Apa itu Rekber? Berikut Penjelasannya!

Apa itu Rekber? Berikut Penjelasannya!
Apa itu Rekber? Berikut Penjelasannya!

 Apa itu Rekber? Berikut Penjelasannya!Apa itu rekber? Bagi kalian yang sering berbelanja online mungkin tidak akan asing lagi dengan istilah rekber bukan? Rekber merupakan singkatan dari kata Rekening Bersama. Rekber atau rekening bersama adalah suatu perantara yang menjembatani pembayaran suatu  transaksi  jual beli antara penjual dan pembeli yang bersifat netral. Artinya, ketika penjual dan pembeli melakukan suatu transaksi, maka rekening bersama akan menyimpan pembayaran pembeli untuk sementara waktu hingga barang yang dipesan oleh pembeli sampai dan sesuai. 

Jika barang sudah sampai dan sesuai di tangan pembeli maka penjual baru bisa mendapatkan uangnya dengan catatan pembeli itu sudah konfirmasi ke pihak rekber yang dia pakai.

Ilustari Dalam Menggunakan Rekber


Rekber atau yang biasa disebut dengan rekening bersama memang memegang peranan penting dalam sebuah transaksi online saat ini. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan tentu akan membuat kalian jauh lebih aman dan nyaman bagi semua pihak, baik itu penjual maupun juga si pembeli. Awal mula munculnya rekber diawali dari maraknya pembohongan yang terjadi dalam kasus jual beli dan transaksi online. Kasus yang sering terjadi adalah pembeli tidak mendapatkan barang yang dipesan padahal si pembeli sudah melakukan pembayaran dan sesuai dengan harga barang yang dipesan, ya biasa deh Transfer = BLOCK, nah saya sendiri dulu seorang rekber, berhenti tahun 2018, karena saya sudah mulai masuk ranah pemrograman, yang justru saya mengurusi jasa pembuatan website.

Manfaat Dalam Penggunaan Rekber

Menggunakan rekber atau yang biasa disebut rekening bersama memang akan menjadikan solusi terbaik untuk kalian yang khawatir akan kredibiltas dari si penjual. Setelah mengetahui tentang apa itu rekber, berikut ini beberapa kelebihan yang akan kalian dapatkan jika kalian bertransaksi dengan menggunakan rekber.

Kelebihan Dari Menggunakan Jasa Rekber :

  1. Terdapat jaminan uang akan kembali jika ternyata barang tidak dikirimkan oleh si penjual ataupun tidak sesuai yang dikirim si penjual.
  2. Terdapat batas waktu dimana si penjual bisa mengirimkan barang yang dipesan oleh pembeli sebelum uang pembelian dikembalikan kembali pada si calon pembeli.
  3. Jika barang yang dikirimkan tidak sesuai dengan pesanan, pembeli tetap akan bisa memberikan informasi agar pemilik rekber atau rekening bersama tetap menahan uang kalian atau menggunakan beberapa cara yang sudah disepakati sebelumnya.
  4. Bisa menaikkan kredibilitas si penjual jika bersedia dalam menggunakan layanan rekber atau rekening bersama, karena dengan menggunakan rekber atau rekening bersama tingkat kepercayaan calon pembeli nantinya akan meningkat dan tidak akan menaruh curiga kepada penjual, bahkan tidak perlu menggunakan rekber lagi nantinya.

Panduan Dalam Menggunakan dan Memilih Jasa Rekber :

Nah, untuk bisa menggunakan layanan rekber atau rekening bersama ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan terlebih dahulu, dimana nantinya agar kalian tidak ada kejadian buruk yang akan terjadi saat melakukan transaksi. Berikut ini hal yang perlu kalian perhatikan :
  1. Perhatikan metode dari setiap penyedia layanan karena tidak semua penyedia layanan rekber memiliki metode yang sama tentunya.
  2. Beban biaya yang dikenakan dalam setiap penyedia layanan akan berbeda. Pastikan kalian untuk mendiskusikan terlebih dahulu tentang pembebanan biaya rekber atau rekening bersama dengan penjual sebelum melakukan suatu transaksi.
  3. Memilih penyedia layanan rekber yang tentunya terpercaya dan reputasinya yang baik, jadi jangan sembarangan juga dalam memilih jasa. Saat ini sudah banyak sekali penyedia layanan rekber atau rekening bersama yang bisa kalian gunakan, tinggal kalian pintar - pintar dalam memilih.

Penutup

Nah itu dia tentang pengertian apa itu rekber  untuk kalian ketahui. Pastikan untuk kalian selalu berhati - hati dalam melakukan transaksi karena saat ini banyak sekali bentuk pembohongan dalam modus belanja online. Jangan sampai kalian mengalami kerugian saat melakukan transaksi, terakhir dari saya jika kalian susah menentukan jasa rekber, kalian gunakan saja e - commerce seperti ijo, merah, kuning, semoga bermanfaat buat kalian artikel kali ini.
Terimakasih.