Perulangan Bersarang (Nested Loop) pada Java

Perulangan Bersarang (Nested Loop) pada Java

Perulangan Bersarang (Nested Loop) pada Java
Perulangan Bersarang (Nested Loop) pada Java

Perulangan Bersarang (Nested Loop) pada Java - Looping atau Perulangan adalah perintah yang digunakan untuk mengeksekusi sebuah statement berulang kali sampai dengan kondisi yang telah ditentukan, untuk membuat statement perulangan pada java, kalian bisa menggunakan kata kunci for, while, do-while. Pada java kalian bisa membuat sebuah statement perulangan didalam perulangan atau looping bersarang, dalam java istilah tersebut dapat dinamakan Nested Loops, misalnya for didalam for, while didalam while atau while didalam for. Untuk pembahasan For, While dan Do - While sudah admin bahas pada artikel sebelumnya, yang bisa kalian baca disini.
Membuat Daftar isi di Artikel :

Perulangan Bersarang (Nested Loop)

Kali ini kita akan belajar memahami fungsi dari Nested Loops dan juga contoh penggunaannya didalam program java, Nested Loops atau perulangan bersarang, biasanya digunakan pada sebuah statement yang memerlukan suatu proses yang panjang, misalnya mencetak nilai pada Array 2D/Multidimensi atau menjalankan Thread pada program multi tasking, dan sebagainya.

Contoh Syntax Perulangan Bersarang Sederhana

for (int i = 1; i <= 5; i++) {

   // codes inside the body of outer loop

   for (int j = 1; j <=2; j++) {
      // codes inside the body of both outer and inner loop
   }

   // codes inside the body of outer loop
}

Keterangan : ada for dengan variable i dan untuk for kedua dengan variable j ada di dalam for i tersebut. Kegunaan nested loop digunakan untuk menampilkan array multidimensi.

Implementasi Nested Loop Pada Java

public class Looping{
 
 public static void main(String[] args){
  for (int i=1; i<=3;i++ ) {
   for (int j=1;j<=4 ;j++ ) {
    System.out.format("Perulangan [i=%d, j=%d] %n", i, j);
   }
  }

 }

}
Output :
Perulangan [i=1, j=1] 
Perulangan [i=1, j=2] 
Perulangan [i=1, j=3] 
Perulangan [i=1, j=4] 
Perulangan [i=2, j=1] 
Perulangan [i=2, j=2] 
Perulangan [i=2, j=3] 
Perulangan [i=2, j=4] 
Perulangan [i=3, j=1] 
Perulangan [i=3, j=2] 
Perulangan [i=3, j=3] 
Perulangan [i=3, j=4]

Keterangan
: fokuslah pada for yang ada di dalam for i yaitu for j (int j=1;j<=4 ;j++ ) dalam for loop ini yang ada di dalam inilah yang akan di eksekusi dulu sampai habis (kondisi sampai false), lalu lihat output j selalu bertambah bukan setelah program mencetak nilai i dan j sementara nilai i akan bertambah ketika j sudah di loop semua, kemudian lihat output baris ke lima, i akhirnya berubah dari 1 ke 2, dan ketika i berubah, j akan kembali loop sampai habis. begitu terus sampai kondisi i bernilai false. (for (i) ---> (for(j) --> kondisi j true --> ulangi for j ---> jika j sudah false) --> ulangi for i ) --> jika kondisi i false --> perulangan selesai. Intinya for yang berada di dalam itu dieksekusi dulu sampai selesai, baru for yang berada di luar akan di eksekusi setelahnya.

package ruangcoder;

public class latihan_java {
    public static void main(String[] args){
        String[][] programming = {{"JAVA", "KOTLIN", "C++"},
                                  {"PHP", "RUBY", "CSS"},
                                  {"JS", "PYTHON", "C#"}
        };
        
        for(int b=0; b<programming.length; b++){
            
            for(int k=0; k<programming[b].length; k++){
                System.out.println(programming[b][k]);
            }
            
        }
    }
}

Output :


Keterangan : Program diatas akan mencetak semua nilai pada Array 2D, for (outer) digunakan untuk menghitung nilai pada baris array dan for (inner) digunakan untuk menghitung nilai pada kolom Array. Variable b digunakan untuk memilih baris pada Array dan k digunakan untuk memilih kolom pada Array. Apabila kalian ingin menampilkan nilai Array menggunakan for-loops, admin sarankan untuk menggunakan konsep for-each agar lebih mudah dan praktis. 

Penutup

Nested loop biasa digunakan untuk array multidimensi, untuk membuat star pattern juga menggunakan nested loop. Pembahasan ini akan admin jelaskan pada artikel selanjutnya. Point penting yang harus kalian ketahui untuk cara kerja nested loop ini akan mengeksekusi loop yang berada di dalam dulu, baru akan mengeksekusi loop yang ada di luar.

Anda mungkin menyukai postingan ini