Tipe Data Dalam Pemrograman : Jenis, Variable, dan Fungsinya

Tipe Data Dalam Pemrograman : Jenis, Variable, dan Fungsinya

Tipe Data Dalam Pemrograman : Jenis, Variable, dan Fungsinya
Tipe Data Dalam Pemrograman : Jenis, Variable, dan Fungsinya
Tipe Data Dalam Pemrograman : Jenis, Variable, dan Fungsinya - Saat kalian mulai mempelajari dasar-dasar pemrograman dengan bahasa apapun pasti kalian akan dianjurkan untuk memahami penggunaan tipe data. Variabel adalah simbol yang digunakan untuk menyimpan sebuah nilai. Sedangkan tipe data adalah jenis nilai yang akan disimpan. Tipe data merupakan kelompok data berdasarkan jenis-jenis tertentu. Setiap bahasa pemrograman memiliki tipe data yang berbeda-beda. Tetapi ada beberapa tipe data yang umumnya terdapat dalam bahasa bahasa pemrograman apapun. Tipe data berfungsi untuk menentukan value atau nilai yang akan disimpan ke dalam memori dan akan diproses dalam sebuah program aplikasi yang sedang dikembangkan.

Tipe Data dan Variabel

1.1 Tipe Data

Tipe data adalah Kumpulan benda atau objek yang bisa kalian temui pada suatu data. Contoh dari tipe data yang kalian temui sehari hari adalah tentang bilangan bulat. PHP termasuk bahasa pemrograman yang longgar untuk masalah tipe data, ketika menggunakan PHP, kalian tidak perlu dipusingkan dengan tipe data, karena ketika melakukan operasi, PHP akan otomatis mengubah nilai sesuai dengan tipe data yang diperlukan.

1.2 Variabel

Variabel adalah simbol yang digunakan untuk menyimpan sebuah nilai. Salah satu komponen utama program adalah variabel. Variabel adalah objek di mana informasi dinamis disimpan. Ketika kalian menuliskan nama kalian ketika ingin membuat account baru atau proses login ke website, nama yang klaian masukkan akan disimpan dalam variabel sebelum diproses lebih lanjut.

Tidak semua variabel memiliki karakteristik yang sama. Informasi yang bisa disimpan oleh variabel ditentukan berdasarkan jenis atau tipe data variabel tersebut. Pada artikel kali ini admin akan membahas beberapa jenis tipe data pada umumnya yang hampir seluruh bahasa pemrograman.

1.3 Jenis-Jenis Tipe Data

  1. Primitive (Sederhana)
  2. Tipe data Primitive adalah tipe data yang mampu menyimpan satu nilai pada setiap satu variabel. Tipe primitive merupakan tipe data dasar dan sering dipakai oleh setiap program.

    Jenis-jenis Tipe Data Primitive :

    a. Integer : Tipe data berupa bilangan bulat.
    b. Real : Bilangan yang berisi titik decimal atau jenis bilangan pecahan.
    c. Karakter : Tipe data yang bisa  menyimpan 1 digit saja.
    d. Boolean : Tipe data logika yang berisi dua kemungkinan Betul atau Salah.
    *integer dan real adalah tipe data yang termasuk ke dalam kategori tipe data numberik.

  3. Composite
  4. Tipe data Composite adalah tipe data yang dapat menampung banyak nilai.

    Jenis-jenisnya tipe data composite :

    a. Array : Tipe data yang terstruktur dengan baik. Array bisa menyimpan sejumlah data yang sama dalam sebuah variable.
    b. Record : Tipe data yang bisa bisa menimpan banyak data dengan tipe data yang berbeda-beda.
    c. Image : Tipe data yang untuk menyimpan data gambar Date.
    d. Time : Tipe data untuk menyimpan tanggal dan waktu.

  5. Terstruktur
  6. Tipe data terstruktur adalah tipe data yang dapat digunakan untuk menyimpan lebih dari satu tipe data dalam variabel.

    Jenis-jenis tipe data terstruktur :

    a. String : Tipe data yang dapat menyimpan banyak karakter sekaligus.
    b. Set : Tipe data yang merupakan suatu himpunan yang berisi nilai. Khusus digunakan dalam bahasa pemrograman Pascal.

1.4 Tipe Data Dasar yang Sering digunakan oleh Programmer

  1. Tipe data Karakter (character/char)
  2. Jenis tipe data cuma bisa memungkinkan sebuah variabel menyimpan informasi sebuah single karakter, seperti huruf “P”,, “c”, “7”, atau “@”.

  3. Tipe data String
  4. Tipe data string memungkinkan variabel menyimpan informasi untaian karakter, seperti kata atau kalimat.

  5. Tipe data Integer (int)
  6. Jenis tipe data integer digunakan apabila kalian ingin menyimpan informasi angka (bilangan bulat) dalam variabel, tetapi bukan bilangan pecahan.

  7. Tipe data Floating Point Number (float)
  8. Berupa angka dengan format pecahan atau angka desimal, floating point adalah jenis tipe data yang sesuai. Angka “65,00” secara teknis merupakan nilai bertipe floating point walaupun nilai tersebut juga bisa direpresentasikan sebagai nilai “65”. Tipe data membutuhkan ukuran memory yang lebih besar dibandingkan tipe data angka integer.

  9. Tipe data Boolean (bool)
  10. Boolean biasanya digunakan cuma untuk merepresentasikan dua kondisi, yaitu nilai TRUE dan FALSE atau data berarti bernilai 1 dan 0 atau kondisi ON dan OFF. Jenis tipe data ini merupakan jenis yang paling sederhana, tapi cukup sering digunakan dalam setiap pemrograman.

  11. Tipe data Array
  12. Array sering disebut sebagai tipe data larik. Array pada dasarnya merupakan kumpulan sejumlah variabel bertipe data sama dengan ukuran tertentu, yang tersusun secara runtun. Terdapat beragam variasi dari tipe data array, bergantung pada bahasa pemrograman yang digunakan.

Penutup

Sekian penjelasan tentang Tipe Data Dalam Pemrograman : Jenis, Variable, dan Fungsinya pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat bagi kalian semua. Terimakasih.

Anda mungkin menyukai postingan ini