Pengertian WML - Fungsi, Struktur dan Contoh Program WML

Pengertian WML - Fungsi, Struktur dan Contoh Program WML

Pengertian WML - Fungsi, Struktur dan Contoh Program WML
Pengertian WML - Fungsi, Struktur dan Contoh Program WML
Pengertian WML - Fungsi, Struktur dan Contoh Program WMLWML adalah bahasa yang digunakan di WAP. WML ini merupakan standar bahasa yang digunakan oleh protokol WAP. WML mirip dengan HTML, namun WML merupakan bahasa yang diturunkan dari Extensible Markup language (XML). WML digunakan untuk suatu script mark up language untuk membangun aplikasi WAP.

Pengertian WML (Wireless Markup Language)

Wireless Markup Language (WML) adalah bahasa markup yang dipakai untuk mengimplementasikan WAP. Fungsi WML mengubah halaman texts dari suatu web dan menampilakannya pada layar monitor HP / Handphone / Ponsel / telepon genggam. Perkembangan bahasa mark up dimulai pada tahun 1974 pada saat standart generalized mark up language pertaman kali.

Dokumen WML berbasis XML, dimana pada versi terbarunya adalah versi 1.0. WML harus mempunyai DTD (Document Type Definition), yang sekarang adalah versi 2.0. WML bukan suatu bahasa pemrograman, akan tetapi bahasa pengkodean yang ditulis berdasarkan suatu aturan tertentu sehingga dengan menggunakan bahasa inilah suatumicro browser akan mengubah isi file suatu homepage menjadi halaman WAP. Alasan mengapa HTML tidak digunakan sebagai standar bahasa untuk protokol WAP diantaranya adalah feature yang dimiliki oleh HTML sangat kompleks, sehingga jadi tidak relevan untuk dipakai pada mobile device

WML terdiri dari dua bagian yaitu :
  1. DOCUMENT PROLOG, yang memberikan tentang latar belakang dan sejarah WML . WML hasil dari bahasa XML ( Extendsible Mark Up Language ) .
  2. DOCUMENT TYPE DEFINITION, yang merupakan spesifikasi WML yaitu spesifikasi yang berisi aturan menulis dan meletakkan struktur tag dan elemen dalam WML yang benar.

1.1 Struktur File WML

Suatu dokumen WML mempunyai beberapa bagian yaitu header, template (optional), dan beberapa body yang disebut dengan decks. Sebuah dokumen WML dipandang sebagai sebuah tumpukan (decks) yang terdiri dari banyak kartu (cards). Cara ini berbeda dengan dokumen HTML yang memandang sebuah dokumen HTML sebagai suatu halaman. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan WAP device untuk menampilkan dokumen WML yang tidak seperti web browser umumnya pada PC.

1.2 Fungsi WML

  1. Mempresentasi Teks dan Layout, mencakup teks dan gambar.
  2. Metafora organisasi Deck atau Card (seluruh informasi dalam WML di atur kedalam sekumpulan card dan deck).
  3. Navigasi dan hubungan antar Card.
  4. Parameterisasi String dan manajemen status, seluruh deck WML bisa di parameter.

1.3 Contoh Program WML

<?xml version=”1.0″?>

<!DOCTYPE wml PUBLIC \”-//WAPFORUM//DTD WML 1.1//EN\””
. ” \”http://www.wapforum.org/DTD/wml_1.1.xml\”>

<wml>

<card id=”latih” title=”Hallo”>

<p>

Hallo WAP<br/>

Haloo RuangCoder<br/>

Hallo Dunia.

</p>

</card>

</wml>

Penutup

Sekian pembahasan kali ini tentang Pengertian WML - Fungsi, Struktur dan Contoh Program WML. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua! Terimakasih.

Anda mungkin menyukai postingan ini