10 Mesin Pencarian Selain Google

10 Mesin Pencarian Selain Google
10 Mesin Pencarian Selain Google

10 Mesin Pencarian Selain Google - Mesin pencari adalah platform untuk mempermudah pencarian data atau informasi. Mesin pencarian seperti Google sudah menjadi mesin pencari utama yang hampir digunakan oleh setiap orang. Tetapi, ternyata masih ada sangat banyak mesin pencari lain yang mungkin tidak terlalu terkenal tapi memiliki fungsi yang sangat berguna.

Seperti yang sudah disebutkan, Google memang masih menjadi mesin pencari terbaik untuk saat ini. Tapi, apa salahnya apabila kalian mengetahui juga mesin pencari alternatif lain yang tampilan dan cara penyimpanan data penggunanya yang berbeda. Apa saja mesin pencarian selain Google? Silahkan simak artikel dibawah ini untuk mengetahuinya lebih lanjut!

10 Mesin Pencarian Selain Google 

1. Yahoo! Search


Pasti kalian familiar dengan yang satu ini. Mesin pencari yang diciptakan pada tahun 1995 ini menjadi pesaing Google di awal 2000an. Selain menjadi mesin pencarian, Yahoo! juga mempunyai layanan lain, seperti Yahoo! Mail, News, Finance, Sports, dan Answers yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan berbagai macam informasi. Selain itu terdapat pula Yahoo! Finance sebagai sumber informasi seputar ekonomi dan bisnis yang cukup update. 

Saat ini, Yahoo! sudah bekerja sama dengan Bing dan Microsoft untuk memberikan hasil pencarian yang lebih relevan, hal ini bisa dilihat dari kesamaan fitur Yahoo! Search dengan Bing, yaitu background mesin pencari yang selalu berganti. Karena kerja sama ini, Yahoo juga menyediakan akses pencarian dalam 38 bahasa.

2. Bing

Mesin pencari nomor dua terbesar saat ini di Amerika adalah Bing. Bing menguasai sebesar 19,8 persen dari pasar pencarian serta di dukung oleh Microsoft. Saat ini Bing bisa menampilkan hasil pencarian yang dikumpulkan oleh Yahoo! Tampilan Bing juga berbeda, karena setiap saat menampilkan gambar background yang berbeda.


Selain itu, Bing juga memiliki beberapa kemampuan utama, seperti sebagai kalkulator, menampilkan catatan poin olahraga, pelacakan penerbangan, berbelanja, penterjemah, konversi mata uang, pengecekan kata-kata dan masih banyak lagi.

Bing memiliki fitur – fitur seperti Bing Ads, Bing Events, Bing Finance dll. Bing juga bisa di integrasikan dengan Facebook serta perangkat Apple dan Windows. Dengan tersedianya versi aplikasi mobilenya membuat Bing menjadi alternatif terbaik selain Google. Karena mesin pencarian yang satu ini mirip dengan Goggle. Ohya, Bing bekerja sama dengan Microsoft, jadi kalian bisa menemukan menu untuk mengakses program Microsoft, seperti MSN, Outlook, dan berbagai program Microsoft Office di halaman awal.

3. Wayback machine

Wayback machine adalah Search engine yang memuat Arsip digital tentang informasi sebuah website. Kalian bisa melihat bagaimana tampilan website dari waktu ke waktu. mesin pencari ini diciptakan oleh Internet Archive, salah satu organisasi non-profit yang ada di San Francisco, California.

4. DuckDuckGo

DuckDuckGo adalah salah satu mesin pencari selain Google paling aman dan sederhana yang dapat kalian pakai. Sesuai dengan taglinenya, “Privacy, Simplified,” DuckDuckGo menjamin privasi data yang kalian berikan saat melakukan pencarian sehingga jejak pencarianmu tidak akan terdeteksi oleh para pengiklan. Maka dari itu, setiap kata kunci yang kalian cari akan menampilkan hasil yang populer dan umum. mesin pencari ini otomatis menonaktifkan bot pelacak iklan. Dengan begini, data pribadi kalian akan tetap aman.


DuckDuckGo merupakan salah mesin pencari yang tengah berkembang dengan pesat. DuckDuckGo menjadi alternatif terbaik selain Google, karena fitur – fitur yang ditawarkannya sangat banyak. Mozilla telah menambahkan DuckDuckGo sebagai alternatif mesin pencarian pada aplikasi penjelajah internetnya. DuckDuckGo  juga mengumpukan data-data pencarian dari Yandex, Bing dan mesin pencari lainnya. Kemudian hasil pencari tersebut ditampilkan secara pribadi pada penggunanya.

5. Social Mention

Social Mention merupakan mesin pecarian yang mengambil informasi dari seluruh sosial media yang ada di internet. Social mention biasa dipakai untuk melacak dan mengukur apa yang dikatakan orang tentang kalian, perusahaan Anda, produk baru, atau topik di seluruh sosial media secara real-time.

6. SmashFuse

Mesin pencari tentang sosial media yang memberikan hasil berupa kolom tren yang memberitahu kalian apa yang sedang menjadi trending topik di media sosial. informasi berupa gambar, video atau bahkan tweet.

7. Yandex

Yandex di buat di tahun 2000 oleh sebuah perusahaan asal Rusia. Sekarang, Yandex merupakan mesin pencari peringkat ke-empat terbesar di dunia. Yandex menawarkan sejumlah layanan kepada para user seperti video, gambar – gambar, tersedia juga aplikasi penjelajah internet Yandex Browser, fitur penterjemah, peta, penyimpanan awan dan bahkan layanan email.


Melalui komitmen untuk membantu konsumen menjalankan bisnis di dunia online dan offline dengan lebih baik, Yandex menyediakan fitur yang bisa kalian pakai sebagai pengganti Google. Bukan cuma menjadi mesin pencari, Yandex juga menampilkan layanannya di halaman awal mesin pencarian, seperti gambar, video, email, peta, penerjemah hingga AppMetrica yang setara dengan Google Analytics.

8. Geevv


Geevv memiliki konsep social search engine, jadi setiap user yang mencari menggunakan mesin pencari ini secara tidak langsung terlibat dalam sebuah aktifitas sosial. Hal ini yang membuat Geevv berbeda dengan mesin pencari yang ada saat ini.

User yang melakukan pencarian menggunakan Geevv akan mendapatkan poin sebesar 10 Rupiah untuk setiap satu pencarian. Nantinya jumlah total dari poin yang terkumpul akan didonasikan dan disalurkan ke beberapa program sosial seperti kesehatan, pendidikan dan kemiskinan. Untuk jumlah poin yang terkumpul akan ditampilkan di pojok kanan atas layar. Saat ini juga Sekarang Geevv telah menyediakan versi aplikasi mobilenya untuk memudah user melakukan pencarian dari perangkat mobile.

9. Baidu


Mesin pencari yang satu ini sering disebut sebagai “Google-nya China.”  Baidu telah menguasai lebih dari setengah market share di China pada tahun 2018. Selain Baidu, china menggunakan Bilibili sebagai aplikasi berbagi video untuk menggantikan YouTube. Mesin pencari ini juga bisa kalian pakai untuk mempelajari bahasa Mandarin karena setiap halaman pencarian Baidu menggunakan aksara Han (Hanzi).

10. StartPage

Mesin pencari satu ini berhasil menggabungkan antara keamanan data pribadi dan hasil pencarian yang relevan dengan kalian. StartPage secara legal membayar Google untuk menggunakan sistem mesin pencari yang mereka miliki. StartPage  menyajikan hasil pencarian paling lengkap di internet.


StartPage juga turut membayar Google supaya menghilangkan trackers yang mengumpulkan informasi personal kalian. Hasilnya, tidak ada informasi pribadi yang dicuri dan hasil pencarian yang ditampilkan bersifat netral. 

Penutup

Banyak kan mesin pencarian yang bisa kalian gunakan untuk pilihan alternatif. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat!