Pengertian Use Case Diagram : Tujuan, Fungsi, Simbol, dan Contohnya

Pengertian Use Case Diagram : Tujuan, Fungsi, Simbol, dan Contohnya

Pengertian Use Case Diagram: Tujuan, Fungsi, Simbol, dan Contohnya
Pengertian Use Case Diagram: Tujuan, Fungsi, Simbol, dan Contohnya
Pengertian Use Case Diagram : Tujuan, Fungsi, Simbol, Contoh - Kalo kalian sedang mencari materi tentang Pengertian Use Case Diagram kalian tepat sekali berkunjung diblog ini. Diartikel kali ini admin akan membahas mengenai pengertian menurut para ahli, tujuan, fungsi, manfaat, simbol, dan contoh Use Case Diagram. Apa itu Use Case Diagram ? Silahkan kalian simak materi dibawah ini.

Pengertian Use Case Diagram

Use Case Diagram adalah suatu urutan interaksi yang saling berhubungan antara sistem dan aktor. Penggunaan kasus yang dijalankan dengan cara menggambarkan tipe interaksi antara pengguna suatu program (sistem) dengan sistemnya sendiri. Use case Diagram juga digunakan untuk membentuk perilaku (behaviour) sistem yang akan dibuat. Sebuah use case menggambarkan sebuah interakasi antara pengguna (aktor) dengan sistem yang telah ada.

Pengertian Use Case Menurut Para Ahli

Use Case Menurut Para Ahli adalah proses kegiatan dan proses bisnis yang dilakukan oleh pengguna (aktor). Setiap proses digambarkan kedalam sebuah Use Case dengan bentuk oval dan dengan relasi yang ada di  dalamnya.

Tujuan Use Case

  • Memetakkan kebutuhan sistem.
  • Interaksi pengguna terhadap sistem.
  • Untuk melampaui kebutuhan sistem.

Fungsi Use Case

  • Bisa menggambarkan urutan aktivitas proses yang ada pada suatu sistem.
  • Bisa menggambarkan proses bisnis dan urutan aktivitas yang ada dalam sebuah proses.

Manfaat Use Case

  • Memudahkan hubungan menggunakan domain expert dan juga end user.
  • Adanya Interface yang harus dimiliki oleh sebuah sistem.
  • Memberikan pemahaman kepastian yang pas, tentang kebutuhan atau juga kebutuhan sebuah sistem.
  • Dapat digunakan untuk mengidentifikasi, siapa yang dapat diandalkan dengan sistem, dan apa yang harus dilakukan untuk sistem tersebut.
  • Digunakan untuk pengungkit.

Simbol Use Case


Contoh Use Case


Penutup

Pada intinya, Use Case adalah suatu urutan interaksi yang saling berhubungan antara sistem dan aktor. Penggunaan kasus yang dijalankan dengan cara menggambarkan tipe interaksi antara pengguna suatu program (sistem) dengan sistemnya sendiri.

Itulah pembahasan mengenai Pengertian Use Case Diagram : Tujuan, Fungsi, Simbol, Contohnya. Jika ada pertanyaan silahkan komentar pada kolom komentar di bawah. Terima kasih dan semoga bermanfaat!

Anda mungkin menyukai postingan ini