Cara Mengatasi Hardisk Tidak Terbaca Saat Install Windows

Cara Mengatasi Hardisk Tidak Terbaca Saat Install Windows

Cara Mengatasi Hardisk Tidak Terbaca Saat Install Windows
Cara Mengatasi Hardisk Tidak Terbaca Saat Install Windows

Cara Mengatasi Hardisk Tidak Terbaca Saat Install Ulang Windows - Hard Disk atau yang biasa kita sebut HDD tidak terdeteksi dengan status Load Driver saat install ulang Windows mungkin sering terjadi oleh beberapa orang. Penyebabnya bervariasi dan ada yang sangat sepele. Saat HDD tidak terbaca biasanya muncul notifikasi tentang Load Driver yang berisi tentang dimana kalian menentukan lokasi driver HDD.

Masalah harddisk tidak muncul tersebut akan terlihat saat kita berada di menu untuk memilih partisi yang akan di install Windows. Akan muncul pop-up window yang berisi bahwa ada driver yang tidak ada dan kalian harus meloadnya. Sedangkan hal tersebut bisa dipicu oleh beberapa kondisi.

Penyebab Hard Disk tidak terbaca :

  1. Konfigurasi BIOS dan Hardware Salah
  2. Pada umumnya OS Windows dapat menggunakan IDE ataupun AHCI controller, namun Windows 7 keatas menggunakan AHCI dalam mengurus hard disk. Untuk penggunaan hard disk SATA, pastikan controller HDD di setting menjadi AHCI di BIOS, begitu pula untuk controller IDE. Tetapi untuk BIOS keluran terbaru pastikan juga di set pada posisi AHCI jangan pada posisi Disabled. Mode SATA harus AHCI Maka sebelum melakukan instalasi Windows 7, pastikan mode hard disk pada BIOS sudah diatur sesuai dengan tipe hard disk yang kalian pakai.

  3. Master OS Rusak
  4. Hal paling penting adalah memastikan master OS tidak rusak. Sebelum kalian melakukan pembuatan bootbale, pastikan kode SHA1 atau MD5 untuk verifikasi keutuhan dan originalitas file. Tapi, apabila file tidak ada masalah mungkin ada penyebab lain seperti yang disebutkan tadi. Sehingga perlu melakukan troubleshooting lain.

  5. Menggunakan Port USB 3.0 Saat Booting
  6. Masalah hard disk yang tidak terbaca juga dapat terjadi karena kalian memakai port USB 3.0 saat booting menggunakan USB. Sepengetahuan saya ini hanya berlaku untuk Windows 7 dimana versi OS tersebut hanya mendukung EHCI secara default sedangkan USB 3.0 umumnya dikenal sebagai xHCI. Walau USB 3.0 juga support USB 2.0 tetapi apabila sistem hardware cuma menggunakan xHCI pada inisialisasi awal maka AHCI tidak bisa dikenali dan menyebabkan masalah. EHCI dan xHCI merupakan controller hardware USB pada komputer kalian, simpelnya merupakan driver.

    Untuk mengatasi hal ini ada beberapa cara :

    -Install Menggunakan DVD
    Opsi ini memang cukup merepotkan karena kalian harus burning melalui bootable creation tool, Tapi untuk versi Windows 7 Retail biasanya memang sudah berbentuk kepingan DVD.

    -Menggunakan Port USB 2.0
    Cara paling simpel adalah menggunakan port USB 2.0. Untuk motherboard Skylake kebawah harusnya masih mempunyai  USB 2.0 dedicated yang disupport Windows 7. Cukup pindahkan bootable ke USB 2.0 dan boot ulang. Selain itu kalian bisa juga matikan USB 3.0 agar hanya menggunakan mode USB 2.0 pada BIOS.Cara ini kemungkinan bisa berhasil. Tapi, jangan lakukan aktivasi Windows langsung karena mungkin device id akan berbeda nantinya.

    -Mengganti Versi Windows
    Beberapa orang masih nyaman dengan versi Windows 7. Namun jika kita tidak memiliki DVD SATA namun ingin menggunakan Windows 7 bagaimana lagi? Cara terakhir memang harus menggunakan versi Windows yang lebih baru.
    -Menggunakan Tool Khusus yang Telah di Sediakan Vendor Vendor mengleuarkan tool khusus untuk membuat bootable Windows 7 bisa digunakan di USB 3.0. Sehingga kalian tidak perlu memilih 3 opsi diatas. Intel juga mengeluarkan aplikasi ini.

  7. Flashdisk Tidak Cocok Dijadikan Media Bootable
  8. Masalah Load Driver namun pada Linux proses instalasi tiba-tiba mental dan gagal. Jadi kalau kalian udah coba 3 solusi diatas namun masih tetap gagal, mungkin kalian perlu mengganti Flashdisk yang kalian gunakan.

  9. Hard Disk Terdisable di BIOS
  10. Hal ini juga bisa terjadi secara tidak sengaja. Untuk memastikannya kalian bisa melihat status HDD pada menu Drive di BIOS. Pastikan hard disk tercentang SATA sudah di aktifkan Untuk urutan SATA 0, SATA 1 dst. Hal ini tergantung kabel SATA yang kalian sambungkan ke mother board. Jadi bisa di cek sendiri.

  11. Hardisk Sudah Rusak
  12. Berikutnya, mengharuskan kalian mengganti HDD. Untuk memastikannya bisa kalian coba melepas hard disk dan mencobanya di komputer lain. Bisa juga dengan melepasnya lalu di tes dengan aplikasi pengecek kesehatan hard disk sepseri HDD Sentinel. Jika ternyata hdd sudah dicoba dikomputer lain tetap juga sama saja atau saat dicek menggunakan hdd Sentinel kesehatannya ternyata sudah buruk, maka sudah pasti kalian harus membeli hard disk baru.

Cara Mengatasi Hardisk Tidak Terbaca Saat Install Windows 

Cara Pertama
Saat muncul "No drivers founds" Jangan tutup proses instalasi tersebut, lakukan cara di bawah ini :
a. Tekan SHIFT + F10
b. akan masuk command prompt, ketik berturut-turut command prompt berikut ini, misal: x:\
  1.  DISKPART
  2.  LISTDISK (keluar drive di hdd), misal yang akan di instal disk 0 (BACA DISK NOL), maka:
  3.  SELECT DISK 0
  4.  CLEAN
  5.  CONVERT MBR ATAU CONVERT GPT (pilih salah satu, tergantung jenis hdd padalist disk)
  6.  CREATE PARTITION PRIMARY
  7.  SELECT PARTITION 1
  8.  ACTIVE
  9.  format fs=fat32 --> tunggu sampai 100%, akan lama memformat karena bukan format quick.
  10.  ASSIGN
  11. EXIT
c. Refresh Ulang,  drive yang akan di install muncul
d. Lanjutkan Install Windows 7

Cara Kedua
a. Gunakan HBCD Bootable Disk, baik bentuk CD atau USB Flashdisk
b. Cari partition magic, hapus partisi C dulu, lalu ganti driver yang akan di install misal dari d menjadi c:\ --> Apply
c. Biarkan proses partisi magic berlangsung, restart lalu Install Ulang dengan bootable windows yang diinginkan
Disarankan hati-hati untuk memformat partisi, supaya data-data penting tidak hilang.
Cara Ketiga
Jika sumber masalah berasal dari BIOS (cari tempatnya, karena tiap bios laptop beda),
seting dulu BIOSnya, pastikan:
  1. Disable-kan USB 3.0
  2. Hidupkan fitur AHCI
  3. Cari di google Update BIOS/Firmware dari produsen laptop untuk Windows 7 di flashdisk lain ya (jangan di flashdisk installer, karena tidak akan terbaca)  Extract dalam satu  folder, lalu Install (setup.exe) saat muncul minta driver saat install windows 7.
Cara Keempat
Pada solusi terakhir ini, Cari Instalasi OS yang AIO ( All in One ) dan Saat Proses Instalasi Muncul Tampilan Windows 10, walaupun sedang install windows 7, Pada intinya BIOS kalian hanya membaca installan atau image installan yang diatasnya yaitu Windows 10 "Walau kalian sedang install Windows 7"

Penutup

Sekian pembahasan kali ini, selamat mencoba. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi kalian semua. Terimakasih.

Anda mungkin menyukai postingan ini