16 Tips Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak!

16 Tips Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak
16 Tips Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

16 Tips Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak - Seringkali banyak yang mengeluhkan, mengapa laptop mereka sering bermasalah.  Tanpa disadari mereka kurang memperhatikan perawatan dari laptop yang mereka gunakan. Untuk memperbaiki laptop yang rusak tentunya memakan biaya yang tidak sedikit alias mahal. Oleh karena itu, kalian harus bisa menjaga dan merawat Laptop kalian. Untuk merawat laptop tidak perlu khawatir dan tidak perlu membawa laptop kalian ke layanan secara berkala. 

Kalian bisa merawat sendiri laptop kalian sendiri tanpa harus membayar layanan tukang. Bagaimana Caranya? Tenang saja, Admin akan membagikan tips dan cara merawat laptop kalian agar tetap awet dan tidak mudah rusak. Ini dia 16 cara yang bisa kalian lakukan untuk merawat laptop agar awet dan tidak cepat rusak.

16 Tips Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

1. Jangan pakai laptop diatas kasur

Kebiasaan menggunakan laptop di atas kasur merupakan kebiasaan yang di lakukan oleh sebagian orang, Hal ini sangat tidak baik karena menggunakan laptop diatas kasur dapat menghambat sirkulasi udara didalam laptop, Akibatnya laptop kalian akan overheat atau kelebihan suhu dari hardware meningkat dan bisa cepat merusak laptop kalian. Itu karena ketika kalian memakai laptop di atas kasur atau di atas tempat-tempat yang tidak datar (menghambat keluarnya udara), maka udara panas yang dihasilkan oleh laptop tersebut tidak bisa keluar dan mengganggu kinerja Hardware dari laptop itu sendiri dan bisa membuat Hardware itu rusak.

2. Jangan Menaruh Barang Berat di Atas Laptop

Ketika kalian menutup laptop , jangan taruh benda berat apapun diatas laptop mulai dari kertas, pensil, buku, handphone, tablet, dan lainnya karena itu bisa mempengaruhi kesehatan laptop, karena jika laptop kalian tertekan dengan benda berat yang kalian letakkan diatas bisa jadi layar atau lcd laptop kalian akan mengalami masalah. Kebiasaan menaruh barang, khususnya barang-barang yang berat, maka nantinya akan berurusan dengan yang berat juga. Kemungkinan besar yang rusak adalah layarnya. 

Kalo sering naruh barang berat, nanti desktopnya bakal ganti tema jadi dark themes. Nah kalo udah ganti jadi dark themes, balikin ke defaultnya yang mahal. Biaya-nya variatif, tergantung pada merk laptop.

3. Jauhkan Dari Sesuatu yang Basah

Laptop itu barang elektronik sangat sensitif dengan yang namanya air, terlebih pada air yang mengandung mineral. Soalnya kalo terkena air yang ada kandungan mineralnya bakal korosi pada bagian-bagian tertentu. kalo tingkat korosinya banyak, laptop kalian akan rusak. Makanya, ketika menggunakan laptop, usahakan untuk jauhkan laptop kalian dari sesuatu yang basah. Karena kalo laptop terkena air, akan sulit untuk memperbaiki laptop tersebut, apalagi jika kadar air yang masuk ke dalam laptop tersebut cukup banyak.

4. Jangan Langsung Menutup LCD setelah Dimatikan dan Pada Saat Nyala

Kalian tidak diperbolehkan menutup layar setelah dimatikan, karena takutnya layar terkena suhu panas yang menguap dari hardware-hardware laptop. Ketika laptop baru banget dimatikan, maka panas yang dihasilkan dari laptop kalian belum hilang dan jika kalian langsung menutup layar laptop setelah mematikan laptop tanpa ada jeda waktu, takutnya panasnya akan membakar layar laptop secara kecil dan perlahan. Selain itu juga ketika laptop kalian lagi menyala jangan langsung menutup layar pada laptop kalian. Itu juga sangat berbahaya.

5. Jangan Browsing dan Download Sembarangan

Virus-virus yang ada di laptop atau komputer itu sebagian besar berasal dari situs-situs tidak jelas yang kalian akses. Situs akan melakukan transfer file (virus) ke komputer pengunjungnya secara tidak kasat mata. Makanya, setiap kali berselancar di internet, pastikan antivirus hidup dan bisa digunakan. Antivirus ini akan memperingatkan kalian jika situs yang akan diakses itu berbahaya. Walaupun kalian lanjut, antivirus akan mencegah pengunduhan gaib itu. 

Yang namanya virus pasti mengganggu kan. Kalian tau apa itu malware ? malware adalah virus yang mengunci dan menjadikan semua file sebagai tawanan dan meminta sejumlah uang kalau ingin dibuka kuncinya. Serem kan, makanya kalian harus hati-hati yaaa.

6. Pemakaian yang Sewajarnya Saja

Secanggih-canggihnya laptop, semahal apapun harganya, pasti memerlukan waktu istirahat. Jangan memforsir laptop kalian dengan memakainya secara berkesinambungan tanpa ada jeda. Pakailah laptop dengan normal penggunaan nya.

7. Jangan Sampai Baterai 0%

Menggunakan laptop hingga mati karena 0% akan mengurangi daya tahan baterai. Yang awalnya bisa tahan sampai 4 jam, karena keseringan digunakan seperti itu, hanya tahan sampai 1 jam saja. Ini akan menganggu kerjaan nantinya. Hindarilah memakai laptop sampai 0%. Usahakan untuk mematikannya sebelum daya baterai 20%, agar baterainya lebih awet.

8. Install Software yang Diperlukan Saja

Misalkan untuk pemrograman,  software yang diperlukan untuk coding website saja misalnya web server, IDE, browser, dan beberapa yang lain. Aplikasi yang tidak penting akan membebani proses yang berjalan. Akibatnya, ketika kalian menjalankan aplikasi, apapun itu, akan terasa lebih lambat. Nah, maka dari itu hapus aplikasi yang sekiranya jarang kalian pakai, dan tidak di butuhkan.

9. Jangan Dipakai saat di charge

Semua barang elektronik itu semakin banyak waktu digunakan maka dia akan cepat rusak. Barang elektronik itu seperti sudah ada durasi pemakaiannya. Sama seperti baterai laptop, dia juga punya durasi pemakaian. Semakin sering dia dipakai berarti durasinya semakin banyak berkurang.  Kalo laptop lagi charging, lebih baik dimatikan saja sampai baterainya penuh. Setelah penuh, copot baterainya baru dipakai lagi. efeknya baterai gak bakalan lama usianya. Akan cepat ngedrop baterainya. 

10. Jangan Bermain Game Berat Terlalu Lama

Penyebab paling banyak dari kerusakan laptop adalah Bermain game berat secara terus-terusan. Misalkan game GTA V, Watch Dogs, dsb dalam interval yang cukup lama. Laptop akan mengalami overheat. Kalo  terus-menerus terjadi, maka akan mengakibatkan kegosongan pada hardware laptop.

11. Jangan Memindahkan Laptop Sewaktu Nyala

Laptop yang menyala, sudah pasti harddisk-nya menyala juga. Harddisk-nya berputar. Nah, Apabila piringan harddisk berputar, kalau digerakkan, pasti piringannya juga bakal berubah kemiringannya. Dan pastinya akan terjadi goresan pada piringan harddisk. Akibatnya harddisk akan mengalami bad sector, yaitu penurunan speed read/write secara signifikan. Semua proses bakalan lemot. 

12. Bersihkan Daleman Secara Rutin

Membersikan adalah hal yang penting dan harus dilakukan secara rutin. Membersihkan laptop dilakukan pada bagian luar dan dalamnya. kalo di bagian luar, bisa dilakukan dengan membersihkan debu-debu yang menempel di sela-sela tombol keyboard. Bersihinnya  bisa pakai tisu basah, biar tambah bersih.  Setelah itu  bersihin hardware dalamnya. kalo bersihin yang ini jangan pakai tisu basah ya. Pakai kuas saja. Atau  tisu biasa aja. Bersihkan sampai tidak ada debunya.

13. Bersihkan Layar Laptop Secara Berkala

Selain daleman pada laptop, layar juga perlu dibersihkan dengan mengelap layarnya, cukup dengan memakai tisu saja, tisu biasa ataupun tisu basah. Membersihkan layar itu untuk mencegah debu-debu. Sebaiknya minimal 1 minggu sekali. 

14. Perhatikan Suhu Laptop

Jika laptop dipakai dalam waktu cukup lama, bagian mesin laptop (hardware-nya) akan mulai memanas. Semakin lama semakin panas, semakin bergemuruh. Nominal suhu laptop tergantung situasi dan kondisinya bagaimana. Cara menggunakannya bagaimana, diletakkan di atas kasur ataukah di atas kipas angin yang tergeletak menyala. 

15. Rajin Bersih-bersih Harddisk (HDD)

Kalian bisa membersihkan file-file yang sudah tidak dipakai lagi seperti contohnya aplikasi, file-file nganggur ini juga bakal membebani kinerja laptop. Biasanya sarang file-file ini berada di folder temp. Direktori ini berisi file-file berformat .temp yang berasal dari file yang sudah kita hapus secara permanen. Jadi, meskipun kalian menghapus dari Recycle Bin, dengan menggunakan Shift+Del, file itu tidak begitu saja menghilang. 

Nah, kita perlu membersihkan isi-isi yang ada di direktori temp dalam periode tertentu, sebulan sekali misalnya. Cara nya buka Run (Win+R), inputkan %temp% lalu tekan enter atau klik OK. Kalian akan diarahkan ke Explorer yang berada di folder temp. Setelah itu select all, terus di Shift+Del.

16. Jangan Gunakan Internet Pada Saat Hujan Lebat

Lebih tepatnya jangan dipakai pada saat hujan lebat. Laptop adalah perangkat elektronik yang dapat mengalirkan arus listrik. Terlebih jika laptopnya sambil disambugkan ke listrik (charging). Khawatir ada yang menyambar sekitar rumah, dan mengenai salah satu rangkaian listrik yang ada di rumah kita. Tentu listrik yang sangat kuat itu nanti akan merambat ke seluruh penjuru rangkaian. Termasuk juga laptop kita yang sedang tertancap di stopkontak.

Penutup

Mudah bukan cara caranya, mulai dari sederhana kalian bisa merawat laptop kalian. Jangan lupa di gunakan caranya sobat. Semoga Bermanfaat.