Bahasa Pemrograman Delphi - Pengertian, Sejarah dan Contohnya

Bahasa Pemrograman Delphi - Pengertian, Sejarah dan Contohnya

.Bahasa Pemrograman Delphi - Pengertian, Sejarah dan Contohnya
.Pemrograman Delphi - Pengertian, Sejarah dan Contohnya
Pemrograman Delphi - Pengertian, Sejarah dan Contohnya. Bahasa pemrograman Delphi adalah bahasa pemrograman berorientasi objek dan merupakan pengembangan dari bahasa pemrograman Pascal. Pascal adalah bahasa pemrograman berbasis DOS yang dibuat pada tahun 1971 oleh Niklaus Wirth dari Swiss.

Pengertian Delphi

Delphi adalah sebuah IDE compiler untuk Bahasa pemrograman pascal dan perkembangan perangkat lunak,  digunakan untuk merancang suatu aplikasi. Delphi bisa dibilang sebagai sebuah pemrograman yang menggunakan visualisasi seperti halnya Bahasa pemrograman visual basic. Tetapi Delphi  menggunakan Bahasa yang sama dengan pascal. Delphi juga menggunakan konsep yang berorientasi objek (OOP).

Pada umumnya bahasa Delphi ini hanya digunakan untuk mengembangkan aplikasi desktop. Namun setelah berkembang, Delphi ini bersifat general purpose. Program ini untuk membuat aplikasi window dan program yang berbasis jaringan client ataupun server. Tidak hanya itu saja, Delphi juga dapat merancang aplikas yang berbasis program dan merancang program .Net.

Bahasa pemrograman Delphi adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang merupakan pengembangan dari bahasa pemrograman Pascal. Pascal adalah bahasa pemrograman berbasis DOS yang dibuat pada tahun 1971 oleh Niklaus Wirth dari Swiss.

1.1 Sejarah Delphi

Borland Delphi 7
Borland International mengembangkan bahasa pemrograman pascal yang bersifat visual yang disebut Delphi pada tahun 1993, dan resmi dipasarkan pada tahun 1995. Delphi dibuat secara modern yang berjalan di Sistem Operasi Windows mulai dari versinya yang pertama yaitu Delphi 1 dan di tahun-tahun berikutnya Delphi terus dikembangkan mengikuti kebutuhan zaman (Kani, Firmansyah, & Sufandi, 2010).

Keistimewaannya merupakan dukungannya untuk aplikasi database yang memungkinkan user berinteraksi dengan informasi yang tersimpan dalam suatu database. Delphi memberikan banyak pilihan teknologi kepada developer dalam membangun aplikasi database sehingga developer bisa mengembangkan aplikasi dengan mekanisme akses yang paling tepat menurut kebutuhan.

Integrated Development Environment (IDE) Delphi adalah tampilan terintegrasi dimana ada menu dan tools yang terpisah, tetapi sangat berhubungan yang merupakan satu kesatuan yang utuh dalam satu koordinasi. Fungsinya sebagai pusat control mulai dari menu utama, komponen pallet, form, code editor, object inspector dan object treeview yang digunakan untuk mendesain, menulis kode program serta mengatur tampilan aplikasi dalam berbagai model (Madcoms, 2003).

1.2 Keunggulan Delphi

Keunggulannya adalah ketika aplikasi yang kalian buat dijalankan oleh Delphi, secara otomatis akan dibaca sebagai program oleh Delphi tanpa harus dijalankan secara terpisah. Sama dengan source code yang merupakan turunan dari pascal, yang artinya tidak memerlukan lagi penyesuaiyan.
Kelebih Delphi adalah memudahkan distribusi dan juga meminimalisir masalah yang terkait dengan versioning. Selain itu optimasi compiler yang cepat. Bahasa perograman ini dapat digunakan di multiplatform (Windows, Linux, IOS, maupun android) dan program ini juga dapat menkompilasi menjadi aplikasi potable.

1.3 Kekurangan Delphi 

Kekurangan Delphi yaitu pengaksesan platform dan library membutuhkan filter-filter header yang diterjemahkan dalam Bahasa pascal. Begitu pun  dengan masalah bahasa terdapat Dokumentasi platform dan teknik-teknik yang menyertai sulit di temukan dalam Bahasa pascal.

1.4 Contoh Bahasa Pemrograman Delphi

Contohnya, kita akan membuat program sederhana untuk menampilkan angka. Jika angka diantara 1-5 maka akan pesan yang muncul adalah ‘Low’, dan Jika 6-9 maka pesan yang muncul adalah ‘High’, Jika lebih besar dari kategori atau lebih kecil dari kategori maka akan ditampilkan pesan ‘Out of range’.

var
Bahasa Pemrograman Delphi - Pengertian, Sejarah dan Contohnya
i:integer;

begin

i:=strtoint(edit1.Text);

case i of

1..5:ShowMessage(‘Low’);

6..10:ShowMessage(‘High’);

0,11..99:ShowMessage(‘Out of range’);

end;

end;

Penutup

Sekian artikel kali ini tentang Bahasa Pemrograman Delphi - Pengertian, Sejarah dan Contohnya. Semoga bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih

Anda mungkin menyukai postingan ini