Pengertian, Fungsi dan Sejarah Microsoft Power point

Pengertian, Fungsi dan Sejarah Microsoft Power point

Pengertian, Fungsi dan Sejarah Microsoft Power point
Pengertian, Fungsi dan Sejarah Microsoft Power point
Pembahasan kali ini, admin akan membahas tentang Pengertian, Fungsi dan Sejarah Microsoft Power Point. Sama hal nya dengan Micrososft Word dan Microsoft Excel, pasti diantara sobat ruangcoder sudah tidak asing lagi dengan Microsoft PowerPoint, aplikasi ini sangat penting dipakai untuk melakukan presentasi, yang pengguna nya beragam, dari mulai siswa, mahasiswa maupun perusahaan. Bagi sobat yang masih berada di bangku sekolah menengah ataupun kuliah pasti masih sering memakai aplikasi yang satu ini.

Sebelum membahas Pengertian Microsoft Power Point. Apakah sobat pernah mendengar PPT? nah, Microsoft Power Point ini sering di sebut atau disingkat PPT. Menggunakan program ini, para audiens akan lebih mudah menyerap materi yang akan disampaikan dari sebuah rapat, kelas, seminar ataupun workshop. Power point memiliki fitur yang membuat sobat dapat memasukan data dalam bentuk teks, gambar, video maupun audio. ppt juga dilengkapi fitur-fitur ‘animasi’, fitur ini bisa membuat slide atau tampilan materi lebih nyaman untuk dilihat. Baik itu Materi pelajaran, tugas kuliah, karya penelitian ataupun lainnya.

Pengertian Microsoft Power Point

Microsoft PowerPoint adalah aplikasi yang digunakan untuk merancang bahan presentasi dengan bentuk slide. PowerPoint merupakan program aplikasi presentasi dalam komputer menurut Susilana. Dengan bantuan Microsoft PowerPoint, sobat bisa membuat bentuk presentasi profesional dengan mudah dimana presentasi tersebut dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran.

Dennis Austin dan Bob Gaskins, mereka adalah dua orang yang pertama kali mengembangkan program ini. Yang pada saat itu, Microsoft PowerPoint digunakan sebagai presenter oleh perusahaan Forethought, Inc. Dan namanya diubah menjadi PowerPoint. PowerPoint menjadi aplikasi Microsoft Office yang paling banyak digunakan selain tentunya Microsoft Word dan Excel ya sobat.

Dilansir dari laman Techopedia, PowerPoint adalah salah satu program milik Microsoft yang menggabungkan fungsi dari Word, Excel dan program milik Microsoft Office lainnya. Jadi nggak heran kalo sobat bisa memasukkan beragam tipe dokumen di dalamnya. Bedanya dari Word, kalo Word menggunakan halaman dan Excel yang menggunakan spreadsheet-nya, Nah kalo PowerPoint menggunakan slide untuk menampilkan data yang sobat masukkan. Enaknya lagi, terdapat beberapa template slide yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan sobat atau para penggunanya loh. Slide ini juga sering di sebut dengan sebutan slide PowerPoint.

Sejarah Singkat Microsoft Powerpoint

Sejarah Microsoft Powerpoint - Perkembangan pertama kali Microsoft Powerpoint oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin. Microsoft powerpoint digunakan sebagai presenter untuk perusahaan Forethought.Inc, Lalu namanya diubah menjadi Powerpoint. Pada tahun 1987 Powerpoint versi 1 dirilis. Komputer yang didukungnya adalah Macintosh. pada zaman itu powerpoint masih menggunakan warna hitam putih aja dan cuma bisa membuat halaman teks dan grafik untuk transparasi OHP (OverHead Projector).

Barulah, Di tahun berikutnya, muncullah dengan dukungan warna setelah macintosh berwarna muncul dipasaran. Di tanggal 31 Juli 1987, Microsoft mengakuisisi Forethought.Inc dengan powerpoint dengan harga sebesar 14 juta dollar.  Versi 2.0 nya mulai bermunculan di pasaran Di tahun 1990, Nah, sejak tahun 1990 ini juga Microsoft Powerpoint tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office terkecuali Basic Edition. Sampai sekarang pun Microsoft PowerPoint terus berkembang dan mengalami penambahan fitur dari tahun ke tahunnya. 

Baru deh di dalam Microsoft PowerPoint 2013, antarmuka dengan user/pengguna dan grafik sangat ditingkatkan yang menjadikan Microsoft PowerPoint lebih menarik dan userfriendly. selain itu versi ini juga menawarkan format data  XML dengan ekstensi .pptx yang sebelumnya merupakan data biner dengan ekstensi .ppt

Fungsi Microsoft Power Point

  • Memudahkan sobat dalam mengatur materi yang hendak disampaikan.
  • Memudhahkan audience lebih gampang memahami materi presentasi dengan menampilkan poin-poin utama yang diberikan dalam bentuk slide.
  • Membuat penyajian materi lebih berkesan, dan menarik 
  • Bisa menambahkan animasi-animasi di dalamnya. Sehingga materi tidak monoton
Fungsi Microsoft Power Point diatas bisa sangat membantu para murid dan guru dalam melakukan proses belajar - mengajarnya. Karena sebagian menggunakan Power Point untuk menjelaskan dan meringkas materi, terlebih pada jenjang Universitas, hampir semuanya menggunakan ini. Tapi jangan salah, Pekerja kantoran sekalipun menggunakan bantuan aplikasi ini sobat. Jadi begitulah pembahasan artikel kali ini. Semoga Bermanfaat! Terimakasih.

Anda mungkin menyukai postingan ini