PHP Dasar - Perulangan pada PHP

 
PHP Dasar - Perulangan pada PHP
PHP Dasar - Perulangan pada PHP

PHP Dasar - Perulangan pada PHP. Dalam setiap bahasa pemrograman tentunya memiliki perulangan Perulangan atau looping. Hal yang paling wajib kalian kuasai dalam bahasa pemrograman yaitu perulangan. Banyak algoritma yang memerlukan proses perulangan atau looping sebagai terwujudnya alogirtma seperti menggunakan array, searching, sorting dan yang lainnya. Dengan blok kode perulangan, kalian dapat  membuat suatu statement atau perintah dalam PHP dengan satu kali saja, lalu sistem yang akan menjalankannya berulang kali.

Pengertian Perulangan Pada PHP

Perulangan atau looping digunakan untuk mempermudah melakukan proses yang berulang-ulang sesuai dengan perintahnya. Contoh nya adalah, ketika kalian ingin mengurutkan angka 1 sampai 100, maka hal yang paling mudah dalam pemrograman dengan menggunakan perulangan,  dengan Algoritma menambahkan nilai 1 pada setiap angka yang diulang. Coba bayangkan apabila tidak ada perulangan ini, kalian akan capek karena harus menginputnya secara  manual.

Jenis-Jenis Perulangan pada PHP

Perulangan For

Perulangan For merupakan yang paling simpel, digunakan untuk mengulang suatu pernyataan sebanyak yang kalian inginkan. Penggunaan  for pada php dengan cara menentukan kondisi jumlah atau nilai yang ingin diulang. Dalam perulangan ini kalian bisa menentukan jumlah perulangannya.

Contoh Perulangan For
<?php

for($i = 1; $i <= 9; $i++)
{
     echo $i . '<br />';
}

?>
Maka Hasilnya adalah :
  1
  2
  3
  4
  5
  6
  7
  8
  9

Perulangan While

Perulangan while hampir sama dengan perulangan for. Tetapi while lebih ditujukan untuk kasus di mana kalian tidak mengetahui secara pasti ada berapa jumlah perulangan yang harus dilakukan. While biasanya digunakan untuk mengulang sesuatu yang belum jelas jumlah pengulangannya.

Contoh Perulangan While
  <?php
$i = 1;

while($i <= 9)
{
     echo $i . '<br />';

     $i++;
}
?>
Hasilnya adalah
  1
  2
  3
  4
  5
  6
  7
  8
  9
Keterangan : Perbedaan yang terlihat antara for dan while adalah kondisi tidak ditulis didalam fungsi perulangannya, dan proses penambahan angka dengan menggunakan metode post-increment ditulis di dalam proses perulangan.

Perulangan Do While

Sebenarnya perulangan do while sama  dengan perulangan while. Sama sama mengevaluasi ekspresi boolean. Logika nya adalah selama ekspresi tersebut bernilai true, perulangan akan terus dilakukan. Dan apabila nilai boolean tersebut false, maka perulangan akan dihentikan.

Perulangan Do While sama seperti perulangan while.  Perbedaannya terletak pada cara nya dalam memulai pengulangan. Perulangan Do While melakukan pengulangan sebanyak 1x, setelah itu melakukan pengecekan kondisi. Nah, kalo perulangan while mengecek kondisi dahulu, baru deh melakukan pengulangan.

Contoh Perulangan Do While

Perbedaan yang mendasar dengan While yaitu yang dilakukan adalah dengan mengeksekusi pernyataan terlebih dahulu, setelah itu membaca kondisi. program sederhana dari do while adalah sebagai berikut :
  <?php

$i = 1;

do{
     echo $i . '<br />';

     $i++;
}
while($i <= 9);

?>
Yang menentukan perhitungannya yaitu posisi operator post-increment ($i++), variabel akan dicetak terlebih dahulu baru ditambahkan nilai 1. Tetapi apabila posisi post-increment ($i++) ada diatas perintah cetak maka yang terjadi adalah program akan terlebih dahulu menambahkan nilai satu pada variabel $i, misalnya seperti contoh dibawah ini:
  <?php

$i = 1;

do{
     $i++;

     echo $i . '<br />';
}
while($i <= 9);

?>
Hasilnya adalah :
  2
  3
  4
  5
  6
  7
  8
  9
  10
Bisa kalian lihat sendiri, ada perubahan proses, yaitu nilai akan ditambahkan lebih dulu maka akan menghasilkan angka 2 – 10, beda kan dengan sebelumnya. Kesimpulannya adalah hasil dari proses adalah bergantung pada posisi operator post-increment.

Perulangan Foreach

Pada dasarnya, perulangan foreach sama seperti perulangan for. Hanya saja ia lebih khusus digunakan untuk mecetak array. Perulangan ini khusus untuk tipe data array. Array asosiatif mau pun array terindeks. Kalian dapat melakukan perulangan pada setiap elemen array tanpa harus mengetahui berapa panjang dari array itu sendiri.

Contoh Perulangan Foreach
  <?php

$array = array('PHP', 'Java', 'Ruby');

foreach($array as $value) {
     echo $value . '<br />';
}

?>
Hasilnya adalah :
  PHP
  Java
  Ruby

Penutup

Sekian pembahasan kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua!