Lengkap! Perbedaan UI & UX Design

Lengkap! Perbedaan UI & UX Design

Perbedaan User Interface (UI) dan User Experience (UX)
Perbedaan User Interface (UI) dan User Experience (UX)
Perbedaan User Interface (UI) dan User Experience (UX) - Dalam dunia digital marketing sekarang ini penting bagi kalian untuk mengetahui strategi bisnis yang kalian akan lakukan. Saat ini muncul sebuah istilah User Interface dan User Experience atau dikenal juga dengan singkatan UI dan UX. kalian yang asing dengan istilah ini, jangan khawatir karena pada artikel kali ini admin akan menjelaskan Apa Itu UI dan UX dan Perbedaan UI dan UX.

UX berkonsentrasi pada bagaimana sebuah produk terasa dan apakah memecahkan masalah bagi user. Sedangkan UI adalah bagaimana suatu website atau aplikasi yang kalian buat terlihat dan berbentuk seperti apa. Hal itu mencakup Layout (tata letak), Visual Design (desain visual) dan juga branding.

Pengertian UI dan UX

UI dan UX pada dasarnya merupakan 2 hal yang tidak dapat dipisahkan karena keduanya adalah pilar dalam mendesain sesuatu yang nyaman digunakan user atau pengguna. User Interface (UI) dan User Experience (UX) pada pengembangan website dan aplikasi sangat penting dan saling berkaitan. Pada dasarnya, UI adalah tentang cara kalian untuk memahami user. Tujuan UX mencari tahu siapa mereka, apa yang mereka capai, dan apa cara terbaik bagi mereka untuk melakukan sesuatu.

1.1 Pengertian User Interface (UI) 

User Interface (UI) adalah bagian dari UX berupa tampilan visual design sebuah sistem. Tampilan ini memungkinkan user terhubung dan berinteraksi dengan suatu produk. Selain berfungsi sebagai penghubung, UI juga berfungsi untuk memperindah tampilan sehingga dapat meningkatkan kepuasan user. Tapi, tidak Cuma indah aja, UI juga harus mudah digunakan.

Komponen UI yaitu komponen tombol, ikon tipografi, tema, layout, animasi yang tampil pada produk, dan visual interaktif lainnya. Semua komponen UI tersebut didesain dengan berfokus pada keindahan dan kemudahan user. Jadi, user bisa menikmati produk kalian.

Berdasarkan teori, Pengertian User Interface (UI) adalah kombinasi konten (dokumen, teks, gambar, video, dll), form (tombol, label, text  field, check box, drop-down list, desain grafis, dll), dan perilaku (apa yang terjadi jika kalian klik / seret / ketik).

Sebagai perancang UI, tujuan nya adalah menciptakan antarmuka user yang menarik, unik, dan juga menciptakan respons emosional dari user untuk membuat produk kalian lebih menyenangkan dan unggul. Desainer UI harus memastikan visual yang mereka pilih bisa merefleksikan aplikasi yang mereka buat. Desainer UI mencoba untuk memprediksi ekspektasi user

1.2 Pengertian User Experience (UX)

User Experience (UX) merupakan proses mendesain suatu produk melalui pendekatan user. Kalian  bisa menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan user. Komponen UX meliputi bagaimana fitur-fitur yang disediakan pada produk, struktur desain, navigasi penggunaan produk, aspek visual design, dan seluruh aspek interaksi dengan user. UX juga meliputi bagaimana kalian menentukan branding, konten, dan copywriting yang sesuai dengan target pengguna kalian.

Desainer UX merupakan orang yang membuat produk yang bermanfaat dan memvisualisasi user flow menjadi desain produk yang teruji dan tentunya indah. Desainer UX akan bekerja sama dengan tim lainnya untuk mencari titik temu antara kebutuhan user, tujuan bisnis dan kemajuan teknologi. Nah, Titik temu itulah yang kemudian dijadikan sebuah produk bermakna, berguna, dan menyenangkan. Desain yang dibuat desainer UX akan menentukan mudah atau sulitnya user experience atau interaksi dengan web.

1.3 Perbedaan User Interface (UI) dan User Experience (UX) 

  1. Tujuan Desain
  2. UI Fokus pada keindahan tampilan yang akan mempengaruhi kesan pertama user melihat produk kalian, sedangkan UX fokus pada kepuasan menggunakan produk mempengaruhi bagaimana pengalaman user saat menggunakan produk.
  3. Proses Desain
  4. proses desain UX berlandaskan riset pengguna sehingga menghasilkan produk yang disukai dan dibutuhkan oleh target pengguna. Setelah melakukan riset, desainer merancang sketsa desain dengan wireframe dan prototype. Riset yang dilakukan merupakan UI adalah riset desain untuk membuat desain yang menarik dan sesuai dengan konsep. Desainer UI juga perlu merancang model desain yaitu dengan membuat mockup  dahulu.
  5. Komponen Desain
  6. komponen UI tersebut di antaranya meliputi warna, gambar dan video animasi, typography, buttons. Komponen UX adalah fitur-fitur, struktur desain, dan navigasi. Termasuk juga tampilan interface, copywriting, hingga branding.
  7. Tools yang Digunakan 
  8. Aplikasinya adalah : Flinto, Principle, Frames X, Adobe illustrator, dll. Dilengkapi beberapa tools pendukung desainer UI seperti tools menambahkan unique interaction icon, easy transitions, UI assets and kits. UX membutuhkan aplikasi prototyping. Aplikasi prototyping  desainer UX adalah : Sketch, InVision, Figma, Adobe XD, Axure, dll.  fitur yang tersedia seperti fitur collaboration, real-time editing, easy to test design.
  9. Skill yang Dibutuhkan 
  10. Skill yang dibutuhkan seorang desainer UI adalah desain grafis, design branding, creative thinking, dan convergent thinking. Desainer UX harus memiliki skill melakukan riset, analytical thinking, problem solving, critical thinking, dancreative thinking.

Penutup

Dari penjelasan di atas, UI merupakan bagian dari UX. Keduanya merupakan elemen penting yang saling membutuhkan dalam pengembangan website atau aplikasi. Kalau desain UX suatu produk sangat baik tetapi desain UI-nya tidak bagus, first impression user juga akan tidak bagus. Sama juga halnya, kalau desain UI suatu produk bagus, tetapi desain UX-nya tidak bagus, user tidak akan suka menggunakan produk tersebut. 

Nah itulah penjelasan tentang Perbedaan UI dan UX. Jadi, keduanya harus sama sama memiliki desain yang baik sehingga produk kalian disukai oleh user secara keseluruhan. Dengan begitu manfaat produk pun juga dapat dirasakan oleh usernya. Jika kalian ada pertanyaan, silakan tulis di kolom komentar ya. Terimakasih!

Anda mungkin menyukai postingan ini