Rumus Date and Time pada Microsoft Excel

Rumus Date and Time pada Microsoft Excel

Rumus Date and Time pada Microsoft Excel
Rumus Date and Time pada Microsoft Excel
Hallo sahabat RuangCoder, artikel kali ini tentang Rumus Date and Time Excel, Bukan cuma pengertiannya saja, admin juga akan bahas cara menggunakan rumus date and time dan cara membuat tanggal otomatis di Excel. Rumus ini berfungsi jika sobat ingin membuat  tanggal dan mengatur waktu otomatis  dengan microsoft excel. Beberapa rumus yang bersangkutan yaitu rumus  TIME, TODAY, DATE, HOUR, MONTH, dan YEAR. Untuk mengetahui lebih jelasnya, mari kita bahas satu persatu.

Dengan tersedianya beberapa fungsi khusus untuk melakukan input, pengolahan ataupun menampilkan informasi dalam format waktu dan tanggal microsoft excel. Sobat pastinya jadi lebih gampang untuk melakukan kegiatan atau kebutuhan yang bersangkutan dengan waktu, tanggal, bulan maupun tahun.

Rumus Date and Time pada Microsoft Excel

TODAY

Rumus TODAY digunakan untuk menghasilkan atau menampilkan tanggal saat ini atau  tanggal hari ini. Selain menggunakan rumus ini, sobat juga bisa memakai Rumus NOW untuk mendapatkan tanggal realtime di microsoft excel.  Rumus TODAY hanya akan menghasilkan informasi Tanggal saat ini saja. Tetapi fungsi NOW dapat menghasilkan tanggal dan waktu,

Waktu dan tanggal yang ditampilkan dengan menggunakan fungsi NOW dan TODAY akan diperbaharui ketika worksheet excel sedang dijalankan, dan akan menghasilkan tanggal dan waktu yang dinamis berubah-ubah setiap saatnya, namun tidak terus menerus.

Cara Menggunakan Rumus TODAY

Rumus TODAY pada Excel adalah =TODAY(). Rumus ini tidak memiliki argumen. Jadi untuk menggunakan nya sobat tidak memerlukan parameter apapun. Hanya dengan menuliskan =TODAY(). Nah adalagi nih sobat, Untuk memasukkan atau menampilakn tanggal saat ini bisa juga menggunakan Shortcut Ctrl + ;

Rumus Today
Rumus Today
Ohya, Jangan lupa untuk mengatur fotmat sel tersebut ke dalam format general ya sobat. Apabila sudah menggunakan format sel dengan general, dimana sobat akan memasukkan rumus excel TODAY, maka secara otomatis excel akan menkonversi sel tersebut ke dalam format tanggal/date.

DATE

Rumus DATE digunakan untuk menuliskan atau menampilakn tanggal dan umumnya digunakan pada rumus yang berkaitan dengan penulisan data tanggal dengan format tanggal berdasarkan nilai angka tanggal, bulan dan tahun yang terpisah. Rumus DATE adalah =DATE(year;month;day)

Keterangan:

Year : informasi tahun dari tanggal yang ingin dihasilkan (Dapat diisi dengan nilai 1900 – 9999).
Month : informasi bulan dari tanggal yang ingin dihasilkan 
Day : informasi hari atau tanggal dari format tanggal yang ingin dihasilkan.

Cara Menggunakan Rumus DATE

Rumus Date
Rumus Date

DAY

Rumus DAY digunakan untuk menghasilkan atau menampilkan angka 1-31 yang merupakan sebuah tanggal. Rumus DAY adalah =DAY(serial_number). Sobat bisa mendapatkan angka tanggal/hari dan mengabaikan bulan dan tahun dari sebuah sel dengan format tanggal. 

Keterangan:

serial_number: sebuah tanggal yang ditulis langsung, ataupun dari referensi sel atau hasil dari fungsi/rumus excel lain yang menunjukkan format tanggal yang ingin sobat ambil nilai tanggal/harinya.

Cara Menggunakan Rumus DAY

Rumus Day
Rumus Day

MONTH

Rumus MONTH digunakan untuk menghasilkan atau menampilakan bulan dalam satu tahun. Nilai bulan adalah bilangan bulat mulai dari 1 (Januari) - 12 (Desember). Kalau fungsi day mengambil angka tanggalnya, nah  fungsi MONTH pada excel mengambil angka bulannya. Rumus MONTH adalah =MONTH(serial_number).

Keterangan:

serial_number = alamat sel yang berisi data tanggal atau data tanggal yang dituliskan dalam bentuk teks.

Cara Menggunakan Fungsi MONTH

Rumus Month
Rumus Month

YEAR

Rumus Year digunakan untuk menampilkan atau menghasilkan nilai tahun. Nilai nya adalah bilangan bulat mulai dari 1900 - 9999. Rumus YEAR adalah =YEAR(serial_number)

Keterangan:

Serial_number : alamat sel yang berisi data tanggal. 

Cara Menggunakan Fungsi YEAR

Rumus Year
Rumus Year

TIME

Rumus TIME digunakan untuk mencari nilai data waktu dengan format waktu dari urutan angka. Rumus TIME adalah =TIME(hour;minute;second)

Keterangan:

Hour : dimulai dari angka 0 - 23, menunjukan nilai jam (hour).
Minute :  dimulai dari angka 0 - 59, menunjukan nilai menit (minute).
Second : dimulai dari angka 0 - 59, menunjukan nilai detik (second).

Rumus Time
Rumus Time

HOUR

Rumus Hour digunakan untuk menampilkan jam(hour) dari data waktu. Nilai jam tampil dengan bilangan bulat antara 0 (12:00 A.M) - 23 (11:00 P.M). Rumus HOUR adalah =HOUR(serial_number)

Keterangan:

Serial_number : alamat sel yang berisi data waktu yang dituliskan dalam bentuk teks.

Rumus Hour
Rumus Hour

NOW

Rumus NOW digunakan untuk menuliskan waktu tanggal dan jam saat itu secara otomatis, sesuai yang ada pada sistem komputer sobat gunakan. Fungsi NOW pada excel akan menghasilkan tanggal dan waktu saat ini. Atau bisa di istilahkan dengan sebutan waktu sekarang. Berbeda dengan TODAY, kalau today cuma menghasilkan tanggal, bulan dan tahun hari ini saja, tapi kalau NOW menghasilkan tanggal, bulan, tahun beserta waktu saat ini. Rumus NOW adalah  =NOW()

Cara Menggunakan Fungsi NOW

Rumus Now
Rumus Now
Fungsi NOW tidak memiliki argumen. Tanggal dan waktu yang ditampilkan dengan menggunakan fungsi NOW dan TODAY akan diperbarui saat worksheet excel ya sobat. Jjadi, fungsi ini akan menghasilkan tanggal dan waktu yang dinamis berubah-ubah setiap saat, namun tidak terus menerus.
Untuk cara lainnya bisa juga menggunakan Shortcut  Ctrl + Shift + ;

Ternyata, Banyak sekali Rumus Date and Time pada Microsoft Excel yang bisa sobat gunakan, dan tentunya dapat mempermudah sobat mengerjakan suatu pekerjaan yaa. Semoga bermanfaat! Terimakasih.

Anda mungkin menyukai postingan ini