Cara Mengatasi Lupa Password BIOS

Cara Mengatasi Lupa Password BIOS

Cara Mengatasi Lupa Password BIOS
Cara Mengatasi Lupa Password BIOS
Cara Mengatasi Lupa Password BIOS - Reset CMOS atau juga biasa di kenal dengan Reset BIOS adalah mengembalikan setting. BIOS menjadi settingan default atau settingan pabrik sehingga segala perubahan settingan pada BIOS akan hilang termasuk Password ketika ingin masuk ke BIOS. Untuk Cara Reset BIOS pada  Komputer PC sebenarnya janga dianggap sepele, karena komputer bisa menjadi rusak parah karena terlalu menganggap remeh.

Cara Reset Password BIOS Laptop

Pada dasarnya untuk melakukan reset bios laptop sama saja dengan reset bios pada komputer yaitu dengan melepas baterai motherboard laptop namun tentunya hal itu memerlukan keahlian khusus karena untuk membuka penutup laptop / cassing laptop bukanlah hal yang mudah. Untuk hal ini maka di sarankan anda menggunakan reset bios menggunakan software reset bios atau software clear CMOS.

1.1 Cara Reset Bios menggunakan Software :

Apabila komputer/laptop masih bisa nyala dan menjalankan Windows dan dapat menjalankan windows secara normal, maka bisa gunakan CMOS De-Animator. Untuk melakukan reset bios dengan menggunakan CMOS De-Animator laptop harus masih bisa dinyalakan dalam artian masih bisa masuk ke windows.

  • Download CMOS De-Animator ukurannya sangat kecil hanya 206 KB
  • Lalu jalankan pilih Bytes to Operated With
  • Pada Action to perform pilih Clear CMOS lalu klik Procces.
  • Restart laptop anda maka password bios telah hilang.
Software tersebut tidak hanya dapat digunakan untuk reset bios laptop namun juga bisa digunakan untuk reset bios komputer.

1.2 Cara menemukan Backdoor Password BIOS di Laptop

Pada laptop Fujitsu lifebook yang rencananya akan diformat (install ulang), masalah ditemui ketika ingin mengubah settingan hdd dari mode AHCI ke mode IDE agar windows xp yang akan di  install bisa mendeteksi harddisknya.

Pada  bios terdapat password, cara mereset password biosnya dengan cara mencabut batere cmosnya tidak bisa menghapus password untuk masuk ke BIOSnya, begitu juga dengan jumper reset cmosnya, yang tereset hanya tanggalnya saja (system date).

Biasanya kita diberi kesempatan tiga kali untuk memasukkan kode untuk passwordnya, setelah tiga kali salah, maka otomatis laptop akan terkunci, dan biasanya akan ditampilkan juga kode berupa angka dan hurup, nah angka dan hurup ini ternyata berisi backdoor atau kode untuk dapat masuk ke biosnya (master password).

Langkah-langkah untuk menampilkan kode backdoor :
  • Hidupkan laptopnya lalu tekan F2, maka akan tampil seperti gambar di bawah ini
  • Kemudian cobalah untuk memasukkan password 3x
  • Untuk password pertama masukkan kode: 3hqgo3
  • Untuk password kedua masukkanlah kode: jqw534
  • Untuk password ketiga masukkan kode: 0qww294e
  • Setelah tiga x kita memasukkan passwordnya tentunya laptopnya akan otomatis terkunci dan menampilkan kode/hash/serial seperti gambar di bawah ini.
  • Gunakan perangkat yang bisa mengakses internet lalu kunjungi bios-pw.org, ketik kode yang kalian dapatkan tadi lalu klik tombol Get password.

  • Terakhir, gunakan password yang muncul pada halaman tersebut pada PC klaian. Jika tidak bisa, restart terlebih dahulu PC kalian agar kolom untuk memasukan password muncul.

Penutup

Kedua cara tersebut cukup worth-it untuk kalian guanakan. Silahkan mencobanya, jika ada perntanyaan silahkan komentar pada kolom yang telah admin sediakan. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat! Terimakasih.

Anda mungkin menyukai postingan ini