Pengertian UML (Unified Modeling Language) : Jenis - Jenis Dan Contoh Diagramnya

Pengertian UML (Unified Modeling Language) : Jenis - Jenis Dan Contoh Diagramnya

Pengertian UML dan Jenis - Jenis Diagram UML
Pengertian UML dan Jenis - Jenis Diagram UML
Pengertian UML dan Jenis - Jenis Diagram UML - Inilah Pengertian UML dan Jenis-Jenisnya dan Juga Beberapa Contoh Diagramnya. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar bareng mengenai UML dan penjelasannya secara lengkap bisa kalian baca pada artikel ini. Berikut ini definisi atau Pengertian UML dan Jenis - Jenisnya dan Beberapa Contoh Diagramnya, yang diulas secara jelas.

Pengertian UML

Pengertian UML (Unified Modeling Language) adalah bahasa yang dipakai untuk menetukan, visualisasi, kontruksi, dan mendokumentasikan artifact. dari system perangkat lunak, seperti dalam pemodelan bisnis dan system non perangkat lunak yang lainnya. Artifact adalah bagian dari informasi yang dipakai atau dihasilkan dalam proses pembuatan perangkat lunak. Artifact bisa berupa model, deskripsi atau perangkat lunak.

UML juga merupakan bahasa standar penulisan blueprint software yang dipakai untuk visualisasi, spesifikasi, pembentukan dan pendokumentasian alat-alat dari sistem perangkat lunak.

1.1 Jenis-Jenis Diagram UML dan Beberapa Contoh Diagramnya

  1. Use case diagram
  2. Use case diagram adalah jenis diagram pada UML yang menggambarkan interaksi antara sistem dan aktor, use case diagram juga dapat mendeskripsikan tipe interaksi antara pengguna sistem dengan sistemnya.



  3. Activity Diagram
  4. Activity diagram adalah jenis diagram pada UML yang dapat memodelkan proses-proses apa saja yang terjadi pada sistem.




  5. Sequence diagram
  6. Sequence diagram adalah jenis diagram pada UML yang menjelaskan interaksi objek yang berdasarkan urutan waktu, sequence diagram juga dapat menggambarkan urutan atau tahapan yang harus dilakukan untuk dapat menghasilkan sesuatu seperti pada use case diagram.
     



  7. Class diagram
  8. Class diagram adalah diagram UML yang dipakai untuk menampilkan kelas-kelas ataupun paket-paket yang ada pada suatu sistem, nantinya akan digunakan. Diagram ini bisa memberikan sebuah gambaran mengenai sistem ataupun relasi-relasi yang terdapat pada sistem tersebut.



  9. Statemachine Diagram
  10. Statemachine diagram adaldah diagram pada UML yang menggambarkan transisi maupun perubahan keadaan suatu objek pada sistem.




  11. Communication Diagram
  12. Communication diagram adalah diagram pada UML yang bisa menggambarkan tahapan terjadinya suatu aktivitas dan diagram ini juga menggambarkan interaksi antara objek yang ada pada sistem. Sama halnya dengan sequence diagram, tapi communication diagram lebih menekankan kepada peranan masing-masing objek pada sistem.




  13. Deployment Diagram
  14. Deployment diagram adalah diagram yang menunjukan tata letak suatu sistem secara fisik, bisa dibilang untuk menampilkan bagian-bagian software yang ada pada hardware dan dipakai untuk menerapkan suatu sistem dan hubungan antara komponen hardware. Intinya buat menunjukan letak software pada hardware yang digunakan sistem.




  15. Component Diagram
  16. Component diagram adalah diagram yang menggambarkan software pada suatu sistem. Component diagram merupakan penerapan software dari satu atau lebih class, biasanya berupa file data atau .exe, source kode, table, dokumen, dan sebagainya.




  17. Object Diagram
  18. Object diagram adalah diagram pada UML yang menggambarkan objek-objek pada suatu sistem dan hubungan antarnya.




  19. Composite Structure Diagram
  20. Composite structure diagram adalah diagram yang menggambarkan struktur internal dari penklasifikasian (class, component atau use case) termasuk titik-titik interaksi penklasifikasian kebagian yang lainnya dari suatu sistem. Hampir mirip dengan class diagram, tapi composite structure diagram menggambarkan bagian-bagian dari individu kelas aja bukan semua kelas.




  21. Interaction Overview Diagram
  22. Interaction Overview diagram adalah jenis diagram pada UML yang berguna untuk menvisualisasikan kerjasama dan hubungan antara activity diagram dengan sequence diagram.



  23. Package Diagram
  24. Package diagram adalah jenis diagram pada UML digunakan untuk mengelompokan kelas dan juga menunjukan bagaimana elemen model akan disusun serta mengambarkan ketergantungan antara paket-paket.



  25. Diagram Timing
  26. Diagram timing adalah diagram pada UML yang disebut sebagai bentuk lain dari interaksi diagram, dimana fokus yang paling utamanya kepada waktu. Fungsi dari diagram timing untuk menunjukan faktor-faktor yang membatasi waktu antara perubahan state terhadap objek yang berbeda.




Penutup

Itulah artikel yang memberikan penjelasan tentang Pengertian UML dan Jenis - Jenisnya, kalo ada kesalahan dalam artikel ini mohon dimaafkan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua. Jangan lupa kunjungi artikel lainnya dari ruangcoder.

Anda mungkin menyukai postingan ini