Cara Menggunakan Rumus Upper, Lower, Proper

Cara Menggunakan Rumus Upper, Lower, Proper

Rumus dan Cara Menggunakan Rumus Upper, Lower, Proper
Rumus dan Cara Menggunakan Rumus Upper, Lower, Proper
Rumus dan Cara Menggunakan Rumus Upper, Lower, Proper  - Hallo, kembali lagi kita akan membahas tentang Microsoft Excel, Yaitu tentang Rumus dan Cara Menggunakan Rumus Upper, Lower, dam Proper. Apa sobat tau apa itu Upper, Lower, dan Proper? Jika sobat belum tau, admin akan jelaskan dibawah ini.

Mungkin sobat bertanya tanya, gimana sih cara merubah huruf kecil menjadi huruf besar di Excel, huruf besar menjadi huruf kecil di Excel dan cara membuat atau mengubah huruf kapital di Excel secara otomatis pada Microsoft Excel. Walaupun Microsoft excel tidak menyediakan menu atau tool Change Case kayak yang ada di Microsoft Word untuk merubah huruf besar menjadi kecil dan sebaliknya, tapi ternyata bisa loh, yaitu menggunakan rumus sobat. yuk kita bahas satu satu penjelasannya.

Pengertian dan Cara Menggunakan Rumus UPPER 

Pengertian UPPER adalah Rumus yang digunakan untuk menrubah semua huruf pada sebuah teks menjadi huruf BESAR. Upper digunakan untuk membuat semua huruf jadi besar semua di Excel. Rumus UPPER adalah =UPPER(sel yang ingin di ubah). Sobat bisa lihat contohnya pada gambar di bawah ini :

Rumus UPPER
Rumus UPPER 

Pengertian dan Cara Menggunakan Rumus LOWER

Pengertian LOWER adalah Rumus yang digunakan untuk mengubah semua huruf pada sebuah teks menjadi huruf KECIL semua. Lower pada microsoft excel digunakan untuk mengecilkan semua huruf atau merubah huruf besar menjadi huruf kecil semua di Excel.

Kalau Upper digunakan untuk merubah teks menjadi huruf besar semua pada Excel, nah Lower merupakan kebalikan dari fungsi Upper. Rumus LOWER adalah  =LOWER(sel yang ingin di ubah)

Rumus LOWER
Rumus LOWER

Pengertian dan Cara Menggunakan Rumus PROPER

Pengertian PROPER adalah Rumus  yang digunakan untuk mengubah huruf AWAL setiap kata pada teks menjadi huruf besar. Proper merubah setiap huruf pertama pada setiap kata pada teks menjadi huruf besar dan mengkonversi huruf lainnya menjadi huruf kecil. Seperti huruf kapital di awal kata. bukan cuma huruf pertama, tapi setiap huruf atau seluruh dalam teks yang mengikuti karakter apa pun selain huruf juga akan dirubah ke huruf besar atau kapital. Rumus PROPER adalah =PROPER(sel yang ingin di ubah)


Rumus PROPER
Rumus PROPER

Jadi kesimpulannya adalah :
  • UPPER = Mengubah semua huruf menjadi huruf besar.
  • LOWER = Mengubah semua huruf menjadi huruf kecil.
  • PROPER = Mengubah huruf pada awal setiap kata menjadi huruf besar.
Cukup mudah bukan sobat untuk menggunakan Rumus Upper, Lower, dan Proper ini? pasti sobat bisa dong menggunakannya. Memudahkan juga loh sobat, sobat bisa mengetik huruf dengan cepat tanpa harus mengaturnya di awal dengan bolak balik memencet tombol Caps Lock. Cukup sobat ketik dahulu semuanya, ketika sudah selesai baru sobat ubah atau atur formatnya. Semoga Bermanfaat.. Sampai Ketemu di artikel selanjutnya.

Anda mungkin menyukai postingan ini