Simbol Flowchart - Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Jenis

Simbol Flowchart - Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Jenis

Simbol Flowchart - Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Jenis
Simbol Flowchart - Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Jenis
Hallo sobat RuangCoder! Pembahasan kali ini tentang Pengertian Flowchart, Fungsi Flowchart Jenis Flowchart, dan Simbol-Simbol Flowchart. Jika sobat sudah membaca artikel ruangcoder tentang Algoritma, pasti nya sobat sudah sedikit padahm tentang apa sih flowchart ini. Jika belum sobat bisa membaca nya terlebih dahulu disini, karena flowchart ini merupakan salah satu jenis algoritma. Yuk langsung simak artikel mengenai flowchart secara lengkapnya di bawah ini.

Fungsi Flowchart umumnya digunakan untuk bukti dokumentasi. Menjelaskan gambaran logis sebuah sistem yang akan dibangun kemudian diberikan kepada programmer, flowchart dapat membantu untuk memberikan solusi terhadap masalah yang bisa saja terjadi dalam membangun sistem. Flowchart pada dasarnya digambarkan menggunakan simbol-simbol. Setiap simbol mewakili suatu proses tertentu, Jika ingin merancang suatu sistem, terdapat beberapa langkah yang harus diperhatikan, salah satunya adalah membuat flowchart. lalu, Apa Itu Flowchart?

Pengertian Flowchart

Pengertian Flowchart (diagram alir) adalah suatu jenis diagram yang merepresentasikan algoritma atau langkah-langkah instruksi yang berurutan dalam suatu sistem. Bagan-bagan dalam flowchart mempunyai arus yang menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah yang terdiri dari sekumpulan simbol, masing-masing simbol ini lah yang merepresentasikan suatu kegiatan tertentu.

Dalam perancangan flowchart ini nggak ada rumus atau patokan yang bersifat mutlak (pasti) ya sobat. Karena flowchart (bagan alir) merupakan sebuah gambaran dari hasil pemikiran dalam menganalisa suatu permasalahan dalam komputer. Setiap analisa akan menghasilkan hasil yang bervariasi tentunya. Secara garis besar setiap perancangan flowchart terdiri dari tiga bagian, yaitu input, proses dan output.

Dengan menggunakan Flowchart, Urutan proses digambarkan secara jelas. Ketika ada penambahan proses baru bisa dilakukan dengan mudah menggunakan flowchart ini,  setelah selesai membuat flowchart, maka programmer yang akan menerjemahkan desain logis tersebut kedalam bentuk program dengan menggunakan bahasa pemrograman.

Fungsi Flowchart

  • Menganalisa, mendesign, mendokumentasikan dan memanajemen sebuah proses atau program di berbagai bidang. 
  • untuk membantu menggambarkan situasi yang terjadi dan yang akan terjadi dari sebuah simbol dan tanda penghubungnya. 
  • untuk  menyederhanakan suatu rangkaian proses atau prosedur sehingga bisa dipahami dengaa mudah dan gampang dilihat berdasarkan urutan langkah dari suatu proses.
  • memperjelas sebuah alur dari suatu sistem, kekurangan atau kelebihan dari berbagai proses di dalam tahapan suatu sistem.

Tujuan Flowchat :

  • Menggunakan simbol-simbol standar
  • Menggambarkan urutan atau tahapan dari penyelesaian masalah
  • Menggambarkan permasalahan secara sederhana, terurai, rapi dan jelas
  • membantu analis programmer untuk memecahkan masalah bagian yang lebih kecil 
  • Membantu dalam menganalisis alternatif-alternatif lain dalam pengoperasian.
  • Flowchart mempermudah penyelesaian suatu masalah, yaitu masalah yang perlu dipelajari dan dievaluasi lebih lanjut.

Jenis-jenis Flowchart

  • Flowchart Sistem (System Flowchart)
  • Flowchart Flowchart Dokumen (Document Flowchart)
  • Flowchart Skematik (Schematic Flowchart)
  • Flowchart Program (Program Flowchart)
  • Flowchart Proses (Process Flowchart)

Simbol - Simbol Flowchart

Simbol Flowchart
Simbol Flowchart
Sudahkah sobat paham apa itu Flowchart dan Mengetahui Simbol - Simbol Flowchart setelah membaca artikel ini ? Sekian penjelasan tentang artikel kali ini. Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk share ke teman - teman ya sobat. Terimakasih!

Anda mungkin menyukai postingan ini