan sistem yang berorientasi pada alur data yang bergerak sistem lainnya. DFD berfungsi untuk Menggambarkan sistem sebagai suatu jaringan metode fungsional yang dihubungkan antara satu dengan yang lain memakai alur data, baik secara komputerisasi ataupun manual. DFD juga merupakan Alat pembuat model yang memberikan penekanan pada fungsi sistem. Menganalisa maupun rancangan sistem yang mudah diterima oleh profesional sistem ke pengguna maupun si pembuat sistem.

Itulah pembahasan mengenai Pengertian DFD (Data Flow Diagram) : Fungsi, Contoh, dan Simbol semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih.

Anda mungkin menyukai postingan ini