Pengertian ERD, Contoh, Fungsi dan Komponen

Pengertian ERD, Contoh, Fungsi dan Komponen

Pengertian ERD, Contoh, Fungsi dan Komponen
Pengertian ERD, Contoh, Fungsi dan Komponen
Pengertian ERD, Contoh, Fungsi dan Komponen - Dalam pembahasan kali ini admin bukan cuma membahas tentang Pengertian ERD saja, tapi akan membahas Fungsi ERD, Komponen ERD dan juga Contoh ERD. Sebelum membuat program, seringkali dibutuhkan pembuatan ERD untuk mempermudah pembuatannya dan mengetahui alur program yang akan dibuat untuk menentukan database nya.

Pengertian ERD secara umum merupakan sebuah model yang berguna untuk mengatur hubungan antar entitas atau tabel yang ada dalam sebuah database. Antar himpunan entitas satu dengan lainnya mempunyai keterhubungan atau relasi yang nggak bisa dipisahkan. Entitas adalah tabel, untuk desain database sendiri adalah sekumpulan tabel, khususnya seperti SQL.

Pengertian ERD (Entity Relationship Diagram)

Sebelum membahas Fungsi dan Komponen ERD, sobat perlu mengetahui Pengertian ERD terlebih dahulu. ERD (Entity Relationship Diagram) adalah suatu model yang menjelaskan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan pada objek-objek dasar data yang memiliki hubungan antar relasi nya. ERD untuk memodelkan struktur data dan menghubungkan antar data. Untuk menggambarkan ERD menggunakan beberapa notasi dan simbol.

ERD merupakan singkatan dari Entity Relationship Diagram atau yang biasa disebut dengan diagram relasi antar entitas. Yang mana, ERD ini sendiri tidak dapat dipisahkan dari analisa perancangan sistem. ERD menghubungkan satu tabel database dengan tabel lain sebagai bentuk dari pemodelan basis data relasional. Tujuannya utama dari ERD adalah untuk mempermudah.

Fungsi ERD (Entity Relationship Diagram)

  • Melakukan pengujian sebuah model yang telah dibuat
  • Mendokumentasikan data yang terdapat dalam sistem basis data, dengan menganalisis serta mengidentifikasi setiap objek ataupun entitas dan juga relasi atau hubungan yang dimilikinya
  • Menjalankan hubungan antar data yang mempunyai keterkaitan ERD berdasarkan dari suatu objek yang dihubungkan dengan suatu relasi yang ada
  • Memberikan kemudahan di dalam menganalisis database dengan cara yang lebih cepat dan juga murah.

Komponen ERD (Entity Relationship Diagram)

Pada dasarnya Komponen ERD ada 4, yaitu :

1. Entitas (Entity) 
Entitas adalah objek yang mewakili sesuatu yang nyata dan dapat dibedakan dari sesuatu yang lain. Simbol dari entitas adalah persegi panjang.

2. Atribut (Attribute )
Atribut adalah elemen yang dimiliki oleh setiap entitas yang berfungsi untuk mendeskripsikan karakteristik dari entitas tersebut. Simbol atribut adalah elips.

3. Relasi (Relationship )
Relasi adalah Hubungan antara sejumlah entitas yang berasal dari himpunan entitas yang berbeda. Simbol relasi adalah belah ketupat.

4. Garis
Garis merupakan penghubung atribut dengan kumpulan entitas dan kumpulan entitas dengan relasi. Dengan garis ini sobat bisa mengetahui gimana flow atau alur suatu ERD dari awal flow hingga akhirnya. Simbol dari garis adalah garis lurus horizontal.

Contoh ERD (Entity Relationship Diagram)

Contoh ERD
Contoh ERD
Contoh ERD
Sebenarnya masih banyak sekali Contoh dari ERD. Tapi admin kira tak perlu dijelaskan semua nya, Karena sobat juga bisa belajar dari berbagai sumber artikel lainnya. Sekian artikel tentang Pengertian ERD, Contoh ERD, Fungsi dan Komponen ERD. untuk Simbol - Simbol ERD akan admin bahas lebih lanjut pada artikel selanjutnya. Terimakasih. Semoga Bermanfaat!

Anda mungkin menyukai postingan ini