Perbedaan HTTP dan HTTPS

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Perbedaan HTTP dan HTTPS
Perbedaan HTTP dan HTTPS

Perbedaan HTTP dan HTTPS - HTTP dan HTTPS merupakan dua jenis protokol dalam jaringan internet. Hypertext Transfer Protocol (HTTP) merupakan protokol yang mengatur komunikasi antara client dan server. Sedangkan Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) merupakan versi secure dari HTTP yang dikembangkan oleh Netscape Communications Corp.

Salah satu cara mengetahui perbedaan suatu website menggunakan protokol HTTP dan HTTPS dengan memperhatikan address bar pada browser yang kalian gunakan. Apa perbedaan HTTP dan HTTPS ? Silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah protokol yang mengatur komunikasi antara client dan server. Yang menjadi client adalah web browser atau device lain yang dapat mengakses, menerima dan menampilkan konten web.

Umumnya cara komunikasi antara client dan server adalah client melakukan request ke server, kemudian server mengirimkan respon terhadap client. Respon yang dimaksud dapat berupa file HTML yang akan ditampilkan di browser maupun data lain yang di-request oleh client. Semua kegiatan tersebut diatur oleh suatu protokol yang sedang di bahas, yaitu HTTP.

Sedangkan Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) adalah versi secure dari HTTP yang dikembangkan oleh Netscape Communications Corp.

Perbedaan HTTP dan HTTPS akan terlihat ketika kalian mengakses situs HTTP, kebanyakan website yang menggunakan HTTPS akan otomatis melakukan redirect ke HTTPS ketika diakses melalui HTTP://. Contohnya, silakan akses alamat berikut http://www.ruangcoder.com Maka akan otomatis menjadi https seperti di bawah ini.



Perbedaan HTTP dan HTTPS bisa dilihat dari beberapa aspek, yaitu :
  • Keamanan data yang dikirimkan
HTTP tidak menjamin keamanan data yang ditransmisikan antara client dengan server. HTTPS menjamin keamanan data yang dikirimkan. Berbicara keamanan data, sedikitnya ada 3 aspek yang ditangani oleh HTTPS, yaitu:

Autentikasi Server
Dengan adanya autentikasi server, user yakin sepenuhnya bahwa mereka sedang berkomunikasi dengan server yang mereka tuju.

Kerahasiaan Data
Data yang ditransmisikan tidak akan bisa dipahami oleh pihak lain, karena data yang ditransmisikan telah dienkripsi.

Integritas Data
Data yang sedang ditransmisikan tidak dapat diubah oleh pihak lain, karena akan divalidasi oleh message authentication code (MAC).
  • Port yang digunakan
Untuk melakukan komunikasi, secara default HTTP menggunakan port 80, dan HTTPS menggunakan port 443.
  • Kebutuhan SSL
Secara default, protokol yang dipakai untuk komunikasi client-server adalah HTTP. Sedangkan untuk bisa menggunakan protokol HTTPS, kalian diharuskan memiliki sertifikat SSL. Secure Socket Layers (SSL) merupakan teknologi keamanan yang memungkinkan untuk melakukan enkripsi terhadap data yang akan ditransmisikan antara client dan server. SSL memungkinkan kalian untuk bisa mengirim informasi penting, seperti nomor kartu kredit dan login credential, dengan aman.

Penutup

Sekian penjelasan kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian semua. Terimakasih !

Anda mungkin menyukai postingan ini